Sukses


Pengertian Dialek beserta Ciri dan Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Dialek adalah varian dari sebuah bahasa menurut pemakai bahasa itu sendiri. Dialek biasanya digolongkan berdasarkan geografi, tetapi bisa berdasarkan faktor lain, misalkan faktor sosial.

Dialek berasal dari bahasa Yunani, "dialektos". Berbeda dengan ragam bahasa, dialek adalah varian dari suatu bahasa menurut pemakaian.

Variasi ini berbeda satu sama lain, tetapi masih jumlah menunjukkan kemiripan sehingga belum pantas dikata bahasa yang berbeda.

Sebuah dialek dibedakan berdasarkan kosakata, tata bahasa dan pengucapan (fonologi, termasuk prosodi). Jika pembedaan dialek hanya berdasarkan pengucapan maka istilah yang tepat adalah akses, bukan dialek.

Ciri utama sebuah dialek adalah perbedaan dalam kesatuan serta kesatuan dalam perbedaan.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lanjutan tentang dialek, dilansir dari p2k.stekom.ac.id, Jumat (17/2/2023).

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Dialek

- Dialek adalah perbedaan dalam kesatuan dan kesatuan dalam perbedaan.

- Dialek ialah seperangkat bentuk ujaran setempat yang berbeda-beda yang memiliki ciri-ciri umum dan masing-masing lebih mirip sesamanya dibandingkan dengan bentuk ujaran lain dari bahasa yang sama.

- Dialek tidak harus mengambil seluruh bentuk ujaran dari sebuah bahasa.

- Hal-hal yang menjadi pembeda dari dialek adalah perbedaan fonologis, perbedaan semantik, perbedaan onomasiologis, perbedaan semasiologis dan perbedaan morfologis.

- Dialek mengacu pada perbedaan-perbedaan antara macam-macam bahasa yang berbeda kosakata, tata bahasa, dan pengucapannya.

3 dari 3 halaman

Jenis

- Dialek regional (dialek geografis/regiolek): dialek yang dipakai di daerah tertentu. Misalnya, bahasa Indonesia dialek Jakarta, atau dialek Medan.

Dialek sosial (sosiolek): dialek yang dipakai oleh kelompok sosial tertentu atau yang menandai strata sosial tertentu. Misalnya, dialek remaja.

- Dialek "temporal" atau dialek "historis" yang merujuk secara khusus kepada bentuk bahasa yang diperbedakan menurut pemakaiannya pada kurun waktu tertentu. Misalnya, dialek Melayu zaman Sriwijaya, dialek Melayu zaman Abdullah dan Dialek Medan di tanah Melayu kini.

- Idiolek adalah sistem kebahasaan yang khusus digunakan oleh seorang individu atau bisa diartikan "dialek pribadi". Idiolek merupakan keseluruhan ciri bahasa seseorang yang khas pribadi dalam lafal, tata bahasa, atau pilihan dan kekayaan kata.

 

Sumber: p2k.stekom.ac.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer