Sukses


5 Contoh Ceramah Islami Berbagai Tema, Singkat dan Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Ceramah merupakan suatu hal biasa yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ceramah biasanya dilakukan saat salat Jumat, salat hari raya, pengajian, majelis taklim, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Umumnya penyampaian ceramah dilakukan oleh pemuka agama yang sudah paham mengenai ilmu agama seperti kiai, ustaz atau ustazah, dan lain sebagainya. Sebab, ceramah merupakan satu di antara media dakwah dalam penyebaran agama Islam.

Bagi kamu yang mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan ceramah, tetapi kebingungan merangkai kata-katanya, tidak perlu khawatir.

Kamu bisa mencermati contoh-contoh ceramah di bawah ini, yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk disampaikan kepada khalayak ramai, terutama umat muslim.

Berikut ini lima contoh ceramah Islami berbagai tema, dikutip dari lamanĀ Sahabatnesia dan Dosenpendidikan, Kamis (16/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Sabar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt. karena telah memberikan kepada kita semua nikmat sehat serta nikmat iman sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang mulia ini.

Selawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhamamd saw. yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman ilmiah yang terang benderang seperti sekarang ini. Juga kepada keluarganya, sahabatnya, serta para pengikutnya dan sampailah kepada kita selaku umatnya. Aamiin.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Allah serta Rasul-Nya telah mengajarkan kepada kita untuk dapat menjalani hidup dengan lapang dan tenang. Satu di antara sifat yang harus kita miliki untuk dapat hidup lapang dan tenang adalah adalat sifat sabar. Kata sabar berasal dari bahasa Arab yang artinya menahan diri. Apabila diartikan dalam kehidupan sehari-hari maka cakupan artinya sangat luas.

Kita akan makin mudah untuk dapat bersabar dalam menghadapi cobaan apabila kita makin sadar akan siapa diri kita sebenarnya. Untuk itu hal pertama yang dapat kita bangun dalam diri kita adalah dengan menyadari bahwa kapan pun dan di mana pun kita berada pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya cobaan.

Dalam Al-Qur'an banyak ayat-ayat yang membahas mengenai balasan bagi orang-orang yang bersabar. Beberapa ayat tentang sabar ada dalam surah Al-Baqarah ayat 153, 155,156,157.

Untuk ayat 153 berbunyi yang artinya "Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar".

Tanpa mengurangi rasa hormat saya, saya mengajak saudara semua untuk selalu meningkatkan kualitas sabar kita mengenai apa pun yang telah terjadi dalam hidup kita sehingga hati kita dapat lebih tenang dalam menerima apa yang telah Allah takdirkan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 6 halaman

Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marilah kita bersyukur atas rahmat serta kasih sayang yang telah Allah Swt. berikan kepada kita. Selawat serta salam semoga tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita selaku umatnya dari zaman jahiliyah menuju zaman ilmiah seperti sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini bahasan kita adalah mengenai pentingnya menuntut ilmu. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa kita tidak dapat hidup tanpa adanya ilmu.

Oleh karena itu, Islam mengajarkan kita untuk senantiasa menuntut ilmu. Baik itu ilmu duniawi ataupun ukhrawi. Sejalan dengan sabda Rasulullah saw. yang artinya mencari ilmu itu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan.

Dengan ilmu, kita sebagai manusia tentunya akan menjadi makhluk terbaik di antara makhluk Allah yang lainnya. Namun, jika tidak memiliki ilmu kita tidak akan mengetahui apa-apa yang ada di dunia ini.

Allah telah menyampaikan dalam surah Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya "Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat".

Marilah kita terus menuntut ilmu. Sebab, dengan ilmu kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia serta akhirat. Dapat disimpulkan bahwa selama hayat masih dikandung badan, kita harus selalu menuntut ilmu tanpa kenal kata lelah karena pentingnya ilmu dalam kehidupan. Tanpa ilmu pula kita tidak akan bisa menjadi insan kamil.

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 6 halaman

Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dalam kesempatan kali ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan kita nikmat sehat, nikmat iman, serta hidayahnya kepada kita selaku hamba-Nya sehingga dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat. Selawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang menjaga kebersihan. Allah Swt. sangat mencintai orang yang senantiasa menjaga kebersihannya. Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan untuk mencapai keselamatan dan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain.

Apabila kita menjaga kebersihan dan ditiru oleh anak-anak serta orang-orang terdekat kita maka kita akan merasakan manfaatnya. Untuk itu mari kita ajarkan sedini mungkin tentang pentingnya menjaga kebersihan supaya nantinya mereka tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, serta dapat menebar kebaikan.

Dengan diajarkannya untuk menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka dapat mandiri serta dapat mengatasi hal-hal yang sulit. Seperti apa yang kita ketahui sekarang masih banyak sekali orang-orang yang tidak peduli akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5 dari 6 halaman

Perintah Salat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita semua selalu sehat dan dalam perlindungan-Nya. Tidak lupa selawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw.

Pada pagi yang cerah ini, izinkan saya menyampaikan materi yang berkaitan dengan salat. Salat merupakan kewajiban bagi pemeluk agama Islam. Rasulullah saw. bersabda "salat itu seperti sebuah tiang di dalam agama".

Hal ini dapat diibaratkan seperti sebuah rumah jika tidak mempunyai tiang maupun tembok sebagai penyangga, pasti roboh dan tidak dapat berdiri.

Mengingat betapa pentingnya salat maka orang yang sedang sakit pun tetap diwajibkan salat. Apabila tidak mampu berdiri bisa sembari duduk atau tiduran sesuai ketentuan yang telah diatur.

Rasulullah saw. pernah berkata, "Kalau manusia mengetahui pahala salat subuh dan asar, maka setiap orang akan mendatanginya, walaupun harus merangkak". Hal ini menjadi bukti begitu besarnya pahala dari mengerjakan salat.

Salat tidak hanya menjadi suatu kewajiban saja melainkan juga sebagai bukti keimanan seseorang kepada Allah Swt. Di dalam QS. Al Ma'uun: 4-5 Allah Swt. berfirman yang artinya:

"Celakalah mereka yang salat, yaitu orang-orang yang telah lalai dengan salatnya."

Orang-orang yang tidak mengerjakan salat maka akan celaka dan rugi. Jika salat seseorang baik maka amalan yang lain ikut baik. Namun, apabila salatnya buruk maka amalan lainnya juga buruk.

Salat sebaiknya dilaksanakan tepat waktu secara khusyuk. Saat kumandang adzan terdengar, bersegeralah datang ke masjid. Namun, untuk perempuan lebih diutamakan salat di rumah.

Salat juga berfungsi mencegah perbuatan keji dan mungkar. Hal ini seperti firman Allah Swt., di QS. Al-Ankabut. Dengan demikian, seseorang tidak akan melakukan perbuatan dosa, seperti mencuri, berzina, melakukan tindak kekerasan, dan lain-lain.

Demikian, materi singkat yang dapat saya sampaikan, semoga Allah Swt. memberi kemudahan kepada kita untuk selalu menjalankan salat dengan baik sesuai tuntunan agama. Aamiin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6 dari 6 halaman

Kematian

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Allah Swt. akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu disyukuri kapan saja dan di mana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kematian.

Hal tersebut telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 185. Dalam ayat tersebut sudah jelas bila mana kematian pasti akan menghampiri setiap manusia yang hidup di dunia. Mengenai waktunya, tidak ada satu pun manusia yang mengetahui kapan ajalnya mulai menjemput. Ingatlah saudaraā€“saudaraku, kehidupan di dunia ini hanyalah sementara.

Mulailah untuk memupuk kebaikan dan amalan untuk bekal di akhirat kelak. Itu karena tidak ada yang bisa menolong diri kita sendiri, selain amal perbuatan baik. Allah Swt. telah mempersiapkan surga bagi orangā€“orang yang selalu berbuat baik. Namun, Allah Swt. akan memberikan neraka bagi manusia yang lalai dalam kehidupannya di dunia.

Maka itu, jangan pernah terlena dengan keadaan yang ada di dunia yang fana ini. Itu semua hanyalah bersifat sementara yang akan diambil kapan pun oleh Allah. Sekian penjelasan tentang kematian dari saya. Semoga kita semua selalu dilindungi dari siksa api neraka.

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ā 

Sumber: Sahabatnesia, Dosenpendidikan

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer