Sukses


Arti Pendidik beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Bola.com, Jakarta - Pendidik adalah orang yang mendidik dan memberikan ilmu pengetahuan baru bagi orang lain secara konsisten serta berkesinambungan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pendidik adalah orang yang mendidik. Pengertian tersebut memberikan kesan bahwa pendidik adalah orang yang melakukan kegiatan dalam dunia pendidikan.

Kedudukan pendidik dalam pendidikan merupakan satu di antara dari tiang utama untuk bisa terlaksananya pendidikan.

Tidak bisa dimungkiri, sebuah proses pendidikan tidak akan bisa berjalan tanpa ada yang mendidik atau tanpa seorang pendidik.

Dalam hal ini, pendidik mempunyai tanggung jawab dalam perkembangan peserta didik dengan upaya mengembangkan seluruh kompetensi yang dimiliki oleh peserta didiknya, seperti potensi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

Selain tanggung jawab, pendidik juga mempunyai tugas yang besar untuk dapat membuat anak didiknya paham akan ilmu pengetahuan yang diajarkan.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lanjutan tentang pendidik, disadur dari Liputan6, Senin (20/2/2023).

2 dari 3 halaman

Tugas Pendidik

1. Mengajar Peserta Didik

Tugas pertama pendidik adalah mengajar seluruh peserta didik terkait ilmu pengetahuan yang diketahuinya secara mendalam.

Seorang pendidik diharapkan bisa menyampaikan materi tertulis atau media lainnya kepada peserta didik. Hal itu agar di kemudian hari peserta didik yang bersangkutan bisa menerapkan ilmu yang didapatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mendidik Peserta Didik

Tugas pendidik adalah mendidik peserta didiknya. Seorang pendidik wajib memberikan teladan kepada muridnya untuk mengubah tingkah laku dan karakternya menjadi lebih baik.

Nantinya dampak positif yang timbul adalah pola pergaulan dari peserta didik yang dapat membedakan mana yang baik dan buruk untuk dirinya.

3. Memberikan Bimbingan dan Pengarahan pada Peserta Didik

Tugas pendidik yang lainnya adalah memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik. Bimbingan dan arahan ini diharapkan mengembangkan kemampuan motorik maupun kemampuan lain yang dimiliki seorang anak didik.

Bimbingan dan arahan ini bisa dilakukan dalam beragam bentuk, di antaranya memberikan tugas kepada anak didik dengan terlebih dahulu menekankan apa yang harus dikerjakan. Memberikan pembenaran atau revisi apabila anak didik melakukan kesalahan pada tugas yang diberikan.

4. Memberikan Penilaian

Pendidik memiliki kewajiban memberikan penilaian kepada anak didik, secara langsung maupun tidak langsung untuk membantu sang anak memahami kesalahan dan kekurangan yang dimiliki.

5. Memberikan Dorongan Moral dan Mental

Pendidik memiliki tugas dan kewajiban untuk memberikan dorongan moral maupun mental kepada anak didiknya. Dengan begitu, peserta didik mampu menghadapi segala jenis permasalahan yang terjadi dalam hidupnya selama mengenyam pendidikan formal maupun non formal.

3 dari 3 halaman

Tanggung Jawab Pendidik

1. Korektor, yaitu pendidik bisa membedakan mana nilai yang baik dan mana nilai yang buruk, koreksi yang dilakukan bersifat menyeluruh dari afektif sampai ke psikomotor.

2.  Inspirator, yaitu pendidik menjadi inspirator bagi kemajuan belajar siswa atau mahasiswa, petunjuk bagaimana belajar yang baik, dan mengatasi permasalahan lainnya.

3.  Informator, yaitu pendidik harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

4.  Organisator, yaitu pendidik harus mampu mengelola kegiatan akademik (belajar).

5.  Motivator, yaitu pendidik harus mampu mendorong peserta didik agar bergairah dan aktif belajar.

6.  Inisiator, yaitu pendidik menjadi pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan dan pengajaran.

7.  Fasilitator, yaitu pendidik dapat memberikan fasilitas yang memungkinkan kegiatan belajar.

8.  Pembimbing, yaitu pendidik harus mampu membimbing anak didik.

9.  Demonstrator, yaitu jika diperlukan pendidik bisa mendemonstrasikan bahan pelajaran yang sudah dipahami.

10. Pengelola kelas, yaitu pendidik harus mampu mengelola kelas untuk menunjang interaksi edukatif.

11. Mediator, yaitu pendidik menjadi media yang berfungsi sebagai alat komunikasi guna mengefektifkan proses interaktif edukatif.

12. Supervisor, yaitu pendidik hendaknya dapat memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.

13. Evaluator, yaitu pendidik dituntut menjadi evaluator yang baik dan jujur.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Fadila Adelin. Published: 16/5/2021)

Yuk, artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer