Sukses


KOI Tunjuk 3 Chef de Mission Kontingen Indonesia di SEA Games, Asian Games, dan AIMAG: Ada Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono

Bola.com, Jakarta - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menunjuk tiga Chef de Mission untuk Tim Indonesia pada tiga event bergengsi yang akan digelar sepanjang 2023.

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, mengaku punya alasan khusus dalam penunjukkan tersebut. Pertama KOI menunjuk Lexyndo Hakim sebagai Chef de Mission SEA Games 2023.

Lexy sejauh ini berkecimpung di dunia olahraga basket dengan menjabat sebagai Ketua umum Perbasi DKI Jakarta. Kejutan terjadi pada penunjukkan Chef de Mission Asian Games 2022.

Raja Sapta Oktohari mempercayakan jabatan tersebut pada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono.

Selama ini, Basuki juga dikenal sebagai Ketua Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI).

 

2 dari 4 halaman

Menantu Luhut

Sementara itu, KOI juga menunjuk Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) 2023 yakni Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI, Maruli Simanjuntak, sebagai Chef de Mission.

Selama ini, menantu dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) itu juga menjabat sebagai Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI).

 

3 dari 4 halaman

Alasan Khusus

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, menyambut antusias penunjukan ketiga Chef de Mission Tim Indonesia. Menurut Raja Okto, ketiga orang tersebut merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Tim Indonesia pada ajang-ajang tersebut.

"Kami KOI telah memberikan kepercayaan pada tiga Chef de Mission atau Pimpinan Kontingen untuk multievent kegiatan pada tiga event 203 ini yakni SEA Games, Asian Games, dan AIMAG di Thailand," kata Raja Sapta Oktohari.

"Saya melihat pemilihan ini tidak terlalu sulit. Orang-orang yang dipilih ini merupakan orang yang paling tepat dan memiliki passion yang paling besar untuk kegiatan-kegiatan yang akan dihadapi," tegas Raja Sapta oktohari.

 

4 dari 4 halaman

Sudah Teruji

Raja Sapta Oktohari menyebut, ketiga Chef de Mission sudah teruji karena punya pengalaman di bidang olahraga. Inilah yang jadi penilaian dan pertimbangan dalam penunjukkan tersebut.

"Kita tidak perlu menjabarkan Pak Basuki karena track record-nya sudah sama-sama kita ketahui. Demikian juga Pak Maruli yang awal kariernya dimulai dari atlet judo," ucap Raja Sapta Oktohari.

"Sehingga tahu persis kebutuhan atlet-atlet yang nanti akan berangkat untuk AIMAG. Sedangkan Lexyndo sendiri sudah mengawal beberapa cabang olahraga maupun sudah komunikasi kepada panitia di Kamboja," ucap Raja Sapta Oktohari.

Video Populer

Foto Populer