Sukses


Manfaat Batu Bara dalam Kehidupan Sehari-hari yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Batu bara adalah satu di antara batuan sedimen yang paling umum ditemukan di Bumi. Batu bara memiliki banyak manfaat. Namun, umumnya batu bara digunakan untuk memasak, sebagai bahan bakar, hingga bahan membangun jalan.

Ketersediaan batu bara berlimpah di Indonesia. Batu bara paling sering dimanfaatkan untuk diolah dalam bentuk energi pembangkit listrik.

Batu bara merupakan bahan kaya karbon yang umumnya berwarna hitam atau cokelat. Batu ini tersedia secara berlimpah di seluruh dunia, tak hanya di Indonesia.

Perlu diketahui, batu bara merupakan kumpulan dari sisa-sisa tumbuhan yang mati, tetapi tidak membusuk sempurna.

Sisa tumbuhan yang tidak membusuk sempurna tersebut terkumpul dan tersimpan dengan baik di anaerob dalam tanah atau di bawah endapan.

Manfaat batu bara bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa membantu kehidupan kita.

Berikut manfaat batu bara untuk kehidupam sehari-hari yang wajib diketahui, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (9/2/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Batu Bara

1. Membantu Industri Produk Baja

Baja bisa dijadikan berbagai barang yang bisa membantu kehidupan manusia sehari-hari seperti peralatan kesehatan, peralatan pertanian, peralatan transportasi hingga mesin-mesin yang digunakan dalam rumah tangga.

2. Bahan Bakar yang Berbentuk Cair

Minyak merupakan satu di antara bahan bakar yang dibutuhkan orang banyak dan persediaannya akan cepat habis, terutama jika digunakan secara berlebihan.

Batu bara juga bisa dijadikan bahan bakar berbentuk cair untuk menggantikan bahan bakar minyak.

Mengolah batu bara menjadi bahan bakar yang berbentuk cair akan mengubah batu bara bubuk atau bongkahan yang kemudian dilarutkan dalam suhu tinggi.

3. Bantu Industri Produk Semen

Batu bara adalah bahan hasil bumi atau galian yang diketahui berperan sebagai bahan baku pembuatan semen.

Batu bara tersebut tidak digunakan sebagai bahan baku dalam hal material, akan tetapi batu bara dipakai dalam proses pembakarannya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Batu Bara

4. Tenaga Pembangkit Listrik

Batu bara tak hanya dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik di Indonesia saja. Tercatat China, India, Australia, Jepang, Jerman, dan beberapa negara lainnya juga menggunakan batu bara sebagai bahan bakar utama pembangkit tenaga listriknya.

5. Mendukung Produk Industri Alumunium

Batu bara bisa menjadi satu di antara bahan bakar yang mendukung industri alumunium. Bahan ini bisa kita dapatkan dari hasil sampingan proses oksidasi besi pada aktivitas industri baja.

Gas dan panas kokas dari batu bara ini dapat memisahkan beberapa produk baja sehingga bisa menghasilkan produk alumunium yang dipakai untuk berbagai jenis industri, seperti pertanian, peralatan dapur, dan konstruksi.

6. Menghasilkan Produk Gas

Batu bara jadi satu di antara energi yang dapat menghasilkan suatu produk gas. Gas alam yang dapat keluar ini berasal dari batu bara yang masih ada di dalam tanah.

Batu bara yang ada dalam tanah dapat secara langsung menghasilkan gas alam. Selanjutnya, gas alami yang dihasilkan oleh batu bara murni diolah di tempat pertambangan dan bisa menjadi berbagai produk.

Beberapa produk tersebut antara lain untuk bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas serta produk hidrogen dan solar.

4 dari 4 halaman

Manfaat Batu Bara

7. Bantu Industri Kertas

Seperti diketahui, panas yang dihasilkan batu bara sangat tinggi. Hal ini yang membuatnya banyak digunakan dalam dunia perindustrian.

Satu di antaranya untuk industri kertas. Batu bara efektif digunakan karena panas yang dihasilkannya sangat stabil dalam mesin pengolahan serat yang digunakan untuk industri bahan baku kertas.

8. Membantu Produksi Pupuk Pertanian

Adanya pupuk pertanian kimia tidak terlepas dari batu bara. Batu bara berperan dalam proses pengolahannya. Hal ini karena produksi pupuk pertanian selalu membutuhkan gas khusus.

Gas khusus itu digunakan untuk pembakaran. Banyak produk kimia yang dihasilkan dari olahan sisa pembakaran dari batu bara.

Batu bara tersebut akan dimurnikan dengan beberapa perlengkapan serta peralatan khusus. Proses inilah yang membentuk bahan-bahan yang membuat pupuk kimia.

9. Membantu Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga

Manfaat batu bara lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Batu bara yang berbentuk briket dapat dimanfaatkan dalam sektor ini. Pemanfaatannya adalah sebagai bahan bakar alternatif.

Batu bara juga dapat dimanfaatkan untuk pengganti minyak tanah. Hal tersebut akan membantu dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Selain itu, batu bara dapat membantu menghangatkan ruangan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi. Editor: Fadila Adelin. Published: 23/12/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer