Sukses


Jenis-Jenis Rezeki dalam Islam yang Perlu Dipahami Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Allah Swt. telah menentukan rezeki bagi setiap hamba-Nya tanpa terkecuali. Rezeki yang diberikan oleh-Nya tidak hanya berupa materi, tetapi juga dapat dalam bentuk nikmat.

Nabi Muhammad saw. menganjurkan umatnya untuk banyak-banyak berdoa meminta rezeki kepada Allah Swt. sekaligus bersyukur atas rezeki yang telah didapatkan.

Dalam hal mengharapkan rezeki, umat muslim hanya boleh berharap dan meminta kepada Allah Swt. Selain meminta kepada-Nya, dapat dikategorikan perbuatan syirik atau musyrik.

Allah Swt. juga berfirman dalam surat Ar-Rum ayat 40 yang berbunyi:

"Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan."

Namun, dari banyaknya rezeki itu terdapat karakter dan jenis-jenisnya, bergantung pada bentuk dan cara mendapatkannya. Dengan demikian, kita senantiasa dianjurkan untuk memperbanyak amalan serta usaha baik untuk mendapatkan rezeki dari Allah Swt.

Berikut jenis-jenis rezeki dalam Islam yang perlu dipahami umat muslim, disadur dari Dream, Rabu (15/2/2023).

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Rezeki dalam Islam

Rezeki karena menikah

Menikah akan membuka pintu rezeki baru bagi masing-masing sehingga setelah menikah, Allah akan menambahkan rezekinya.

Allah Swt. berfirman:

"Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. An-Nur: 32)

Rezeki karena anak

Setiap anak yang lahir ke dunia memiliki rezekinya masing-masing. Bahkan kehadirannya merupakan sebuah rezeki tak ternilai harganya. Dengan kehadiran seorang anak, bukan menambah beban bagi kedua orang tuanya. Melainkan justru akan menambah rezeki kedua orang tuanya.

Rezeki karena bersedekah

Tak akan merugi orang-orang yang gemar bersedekah. Selain mendapatkan kebahagiaan batin, rezeki yang diniatkan untuk bersedekah akan digantikan dengan rezeki lain yang tidak kalah besarnya. Bukan hanya berbentuk uang atau materi, melainkan bisa juga melalui kesehatan dan kebahagiaan.

Allah Swt. berfirman:

Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS. As-Saba: 39). 

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Rezeki dalam Islam

Rezeki yang sudah dijamin oleh Allah Swt.

Allah Swt. telah menjamin rezeki dari setiap mahkluk di muka bumi. Rezeki tersebut digunakan untuk bertahan hidup dan melakukan tugasnya masing-masing. Allh Swt. berfirman:

Artinya:

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS. Hud: 6)

Rezeki hasil berusaha

Makin gigih seseorang dalam usahanya, makin besar pula kemungkinannya akan berkelimpahan rezeki.

Allah Swt. berfirman:

"Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur." (QS. Ali Imran: 145)

Rezeki karena bersyukur

Makin bersyukur seseorang atas apa yang ia dapatkan maka akan makin ditambah kenikmatan yang ia dapat.

Allah Swt. berfirman:

Artinya:

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

4 dari 4 halaman

Amalan Pendatang Rezeki

Salat Duha

Salat Duha merupakan salat sunah yang mampu mendatangkan rezeki. Salat ini dikerjakan sejak matahari mulai meninggi sampai datangnya zawal (tergelincirnya matahari) atau sejak 15 menit setelah matahari terbit hingga 15 menit menjelang zuhur.

Salat ini dikerjakan minimal dua rakaat dan maksimal delapan rakaat.

Memperbanyak Zikir

Dengan memperbanyak zikir, akan mendatang rezeki kepada seseorang. Para ulama terdahulu mengatakan Rasulullah saw. memerintahkan sahabatnya mengamalkan zikir untuk melapangkan rezeki. Amalan ini telah teruji dalam melapangkan rezeki lahir maupun batin.

Bacaan yang dimaksud ialah "La ilaha illallah, al-Malikul haqqul mubin" setiap hari 100 kali.

Membaca Surat Al-Waqiah

Surat Al-Waqiah merupakan surat ke-56 yang berjumlah 96 ayat. Surat Al-Waqiah memiliki makna kiamat. Banyak manfaat yang didapatkan dengan rutin membaca surat Al-Waqiah. Satu di antaranya sebagai pembuka pintu rezeki.

Rasulullah saw. bersabda, (yang artinya): "Barang siapa membaca Surat Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya." (HR. Abu Ya'la dan Ibnu Asakir)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ulyaeni Maulida. Published: 20/11/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer