Sukses


Manfaat Sehat dari Sebuah Senyum, Patut Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Senyum adalah ibadah serta memberikan kesan sederhana dan membekas di hati. Manfaat senyum tak sebatas dirasakan oleh diri sendiri, tetapi juga bisa membuat orang lain turut bahagia setelah melihat sikap ramah tersebut.

Saat kamu melempar senyum kepada orang lain, itu memberi mereka dorongan kebahagiaan, membantu mereka menjalani hidup yang lebih sehat, dan memengaruhi cara mereka memandangmu.

Banyak penelitian ilmiah telah mengonfirmasi bahwa senyum yang tulus dapat meningkatkan suasana hati.

Tak cuma berpengaruh terhadap kondisi psikis, manfaat senyum rupanya juga berlaku buat kesehatan fisik kita.

Berikut manfaat sehat dan senyum yang jarang diketahui, disadur dari Klikdokter, Senin (20/2/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Sehat dari Sebuah Senyum

Melanggengkan Hubungan

Satu di antara manfaat senyum menurut penelitian yang dilakukan oleh psikolog Dacher Keltner, PhD, dan LeeAnne Harker, PhD di University of California, Berkeley, adalah melanggengkan hubungan percintaan.

Keduanya membandingkan foto-foto para siswa dari buku tahunan yang telah lulus dua dekade sebelumnya. Hasilnya, mereka yang tersenyum tulus dengan emosi positif memiliki hubungan pernikahan yang lebih sehat di usia mereka saat ini.

Mampu Meredakan Stres

Manfaat senyum selanjutnya, yaitu membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres.

Mereka yang secara alami sering tersenyum diketahui lebih cepat pulih dari depresi. Senyum juga memiliki kemampuan layaknya morfin dalam membantu meredakan stres dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak.

Memperbaiki Mood

Jika kamu merasa sedih, cobalah tersenyum. Hal ini akan membuka kesempatan agar suasana hati berubah menjadi lebih baik. Tersenyum dapat 'menipu' tubuh untuk meningkatkan suasana hati karena tindakan tersebut sebenarnya mengaktifkan pesan saraf di otak.

Senyum memicu pelepasan komunikasi saraf dan meningkatkan neuropeptida serta neurotransmiter sehingga hal tersebut meningkatkan suasana hati.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sehat dari Sebuah Senyum

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Senyuman yang tulus bisa membantu sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi lebih efektif.

Diperkirakan, ketika tersenyum, fungsi kekebalan tubuh meningkat akibat adanya perasaan rileks berkat pelepasan neurotransmiter tertentu.

Meredakan Rasa Sakit

Manfaat senyum selanjutnya adalah dapat membantu meredakan rasa sakit. Tak sedikit orang yang meyakini hal ini. Pasalnya, dengan tersenyum, hormon endorfin akan bekerja untuk mengurangi rasa nyeri yang ada.

Menurunkan Tekanan Darah

Buat kamu yang punya masalah tekanan darah tinggi alias hipertensi, mulailah untuk mengganti kebiasaan cemberut dengan lebih banyak tersenyum.

Tersenyum dan tertawa dapat membantu menurunkan tekanan darah kamu. Tentunya itu merupakan kabar baik buat kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Manfaat senyum yang satu ini telah diteliti di tahun 2009. Menurut peneliti, tertawa memicu periode relaksasi otot dan penurunan denyut jantung serta tekanan darah sehingga kamu akan terhindar dari penyakit kronis.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sehat dari Sebuah Senyum

Membuat kamu Terlihat Awet Muda

Tidak hanya membuat penampilan kamu lebih manis dan menarik, senyum juga dapat membuat kamu terlihat lebih muda.

Ketika kamu sering marah, keriput di kening akan muncul lebih awal. Sedangkan, bibir yang sering dimanyunkan karena kesal akan meninggalkan bekas keriput di garis bibir, pipi, dan dagu.

Sebagai info tambahan, saat kamu cemberut, ada 43 otot yang bekerja. Sementara itu tersenyum hanya membutuhkan kerja 17 otot.

Alih-alih memilih face lift, cobalah sering tersenyum. Pasti kamu akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.

Menyehatkan Paru-Paru

Saat kamu tersenyum dan tertawa, organ paru-paru bisa mengembang dan terisi lebih banyak oleh oksigen. Alhasil, kondisi ini membuat paru-parumu lebih kaya akan oksigen, lebih bersih, dan juga sehat.

Meningkatkan Kreativitas dan Kesabaran

Sebuah studi melaporkan, seseorang yang sering tersenyum akan lebih mampu mengatasi masalah dan berpikir lebih kreatif. Manfaat senyum yang satu ini dapat terasa karena dopamin aktif bekerja.

Memelihara Kesehatan Mental

Orang yang mudah tersenyum cenderung dapat menetralkan segala bentuk emosi negatif yang muncul dalam hidupnya. Alhasil, orang tersebut lebih bisa mengimbangi dan mengelola stres dengan lebih baik serta terhindar dari kesepian.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/5/2020)

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer