Sukses


Bacaan Doa saat Terjadi Gempa Bumi yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Setiap musibah seperti gempa bumi yang menimpa manusia tidaklah terjadi kecuali atas izin Allah Swt.

Nah, ketika seorang muslim tertimpa bencana alam gempa bumi hendaknya bersabar, bertawakal, dan berdoa kepada Allah Swt.

Berdoa saat terjadi gempa bumi merupakan bagian dari dzikrullah sekaligus meminta perlindungan kepada Allah Swt.

Lantas, bagaimana bacaan doa yang bisa dilafalkan umat muslim saat mengalami musibah gempa bumi?

Berikut ini referensi bacaan doa saat terjadi gempa bumi yang bisa dilafalkan umat muslim, dikutip dari laman mui.or.id, Rabu (8/2/2023).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa Gempa Bumi 1

“Allaahumma inni asaluka khairaha wa khaira maa fihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a'udzubika min syarrihaa, wa syarri maa fihaa wa syarri maa arsalta bihi.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya, kebaikan apa yang terdapat padanya, kebaikan apa yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya." (HR. Muslim)

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Gempa Bumi 2

“Rabbi lau syi’ta ahlaktahum min qablu wa iyyaya, atuhlikunaa bimaa fa’alas-sufahaau minnaa, in hiya illa fitnatuka tudhillu bihaa man tasyaau wa tahdhi man tasyaa, anta waliyyuna faghfir lanaa warhamnaa, wa anta khairul-ghaafirin, waktub lanaa fiii haadzihid-dunya hasanatan wa fiil-akhirat inna hudna ilaika.”

Artinya: “Ya Tuhanku, jika Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari-Mu. Engkau menyesatkan siapa yang Engkau kehendaki dengan cobaan itu dan Engkau memberi petunjuk siapa yang Engkau kehendaki.

Engkaulah Pelindung kami. Maka, ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah sebaik-baik pemberi ampun. Tetapkanlah untuk kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat. Sesungguhnya kami kembali (bertobat) kepada Engkau.” (QS. Al-Araf [7]: 155-156)

Bacaan doa di atas dipanjatkan Nabi Musa as. ketika kaumnya tertimpa bencana alam gempa bumi.

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Menghadapi Bencana 1

“Inaa lillahi wainnaa ilaihi raaji’uun. Allahumma`jurnii fii mushiibati wa akhlif lii khairan minhaa.”

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Ya Allah, berilah kami pahala karena musibah ini dan tukarlah bagiku dengan yang lebih baik daripadanya”.

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Menghadapi Bencana 2

“Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim.”

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung." (Abu Zakariya an-Nawawi, al-Adzkar, Daarul Fikr, hal 123)

 

Sumber: mui.or.id

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer