Sukses


Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah Sesuai Ajaran Nabi Muhammad saw.

Bola.com, Jakarta - Islam mengajarkan segala sesuatu didahului dengan membaca doa, begitu juga ketika masuk dan keluar rumah.

Perintah untuk membaca membaca doa ketika masuk dan keluar rumah bahkan telah ditegaskan dalam sabda Nabi Muhammad saw.,

"Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” (HR. Muslim No. 2018)

Adapun perintah untuk membaca doa ketika masuk dan keluar rumah juga sudah dijelaskan langsung dalam firman Allah Swt. dalam surah An Nur ayat 61.

"Maka apabila kalian memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini), hendaklah kalian memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada diri kalian sendiri, sebenar-benarnya salam yang dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik."

Untuk itu, diharapkan setiap umat muslim senantiasa membaca doa tersebut untuk mendapatkan pahala, keberkahan, dan keselamatan dari Allah Swt.

Berikut ini referensi bacaan doa masuk dan keluar rumah sesuai ajaran Nabi Muhammad saw., dikutip dari laman Dosenpintar, Selasa (7/2/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Masuk Rumah

"Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.”

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Memasuki Rumah Kosong

"Assalâmu ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillahis shâlihîn."

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan sejahtera-Nya atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang saleh."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Keluar Rumah

"Bismillaahi tawakkaltu 'alallah laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah."

 

Sumber: Dosenpintar

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer