Sukses


Jenis-Jenis Sumber Energi di Bumi, Terbarukan dan Tak Terbarukan

Bola.com, Jakarta - Jenis-jenis sumber energi digunakan untuk menghasilkan listrik, membuat sesuatu bergerak, dan mempermudah pekerjaan yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika populasi dunia meningkat, permintaan energi untuk memberi daya pada rumah, bisnis, dan komunitas kita pasti juga turut meningkat.

Secara umum, sumber energi terdiri dari energi terbarukan dan tak terbarukan. Energi terbarukan adalah sumber daya alam yang tersedia berlimpah di alam dan berkelanjutan. Energi tak terbarukan merupakan energi yang bisa habis seiring berjalannya waktu.

Energi memliki beberapa macam bentuk, setiap bentuknya memiliki manfaat sesuai kegunaannya masing-masing.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel mengenai berbagai jenis energi di bawah ini.

Berikut jenis-jenis sumber energi yang ada di bumi, terbarukan dan tak terbarukan, disadur dari Liputan6, Kamis (16/2/2023).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Sumber Energi di Bumi yang Terbarukan

1. Energi air

Sumber energi air atau tenaga air adalah satu di antara sumber energi terbarukan tertua dan terbesar. Jenis pembangkit listrik tenaga air yang paling umum menggunakan bendungan di sungai untuk menyimpan air di reservoir.

Air yang dilepaskan dari reservoir mengalir melalui turbin, memutarnya, yang pada gilirannya mengaktifkan generator untuk menghasilkan listrik.

2. Energi Biomassa

Energi biomassa adalah jenis-jenis sumber energi yang dihasilkan dari bahan organik. Energi biomassa terbuat dari bahan yang berasal dari organisme hidup, seperti tumbuhan dan hewan.

Bahan biomassa yang paling umum digunakan untuk energi adalah tanaman, kayu, dan limbah.

3. Energi pasang surut

Energi pasang surut menggunakan naik turunnya pasang surut air laut untuk mengubah energi kinetik pasang surut yang masuk dan keluar menjadi energi listrik. Pembangkitan energi melalui tenaga pasang surut paling umum di daerah pesisir.

Energi pasang surut merupakan satu di antara sumber energi terbarukan dan menghasilkan energi yang besar bahkan pada saat pasang surut dengan kecepatan rendah.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Sumber Energi di Bumi yang Terbarukan

4. Energi matahari

Matahari adalah sumber energi utama di bumi. Sumber energi dari matahari disebut tenaga surya. Tenaga surya adalah energi dari matahari yang diubah menjadi energi panas atau listrik.

Energi ini bisa bermanfaat untuk menghasilkan listrik, menyediakan cahaya atau lingkungan interior yang nyaman, atau keperluan komersial dan industri.

5. Energi angin

Tenaga angin atau energi angin menggambarkan proses di mana angin digunakan untuk menghasilkan tenaga mekanik atau listrik. Sumber energi ini biasanya didapat dari turbin angin yang mengubah energi kinetik angin menjadi tenaga mekanik.

Tenaga mekanik dapat digunakan untuk tugas-tugas tertentu seperti memompa air.

6. Energi panas bumi

Energi panas bumi adalah panas di dalam bumi. Energi panas bumi merupakan sumber energi terbarukan karena panas terus-menerus diproduksi di dalam bumi. Energi panas ini disimpan dalam batuan dan cairan di pusat bumi.

7. Energi nuklir

Energi nuklir adalah energi dalam nukleus (inti) suatu atom. Atom adalah partikel kecil yang menyusun setiap objek di alam semesta. Sumber energi ini dapat dihasilkan dengan dua cara: fisi – ketika inti atom terpecah menjadi beberapa bagian – atau fusi – ketika inti bergabung bersama.

Sumber energi nuklir yang dimanfaatkan di seluruh dunia saat ini untuk menghasilkan listrik adalah melalui fisi nuklir, sedangkan teknologi untuk menghasilkan listrik dari fusi berada pada fase R&D.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Sumber Energi di Bumi yang Tak Terbarukan

1. Gas alam

Gas alam adalah hidrokarbon tak terbarukan yang digunakan sebagai sumber energi untuk pemanasan, memasak, dan pembangkit listrik.

Sumber energi ini juga digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan dan sebagai bahan baku kimia dalam pembuatan plastik dan bahan kimia organik penting lainnya secara komersial.

2. Mineral bumi

Mineral bumi dan bijih logam adalah contoh macam-macam sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Jenis sumber daya mineral yang digunakan bervariasi menurut teknologi.

Dalam geologi dan mineralogi, mineral adalah senyawa kimia padat dengan komposisi kimia yang cukup jelas dan struktur kristal spesifik yang terjadi secara alami dalam bentuk murni.

3. Bijih logam

Logam hadir dalam jumlah besar di kerak bumi, dan ekstraksinya oleh manusia hanya terjadi di mana mereka terkonsentrasi oleh proses geologis alami.

Deposit bijih logam yang terlokalisasi di dekat permukaan yang dapat diekstraksi secara ekonomis oleh manusia tidak dapat diperbarui dalam kerangka waktu manusia.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Sumber Energi di Bumi yang Tak Terbarukan

4. Minyak bumi

Minyak bumi adalah bahan bakar fosil. Ini terbentuk ketika panas dan tekanan menekan sisa-sisa tanaman prasejarah, hewan, dan kehidupan air di bawah dasar laut atau danau selama jutaan tahun sehingga menjadi bahan bakar fosil.

Minyak mentah adalah sumber daya tak terbarukan yang menumpuk dalam bentuk cair di antara lapisan kerak bumi. Ini diambil dengan mengebor ke dalam tanah dan dasar laut dan memompa cairan keluar. Cairan tersebut kemudian dimurnikan dan digunakan untuk membuat banyak produk berbeda.

5. Batu bara

Batu bara terutama digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan tenaga listrik. Panas yang dihasilkan oleh pembakaran batu bara digunakan untuk mengubah air menjadi uap bertekanan tinggi yang menggerakkan turbin, yang menghasilkan listrik.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Septika Shidqqiyah. Published: 17/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer