Sukses


Pengertian Komik, Ketahui Pula Komponen, Kegunaan, Jenis, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Komik adalah sebuah cerita dikemas dengan gambar yang berfungsi untuk menghibur para pembaca. Ada pun para pembaca komik ini berada di rentang usia 15-25 tahun.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa para pencinta komik ada pula yang berusia 40-an tahun. Pembuat komik disebut dengan komikus.

Satu di antara negara yang industri komiknya besar adalah Jepang. Di Jepang, komik disebut juga dengan manga. Komik ini kabarnya berasal dari Amerika Serikat, Eropa Barat (terutama Prancis dan Belgia), serta Jepang.

Di Eropa, komik berkembang sejak tahun 1830-an lewat kartun dari Rodolphe Topffer, kemudian satu di antara komik terkenal di Eropa adalah The Adventures of Tintin.

Sedangkan di Amerika Serikat, komik mulai berkembang pada awal abad 20-an. Ketika itu, genre pahlawan super atau superhero mulai berkembang. Satu di antara komik bertemakan superhero yang paling terkenal adalah Superman yang sudah muncul sejak 1938.

Sementara di Jepang, komik kabarnya sudah berkembang sejak abad ke-12. Banyak sekali komik di Jepang yang telah mendunia. Satu di antara komik atau manga Jepang yang paling mendunia adalah One Piece karya Eichiro Oda.

Agae lebih paham, berikut penjelasan lebih terperinci tentang komik, dilansir dari lamanĀ Sampoernaacademy, Selasa (7/2/2023).

2 dari 5 halaman

Komponen Komik

1. Panel

Panel merupakan kotak-kotak yang memisahkan antara satu ilustrasi dengan ilustrasi lainnya. Bentuk dari kotak-kotak itu tidak harus persegi atau persegi panjang. Dalam perkembangannya, kotak-kotak dari panel tersebut berbentuk berbagai macam tergantung dengan si pembuat.

2. Parit

Parit ini adalah ruang kecil yang memisahkan satu panel dengan panel lainnya. Panel ini bertujuan untuk merekatkan alur sebuah cerita di komik.

3. Balon Kata atau Dialog Box

Balon kata ini merupakan sebuah ruang yang digunakan untuk mengisi teks dialog dari komik. Balon kata ini terdiri menjadi tiga bentuk, yaitu untuk dialog, pikiran, danĀ captions.

Balon ucapan merupakan balon yang berisi teks dialog dari karakter yang ada di komik, balon pikiran berisi tentang gambaran pikiran tokoh yang ditulis, sedangkanĀ captionĀ berisi tentang penjelasan narasi cerita.

4. Ilustrasi Gambar

Ilustrasi atau gambar ini menjadi komponen paling utama dalam sebuah komik. Sebuah komik disebut komik karena ada gambar yang yang ditampilkan.

Gambar ini menjadi aspek yang penting untuk merepresentasikan imajinasi dari pembaca.

5. Tema Cerita dan Sudut Pandang

Tema cerita merupakan dasar dari ilustrasi. Tema dan sudut pandang ini menentukan bagaimana komik akan disajikan.

Sudut pandang di dalam komik itu mencakup huruf, garis gerak, kop komik, dan simbol.

3 dari 5 halaman

Kegunaan Komik

1. Media Hiburan

Kegunaan utama dari sebuah komik adalah untuk memberikan hiburan dari pembacanya. Oleh karena itu, komik dikemas dengan semenarik mungkin.

2. Media Bisnis

Komik juga bertujuan untuk menjadi media berbisnis. Tentunya tujuan dari berbisnis itu adalah untuk mencari keuntungan bagi para komikus.

3. Media Kampanye

Tampilan menarik dari komik yang diminati oleh anak-anak muda berusia 15-25 tahun, komik juga dijadikan sebagai media kampanye.

Kampanye menggunakan komik ini dilakukan dengan cara menyampaikan informasi semenarik mungkin dan sehalus mungkin agar tidak terlihat sebagai kampanye.

4. Media Pembelajaran

Selain menghibur, komik bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Dengan tampilannya yang menarik, komik akan lebih mudah dibaca oleh anak-anak muda.

Komik biasanya digunakan agar pembelajaran terasa lebih ringan dan tidak membuat para pembaca merasa bosan sehingga para peserta didik dapat memahami sebuah pembelajaran.

5. Media Promosi Produk

Perkembangan zaman juga membuat komik dimanfaatkan sebagai media promosi. Sama seperti alasan lainnya, komik terbukti lebih disenangi ketimbang hanya teks biasa.

6. Melestarikan Budaya

Komik juga digunakan dalam perkembangan cerita rakyat yang awalnya hanya dari mulut ke mulut. Cerita rakyat ini akhirnya bisa digambarkan sehingga pembaca lebih mengetahui gambaran dari cerita yang selama ini hanya didengarkan saja.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Komik

1. Komik Potongan (Strip)

Komik potongan atau strip ini biasanya singkat dan hanya berisi penggalan-penggalan dari panel komik yang dibuat dengan lanjutan-lanjutan yang terpisah atau bersambung.

2. Kartun

Komik jenis kartun ini dijelaskan hanya dalam bentuk gambar dan balon kata atau dialog box. Komik jenis ini biasanya digunakan untuk menyindir suatu pihak atau hanya sebatas hiburan.

3. Komik Tahunan

Komik berjenis ini sesuai namanya, hanya dirilis dalam kurun waktu tertentu, biasanya sebulan sekali atau bahkan setahun sekali.

4. Komik Web

Komik berjenis ini mulai berkembang di zaman modern ini. Dengan kemudahan akses internet melalui smartphone, komik berjenis ini mulai populer. Sesuai namanya, komik ini berbasis web atau situs. Biasanya situs itu akan menyediakan cerita-cerita komik dalam berbagai macam tema dan cerita.

Contoh komik web adalah Webtoon dan MangaToon.

5. Komik Buku

Komik jenis ini mungkin menjadi komik yang paling sering dijumpai di toko-toko buku. Komik ini merupakan komik-komik yang disajikan dalam bentuk buku fisik.

Ā 

5 dari 5 halaman

Contoh Komik dan Genrenya

1. Action

Komik bergenre action merupakan komik yang bertemakan sebuah aksi yang biasanya berisi pertarungan-pertarungan antartokoh.

Komik bergenre ini mungkin menjadi satu di antara komik yang banyak digandrungi oleh anak muda karena banyak menyajikan aksi.Ā 

Contoh dari komik action adalah Naruto, One Piece Bleach, dan lain sebagainya.

2. Superhero

Komik superhero juga menjadi satu di antara komik yang banyak digemari oleh masyarakat. Tema dari komik tersebut adalah pahlawan super yang biasanya menyelamatkan dunia. Komik bergenre superhero ini juga menjadi perkembangan dari komik action.Ā 

Contoh-contoh kartun bertemakan superhero adalah Superman dan The Avengers.

3. Adventure

Adventure adalah komik yang bertemakan petualangan untuk mencapai tujuan atau misi tertentu.Ā Contoh komik adventure adalah Dragon Ball dan One Piece.

4.Ā Fantasy

Komik Fantasy ini bercerita tentang hal-hal yang di luar nalar manusia biasa atau tidak seperti yang ada di dunia.Ā 

Komik-komik fantasi yang terkenal contohnya adalah Doraemon, Yugi-Oh, dan Sailormoon.

5. Misteri

Komik bergenre misteri ini justru bukan yang bertemakan cerita horo., tetapi cerita-cerita yang menggambarkan suasana misteri yang harus dipecahkan.Ā Contoh komik bergenre misteri adalah Detective Conan dan Detective Kindaichi.

6. Komedi

Komik bergenre komedi juga menjadi satu di antara komik yang populer di dunia. Komik ini berisi tentang cerita-cerita jenaka yang membuat para pembaca tertawa.Ā Contoh komik komedi ini adalah Crayon Shinchan, Kobo Chan, dan Hagemaru.

7. Olahraga

Komik bergenre olahraga juga mulai populer di dunia. Contoh dari komik bertema olahraga adalah Captain Tsubasa, Kuroko, dan Shoot.

Ā 

Sumber:Ā Sampoernaacademy

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer