Sukses


Pengertian dan Sejarah Singkat Olahraga Renang

Bola.com, Jakarta - Renang merupakan satu di antara cabang olahraga yang dapat dilakukan oleh segala usia. Oleh karena itu, olahraga renang menjadi satu di antara cabang olahraga yang direkomendasikan untuk semua usia sebagai upaya menyehatkan tubuh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, renang adalah nomor olahraga berupa lomba cepat atau gerakan indah di air dengan jarak tertentu, dalam atau luar ruang.

Renang merupakan satu di antara gerakan yang dilakukan di dalam air. Bagi sebagian orang, berenang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan.

Hal itu karena berenang bisa bertujuan untuk sarana rekreasi dan olahraga. Untuk tujuan rekreasi biasanya renang dilakukan di kolam renang, sungai, danau, dan laut. Dalam hal ini tidak ada aturan khusus.

Sedangkan untuk tujuan olahraga, renang menjadi sarana berkompetisi dan ada peraturan yang harus ditaati. Bagi perenang yang menyelesaikan jarak secara cepat dianggap sebagai pemenang.

Demikian ulasan singkat mengenai apa itu renang. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami pengertian renang dari para ahli dan sejarahnya.

Berikut ini pengertian dan sejarah renang yang perlu diketahui, dilansir dari Buku Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas VIII terbitan Kemdikbud, Selasa (14/2/2023).

2 dari 4 halaman

Pengertian Renang Menurut Ahli

Agus Supriyanto (2013)

Renang adalah aktivitas yang dilakukan di air dengan berbagai macam bentuk dan gaya yang sudah sejak lama dikenal serta banyak memberikan manfaat kepada manusia.

Soekarno (1985: 1)

Renang adalah keterampilan gerak yang dilakukan di air yang, baik di air tawar maupun di air asin/laut, olahraga ini dapat dilakukan mulai dari kanak-kanak sampai orang tua, baik oleh kaum pria maupun wanita, dan olahraga ini sangat berguna sebagai alat pendidikan, sebagai rekreasi yang sehat bagi keluarga, menanamkan keberanian, percaya diri sendiri.

Arma Abdoelah (1981: 270)

Renang adalah suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupun di air asin atau laut.

Budiningsih (2010:2)

Renang adalah satu di antara olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air.

Kasiyo Dwijowinoto (1979: 1)

Renang adalah satu di antara cabang olahraga yang bisa diajarkan pada semua umur, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Bayi yang berumur beberapa bulan juga sudah bisa diajarkan renang.

Muhajir (2004: 166)

Renang adalah olahraga yang menyehatkan. Sebab, hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.

Erlangga (2010:75)

Pengertian renang adalah olahraga air yang sangat menyenangkan. Renang bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh, jantung, paru-paru dan membangkitkan perasaan berani.

Husen (2013: 1)

Renang adalah gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya di dalam air, baik di sungai, laut ataupun kolam renang, bahkan di dalam bak mandi kamu, kalau bak mandi kamu memang luas.

3 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Olahraga Renang

Sejarah olahraga renang dimulai jauh sejak zaman batu. Terdapat lukisan batu berusia 10.000 tahun yang menggambarkan orang yang sedang berenang di Wadisura, di sebelah barat Mesir.

Lukisan tentang renang yang paling terkenal karena seperti menunjukan ritual tertentu terdapat di Padang Gurun Kebir, yang diperkirakan telah dibuat pada 4000 SM.

Pada 1538, seorang professor Bahasa dari Jerman, Nikolaus Wynmann, menuliskan buku pertama tentang berenang yaitu "Perenang atau Dialog Mengenai Seni Berenang" (Der Schwimmer ode rein Zwiegesprach uber die Schwimmkunst) dengan tujuan mengurangi orang yang meninggal dunia karena tenggelam.

Di buku itu, Wynmann menuliskan metode berenang gaya dada dan mengajarkan pula pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan saat berenang.

Pada 1587, Everard Digby menuliskan dalam bukunya bahwa manusia dapat berenang lebih baik dari ikan. Digby pun mengatakan bahwa gaya dada adalah gaya yang paling berfungsi dalam berenang.

Pada 1828, kolam renang untuk umum pertama dibuka. Sedangkan berenang sebagai kompetisi diadakan pada 1830-an di Inggris. Pada 1844 pertandingan di London ini diikuti oleh dua orang Amerika.

Para peserta Inggris menggunakan gaya dada tradisional sedangkan dua orang berkebangsaan Amerika memakai berbagai macam gaya yang sudah biasa dilakukan oleh orang Amerika dari generasi ke generasi, tetapi tidak diketahui oleh orang Inggris sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Olahraga Renang

Pada 1892, kompetisi olahraga renang untuk perempuan pertama diadakan di Skotlandia. Nancy Edberg adalah perempuan yang mempopulerkan olahraga berenang pada perempuan. Dia membuat berenang menjadi olahraga yang bisa dilakukan oleh berbagai gender. Dia pun yang mengajarkan berenang pada perempuan.

Olimpiade renang pertama dimenangkan oleh Alfréd Hajós dari Hungaria pada 1896 di Athena. Pada 1908, Federation Internationale de Natation Amateur (FINA) terbentuk.

Pada 1922, Johnny Weismuller menjadi perenang pertama yang mampu melewati 100 meter dalam waktu kurang dari 1 menit. Dari sejarah olahraga renang terlihat bahwa seiring berjalannya waktu, renang menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Hingga pada 21 Maret 1951, berdirilah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia (PBRSI) sebagai organisasi yang berkecimpung pada olahraga renang di Indonesia.

Indonesia terdaftar sebagai anggota Federasi Renang Internasional sejak 1952. Mulai tahun itu juga, perenang Indonesia ikut berlomba dalam ajang Olimpiade Helsinki. Hingga sekarang, Indonesia terus mengirimkan perenang-perenangnya dalam ajang olimpiade tiap empat tahun sekali.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar renang lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer