Sukses


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan beserta Cara Membuatnya

Bola.com, Jakarta - Mengundurkan diri sudah menjadi hal biasa dalam dunia pekerjaan. Dalam hal ini, pengunduran diri bisa dilakukan karena berbagai alasan.

Untuk menjaga reputasimu agar tidak buruk dan tetap memiliki citra baik di perusahan baru dan lamamu, tentu kamu perlu alasan yang logis mengapa keluar dari pekerjaan.

Walau terkesan sepele, alasan mengapa mengundurkan diri dari pekerjaan akan memengaruhi reputasimu di tempat lama bekerja dan tempat baru yang akan kamu tuju.

Mengajukan surat pengunduran diri dari pekerjaan biasanya menjadi syarat yang diminta perusahaan. Dengan memberikan surat ini, kamu bisa mengundurkan diri secara resmi dan terhormat.

Jika tidak begitu mengerti bagaimana membuat surat pengunduran diri, banyak contoh yang dapat kamu lihat di berbagai media untuk dijadikan referensi.

Berikut contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan beserta cara membuatnya, dikutip dari laman Romadecade dan 99, Kamis (9/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

1. Pilihan Kata Sopan

Rangkai kata-kata agar terdengar sopan dan penuh hormat. Bukan karena akan meninggalkan perusahaan tempatmu bekerja, kamu bebas bicara semau hati.

Ingat, koneksi di dunia kerja itu sangat penting. Memiliki nama baik di sebuah perusahaan dapat menjadi batu lompatan untuk kariermu di masa depan.

2. Tujuan yang Logis

Terangkan alasanmu mengundurkan diri dari sebuah intansi dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak usah jelaskan alasan secara panjang. Perusahaan hanya perlu tahu alasanmu mengundurkan diri, bukan rencana hidupmu dalam beberapa tahun ke depan.

3. Identitas Diri

Di dalam contoh surat pengunduran diri kerja, nama, alamat, dan jabatan wajib dicantumkan. Fungsinya adalah sebagai data perusahaan, dan informasi yang lebih mendetail.

4. Ucapkan Rasa Terima Kasih

Unsur berikutnya yang wajib ada di dalam contoh surat resign kerja adalah ucapan rasa terima kasih. Pada paragraf kedua setelah penjelasan alasan mengundurkan diri, jangan lupa sampaikan rasa terima kasih.

Ini merupakan ungkapan karena telah diberikan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan yang menaungi Anda.

5. Berikan Ucapan "Mohon Maaf"

Selain ucapan terima kasih, kamu perlu mencantumkan permintaan maaf jika selama bekerja masih ada beberapa tugas yang belum terselesaikan. Kamu juga bisa menyampaikan mohon maaf jika selama ini melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak sengaja.

3 dari 4 halaman

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surabaya, 30 Mei 2022

Kepada Yth.

Kepala Departemen Quality Control

PT. Adikarya Sejathtera Abadi

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                        : Rudi Arya

Tempat, tgl. lahir        : Bandung, 22 Juni 1991

No. Pegawai               : SD284682

Bekerja sejak             : 2011

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai staf maintenance departement quality control PT. Adikarya Sejathtera Abadi. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena akan pindah bekerja di luar kota. Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Kepala Departemen Quality Control (boleh sebutkan nama) beserta rekan-rekan dalam departemen.

Saya mohon maaf apabila selama bertugas saya melakukan kesalahan-kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Semoga departemen Quality Control makin jaya dan membantu dalam memajukan perusahaan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Rudi Arya

4 dari 4 halaman

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surabaya, 30 Mei 2022

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Abdi Jaya Ilhami

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Joko Adi Luhur

Tempat, tgl. lahir        : Subang, 21 Mei 1990

No. Pegawai               : AS51343

Jabatan                      : Staf Maintenance

Departemen               : Quality Control

Bekerja sejak             : 2013

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Abdi Jaya Ilhami. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi, dan karyawan PT. Abdi Jaya Ilhami.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

 

Joko Adi Luhur

 

Sumber: Romadecade, 99

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer