Sukses


Apa Itu Childfree? Ketahui Faktor Penyebabnya yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Istilah childfree beberapa hari belakangan ini kerap muncul di berbagai platform media sosial. Meski begitu, istilah 'childfree' belum begitu dipahami oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Lantas apa yang dimaksud dengan childfree?

Istilah childfree mengacu kepada keputusan seseorang ataupun pasangan untuk tidak memiliki keturunan atau tidak memiliki anak.

Childfree juga dapat diartikan sebuah pilihan tidak memiliki anak berdasar keinginan sendiri, baik itu secara biologis, adopsi, atau lain sebagainya.

Childfree merupakan keputusan yang bersifat personal. Ada beragam alasan seseorang ataupun pasangan memutuskan untuk childfree.

Di sisi lain, keputusan memilih untuk childfree masih dinilai tabu di Indonesia. Itulah sedikit gambaran secara umum tentang childfree.

Rasanya kurang lengkap jika kamu tidak mempelajari juga faktor penyebab yang melatarbelakangi seseorang ataupun pasangan memilih childfree.

Berikut ini beberapa penyebab seseorang memilih childfree, seperti dikutip dari laman its.ac.id dan Klikdokter, Kamis (9/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Memilih Childfree

  • Masalah Finansial

Masalah finansial dari sebuah keluarga bisa menjadi alasan seseorang ingin childfree. Pasalnya, memiliki anak memerlukan biaya banyak sehingga dapat menimbulkan keraguan untuk memiliki anak. 

  • Nilai yang Dianut

Nilai-nilai yang diyakini juga bisa memengaruhi. Misalnya karena memiliki kekhawatiran dalam tumbuh kembang anak, seperti merasa belum yakin melakukan pengasuhan yang baik dan tepat atau melihat lingkungan tumbuh kembang anak tidak ideal.

Saat ini, wanita juga makin mandiri. Banyak wanita merasa mereka berhak memilih jalan hidupnya sendiri, termasuk untuk urusan memiliki anak.

3 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Memilih Childfree

  • Hanya Ingin Menjalani Hidup Berdua Pasangan

Beberapa orang memilih tidak ingin memiliki anak karena takut kehilangan banyak waktu untuk menikmati hidup bahagia bersama pasangannya. Mereka yang beranggapan seperti ini biasanya berusaha menjaga keintiman dan memfokuskan cinta hanya pada pasangan.

Kemudian, ada sebuah penelitian yang menemukan anggapan bahwa pasangan yang tidak memiliki anak memiliki pernikahan lebih bahagia.

  • Masalah Kesehatan

Satu di antara faktor yang juga menjadi penyebab tidak mau punya anak adalah adanya masalah kesehatan yang mendasari. Mereka yang memiliki penyakit tertentu merasa khawatir jika tidak bisa membagi waktu untuk merawat anak dan dirinya sendiri.

4 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Memilih Childfree

  • Merasa Tidak Dapat Menjadi Orang Tua yang Baik

Ada beberapa wanita dan pria yang beranggapan tidak dapat menjadi orang tua yang baik untuk anak mereka nanti. Jadi, mereka memutuskan tidak memiliki anak.

Pikiran tersebut dapat dipengaruhi oleh pola asuh dari orang tua sebelumnya. Mereka melihat orang tua yang sungguh-sungguh membesarkannya dan merasa tidak yakin dapat menjadi orang tua yang sama baiknya.

Di sisi lain, orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dapat membuat anak trauma dan takut melakukan hal yang sama kepada anaknya nanti. Hal ini bisa menjadi pertimbangannya untuk memiliki anak atau tidak.

5 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Memilih Childfree

  • Ingin Lebih Fokus pada Karier

Banyak wanita memutuskan tidak mau punya anak karena ingin fokus pada karier. Faktor ini juga membuat mereka tidak ingin bergantung secara finansial kepada pasangannya.

Selain itu, memilih untuk childfree karena ragu dalam hal pengasuhan maka penting untuk mengikuti edukasi persiapan pernikahan dan parenting sebelum menikah.

  • Wanita Tidak Ingin Bentuk Tubuhnya Berubah

Kehamilan, persalinan, dan menyusui dapat mengubah bentuk tubuh wanita. Tak dimungkiri, mempertahankan bentuk tubuh setelah melahirkan tidaklah mudah.

Inilah satu di antara hal yang menyebabkan wanita memilih childfree. Ia beranggapan jauh lebih mudah untuk mempertahankan bentuk tubuh ideal jika belum pernah melahirkan.

 

Sumber: its.ac.id, Klikdokter.com

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer