Sukses


Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Kasti

Bola.com, Jakarta - Permainan bola kasti di sekolah masuk kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Lantas, apa itu permainan bola kasti?

Kasti juga sering disebut dengan istilah gebokan. Kasti adalah satu di antara jenis permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu. Olahraga ini mirip dengan sofbol dan bisbol, tetapi permainan kasti memiliki perbedaan mendasar, mulai teknik hingga peraturan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, kasti adalah olahraga beregu dengan satu bola kecil (bola tenis) dan satu alat pemukul.

Kasti merupakan permainan yang mengutamakan kerja sama antarpemain, kekompakan, ketangkasan serta kesenangan. Permainan bola kasti dimainkan oleh dua regu, yaitu regu pemukul serta regu penjaga.

Permainan bola kasti biasa dimainkan di lapangan terbuka. Permainan ini bagus untuk melatih kedisiplinan diri serta memupuk kebersamaan dan solidaritas antarteman.

Itulah sedikit penjelasan tentang permainan bola kasti. Penting juga diketahui sejarah adanya permainan bola kasti di Indonesia dan dunia.

Berikut ini sejarah permainan bola kasti di Indonesia dan dunia, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (16/2/2023).

2 dari 4 halaman

Sejarah Permainan Bola Kasti di Indonesia

Permainan bola kasti sudah dikenal sejak zaman dulu. Bahkan, sejak zaman penjajahan Belanda dan juga Jepang, permainan bola kasti ini sudah ada.

Permainan ini sering dimainkan di sekolah-sekolah, bahkan sering juga dimainkan oleh masyarakat.

Namun, akhir-akhir ini permainan bola kasti sudah jarang sekali ditemukan apalagi dimainkan dalam pertandingan dan juga kompetisi resmi.

3 dari 4 halaman

Sejarah Permainan Bola Kasti di Dunia

Permainan kasti pertama kali dimainkan di Inggris sejak dinasti Tudor tahun 1744 di Pretty LittlePocket-Book. Dinasti Tudor adalah dinasti raja dan ratu di Inggris Raya, di mana disebut "dasar bola" oleh John Newbery.

Di London, William Clarke menerbitkan edisi kedua buku The Boy tahun 1828, yang berisi peraturan permainan bola kasti yang dicetak pertama kali di Inggris.

Kemudian di tahun berikutnya, buku ini diterbitkan kembali oleh Massachusetts yang pertama membuat aturan nasional di Boston. Aturan permainan ini kemudian diformalkan dan disusun oleh Gaelic Athletic Association (GAA) di Irlandia pada 1884.

Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia. Sementara di Inggris diatur oleh National Rounders Asociation, yang dibentuk pada 1943. Kemudian dua asosiasi yang berbeda, berbagi elemen permainan dan budaya yang sama.

Kompetisi kasti diselenggarakan antara tim dari kedua tradisi berbeda, dengan permainan yang dilakukan bergantian antara kode dan satu versi yang dimainkan di pagi hari dan satu lagi di sore hari.

Setelah aturan kasti diformalkan di Irlandia, Asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada 1889. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.

4 dari 4 halaman

Tujuan dan Manfaat Bermain Kasti

Tujuan dan manfaat bermain kasti bagi pendidikan jasmani antara lain:

1. Melestarikan budaya olahraga tradisional bangsa.

2. Dapat mengembangkan berbagai macam fungsi tubuh.

3. Meningkatkan sikap sportivitas antarpemain atau teman.

4. Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan.

5. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi.

6. Dapat menjalin hubungan persahabatan dan kerja sama yang baik.

7. Belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.

8. Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas.

9. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas suatu permainan.

10. Mendapatkan olahraga yang murah meriah.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar sejarah lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer