Sukses


Macam-Macam Amalan Sunah yang Bisa Dikerjakan Umat Islam saat Isra Mikraj

Bola.com, Jakarta - Peringatan Isra Mikraj dalam kalender Hijriah jatuh pada 27 Rajab setiap tahunnya, dan di tahun 2023 bertepatan di hari Sabtu (18/2/2023).

Isra Mikraj mengisahkan tentang perjalanan satu malam Nabi Muhammad saw. yang ditemani oleh malaikat Jibril dari Masjidil Haram, Makkah, menuju ke Masjidil Aqsa, Yerusalem, lalu naik ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh untuk mendapatkan perintah salat lima waktu oleh Allah Swt.

Isra Mikraj merupakan satu di antara peristiwa penting dalam ajaran agama Islam. Untuk itu, sudah sepatutnya umat Islam untuk memaknai peristiwa tersebut.

Di samping itu, ada banyak amalan yang bisa dikerjakan oleh umat Islam dalam memperingati Isra Mikraj.

Melakukan berbagai amalan sunah tersebut semata-mata hanya untuk mencari rahmat dan rida dari Allah Swt. di peringatan Isra Mikraj.

Berikut ini macam-macam amalan sunah yang bisa dikerjakan umat Islam saat Isra Mikraj, disadur dari Liputan6, Kamis (16/2/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Amalan Sunah

1. Mendirikan Salat Sunah

Saat malam Isra Mikraj umat Islam dianjurkan untuk mendirikan salat sunah sebanyak 12 rakaat dengan dua rakaat dan salam. Setiap rakaatnya membaca Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.

Kemudian dilanjutkan untuk membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil sebanyak 100 kali. Satu di antara zikir yang dianjurkan sebagai berikut:

"Laa haula walaa quwwata illa billah."

Artinya: "Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah."

2. Membaca Al-Qur'an

Allah Swt. berfirman dalam surah Al-Isra ayat 82:

نُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: "Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian."

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Amalan Sunah

3. Perbanyak Istighfar

Bulan Rajab dikenal sebagai bulan istigfar. Di bulan ini, Allah Swt. akan mengampuni sebanyak apa pun dosa yang dilakukan umatnya.

Satu di antara amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar pada pagi dan sore hari.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِالنِّعْمَةِ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ قَالَ إِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُصْبِحُ مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَإِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُمْسِي مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dann aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu taat kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yang kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau."

4. Berpuasa

Berpuasa adalah amalan Isra Mikraj yang dapat dikerjakan selama. Sebagian ulama menyebutkan puasa Rajab ini sebagai puasa sunah.

Hal ini berdasarkan hadis dari Iman Baihaqi dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw. bersabda:

إن في الجنة نهرا يقال له رجب أشد بياضا من اللبن و أحلى من العسل من صام من رجب يوما سقاه الله من ذلك النهر

Artinya: “Sesungguhnya di Surga ada suatu sungai bernama 'Rajab', warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab, akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu." (HR Bukhari Muslim)

Tidak hanya puasa Rajab, umat Islam juga dapat mengerjakan puasa sunah lainnya, misalnya puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamul Bidh, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Amalan Sunah

5. Memperbanyak Berdoa

Amalan Isra Mikraj selanjutnya adalah memperbanyak doa. Tidak ada doa khusus yang dibacakan saat Isra Mikraj, umat Islam dapat berdoa apa pun yang diinginkan. Sebab, Allah Swt. sangat menyukai hamba-Nya yang berdoa. Sebagaimana disebutkan hadis:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لَيْسَ شَىْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

Artinya: “Abu Hurairah r.a. berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 'Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah dibandingkan doa'. (HR At Tirmidzi)

6. Bersedekah

Amalan lain yang bisa dilakukan pada peringatan Isra Mikraj adalah dengan melakukan sedekah. Dengan bersedekah kita akan merasa bahagia, serta membantu orang lain dan dapat pula mendatangkan pahala bagi yang memberi sedekah.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Henry. Published: 27/2/2022)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer