Sukses


4 Contoh Geometri dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Maka itu, geometri juga disebut juga dengan ilmu ukur.

Kata geometri berasal dari kata Yunani, "geo" dan "metron", yang masing-masing berarti bumi dan pengukuran.

Pada ilmu geometri akan dapat mengonstruksi macam-macam bangun datar dan segi banyak. Segi banyak kemudian dapat dipergunakan untuk menyusun bangun-bangun ruang, seperti segitiga, lingkaran, persegi, persegi panjang, jajaran genjang, belah ketupat, bola, kerucut, prisma, dan lainnya.

Mempelajari geometri menyediakan banyak keterampilan dasar dan membantu untuk membangun kemampuan berpikir logika, penalaran analitis dan pemecahan masalah.

Geometri memungkinkan kita untuk memahami ruang dalam sebuah kehidupan nyata yang membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang lebih baik.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh geometri dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari laman Sulapmatematika, Senin (13/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Geometri dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Alam

Contoh geometri terpenting dalam kehidupan sehari-hari dibentuk oleh alam di sekitar manusia. Jika seseorang melihat lebih dekat, seseorang mungkin menemukan bentuk dan pola geometris yang berbeda pada daun, bunga, batang, akar, kulit kayu, dan sebagainya.

Organisasi sistem pencernaan manusia sebagai tabung di dalam tabung juga memastikan peran geometri. Daun pada pohon memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan kesimetrian.

Buah dan sayuran yang berbeda memiliki bentuk geometris yang berbeda; sebagai contoh jeruk, itu adalah bola dan setelah dikupas, orang mungkin memperhatikan bagaimana potongan individu membentuk bola yang sempurna.

Bila kita melihat lebih dekat ke sarang lebah, kita akan melihat pola heksagonal yang tersusun secara dua-dua. Demikian pula, memeriksa kepingan salju di bawah mikroskop akan memungkinkan penguji menjadi tamu dari pola geometris yang indah.

2. Teknologi

Contoh geometri yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari adalah teknologi. Baik itu robotika atau komputer atau video game, geometri diterapkan pada hampir semua konsep yang mendasarinya.

Pemrogram komputer dapat bekerja karena konsep geometri selalu siap membantu. Dunia virtual video game dibuat hanya karena komputasi geometris membantu dalam mendesain grafik kompleks video game.

Raycasting, proses pengambilan gambar, menggunakan peta 2-D untuk menstimulasi dunia video game 3-D. Raycasting membantu meningkatkan pemrosesan saat kalkulasi dilakukan untuk garis vertikal di layar.

3 dari 3 halaman

Contoh Geometri dalam Kehidupan Sehari-Hari

3. Rumah

Geometri terdapat di lingkungan rumah. Jendela, pintu, tempat tidur, kursi, meja, TV, keset, permadani, bantal, dan lain-lain memiliki bentuk yang berbeda-beda. Seprai, selimut, selimut, matras, dan karpet juga memiliki pola geometris yang berbeda.

Lalu, geometri juga penting dalam memasak. Koki perlu menambahkan semua bahan dalam proporsi dan rasio yang akurat untuk menghasilkan hidangan yang lezat.

Selain itu, saat menata ruangan, setiap ruang digunakan untuk membuat ruangan terlihat lebih menarik. Sebuah rumah dibuat agar terlihat lebih rapi dengan menggunakan vas, lukisan, dan berbagai hiasan dekoratif yang bentuk geometrisnya berbeda-beda dan dibuat pola yang berbeda-beda.

4. Arsitektur

Konstruksi berbagai bangunan atau monumen berkaitan erat dengan geometri. Sebelum membangun bentuk arsitektural, matematika dan geometri membantu mengedepankan cetak biru struktur bangunan.

Teori perbandingan dan kesimetrian membentuk aspek tetap untuk semua jenis desain arsitektur. 

Tidak hanya dasar-dasar matematika yang digabungkan dengan geometri yang membantu meningkatkan estetika, harmoni, dan nilai religius dari bangunan-bangunan besar, tetapi juga membantu dalam mengurangi berbagai bahaya yang diakibatkan oleh angin berkecepatan tinggi.

 

Sumber: Sulapmatematika

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer