Sukses


Pengertian dan Sejarah Singkat Olahraga Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan jenis olahraga tim paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Olahraga ini digemari banyak orang dari berbagai kalangan dan tingkatan usia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2x45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Adapun tujuan permainan sepak bola ialah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyaknya-banyak dan mencegah gawang sendiri dari kebobolan.

Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan tangan di daerah gawang.

Meski sepak bola termasuk olahraga paling populer, terkadang masih ada yang belum mengetahui sejarah olahraga tersebut.

Maka itu, bagi kamu pencinta sepak bola, penting untuk mengetahui sejarahnya. Bagaimana sejarah atau asal usul olahraga sepak bola?

Berikut ini sejarah singkat olahraga sepak bola yang perlu diketahui, dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Selasa (14/2/2023).

2 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Olahraga Sepak Bola

Dari peninggalan-peninggalan sejarah, kita mengenal beberapa sebutan sepak bola. Pada zaman China kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepak bola dikenal dengan istilah tanchu.

Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Prancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule.

Di Yunani kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah kemari. Pada 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut English Football Assosiation.

Kemudian pada 8 Desember 1863, lahir peraturan permainan sepak bola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan.

Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada 21 Mei 1904 berdiri federasi sepak bola internasional dengan nama Federation International de Football Assosiation (FIFA).

3 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Olahraga Sepak Bola

Kemudian atas inisiatif Julies Rimet pada 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepak bola pertama di Montevideo, Uruguay. Kejuaraan sepak bola dunia diadakan empat tahun sekali.

Pada 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond/perserikatan.

Pengurus PSSI kali pertama diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepakbola tingkat taruna remaja dengan nama Piala Soeratin (Soeratin Cup).

Berikut nama-nama Organisasi sepak bola:

a. FIFA (Federation International Football Association)

b. UEFA (Union of European Football Associations)

c. AFC (Asian Football Confederation)

d. OFC (Oceania Football Confederation)

e. CAF (Confederation of African Football)

f. CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football)

g. CONMEBOL (Confederación Sudamericana de Fútbol)

h. PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia)

4 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Sepak Bola

Bermanfaat bagi Kesehatan Fisik

Bermain dan berlatih sepak bola merupakan satu di antara jenis olahraga yang baik untuk melatih daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan saat bermain sepak bola, kamu harus berjalan dan berlari terus-menerus.

Seorang penjaga gawang harus melompat untuk mencegah bola masuk ke gawang. Kesemua hal ini sebenarnya merupakan bagian dari olahraga aerobik.

Selain itu, bermain bola meningkatkan fleksibilitas, koordinasi, dan ketahanan otot. Latihan secara teratur membuat kamu menjadi lebih sehat.

Berdasarkan sebuah penelitian di Belanda, bermain sepak bola dapat meningkatkan massa otot betis, tinggi lompatan, kekuatan lompatan, dan membentuk postur tubuh yang lebih baik.

Selain itu, pemain sepak bola juga memiliki tulang yang lebih kuat sehingga lebih jarang meng alami patah tulang.

Bermanfaat bagi Kesehatan Mental

Olahraga aerobik dapat membantu mencegah terjadinya gangguan cemas dan depresi. Sementara itu, bermain berbagai jenis cabang olahraga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Sepak bola dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat kamu dapat berpikir dengan cepat untuk bereaksi terhadap berbagai situasi di lapangan.

Melatih Kemampuan Bekerja Sama dalam Tim

Olahraga tim membuat para pemainnya harus belajar untuk bekerja sama dalam mencapai satu tujuan, yaitu kemenangan.

Para pemain dalam suatu tim yang sama harus belajar untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada, yang juga dapat sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar sejarah lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer