Sukses


Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Akhir dalam Salat, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Salat merupakan satu di antara dari lima rukun Islam. Setiap muslim wajib melakukan salat lima kali sehari sebagai wujud ketaatan dan kecintaan kepada Allah Swt.

Adapun salat lima waktu yang wajib dikerjakan tersebut adalah salat subuh, zuhur, asar, magrib, dan isya. Kelima salat tersebut merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan seorang muslim dalam sehari, sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Mengingat betapa pentingnya ibadah salat lima waktu, dalam mengerjakannya tidak bisa sembarangan. Selain gerakan, bacaan doa dalam salat juga harus benar. Satu di antaranya bacaan tahiyat.

Selain salat subuh, pada salat fardu lima waktu terdapat dua tahiyat, yakni tahiyat awal dan akhir. Pada tahiyat awal dilakukan pada rakaat kedua dengan cara meletakkan pantat pada kedua tumit yang ditegakkan.

Sementara, tahiyat akhir adalah duduk tahiyat pada rakaat terakhir dalam salat. Jadi, saat menunai ibadah salat zuhur, ashar atau isya, tahiyat akhir dikerjakan pada rakaat keempat. Sedangkan pada salat subuh, tahiyat akhir akan dikerjakan pada rakaat kedua.

Berbeda dengan posisi duduk di antara dua sujud maupun tahiyat awal, posisi tahiyat akhir dilakukan dengan cara duduk tawarruk.

Tawarruk adalah posisi duduk dengan cara menegakkan telapak kaki kanan dan mengeluarkan telapak kaki kiri dari bawah betis kaki kanan kemudian pantat diletakkan pada lantai.

Berikut ini bacaan doa tahiyat awal dan akhir dalam salat lengkap beserta artinya yang bisa dihafalkan, disadur dari Merdeka, Senin (20/2/2023).

2 dari 4 halaman

Doa Tahiyat Awal

Bacaan tahiyat awal yang merupakan bacaan awal dari doa tahiyat akhir:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِاَ . للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ

 

Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. assalaaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosuulullah. allahumma sholli 'alaa muhammad

Artinya:

"Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad."

3 dari 4 halaman

Doa Tahiyat Akhir

Adapun bacaan doa tahiyat adalah sebagai berikut:

التَّحِيَّات ُ الْمُبَارَ كَاتُ الصَّل َوَاتُ الطَّ يِّبَاتُ لِل َّهِ السَّلا َمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا ال نَّبِىُّ وَر َحْمَةُ اللّ َهِ وَبَرَكَ اتُهُ السَّل اَمُ عَلَيْن َا وَعَلَى ع ِبَادِ اللَّ هِ الصَّالِح ِينَ , أَشْه َدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلا َّ اللَّهُ و َأَشْهَدُ أَ نَّ مُحَمَّد ًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ و َعَلَى آلِ م ُحَمَّدٍ ، ك َمَا صَلَّيْ تَ عَلَى إِب ْرَاهِيمَ وَ عَلَى آلِ إِ بْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَم ِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمّ َ بَارِكْ عَ لَى مُحَمَّد ٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّد ٍ ، كَمَا بَ ارَكْتَ عَلَ ى إِبْرَاهِي مَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَا هِيمَ ، إِنّ َكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. as salaamu'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah. allaahumma shalli'alaa muhammad, wa'alaa aali muhammad. kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. wabaarik'alaa muhammad wa alaa aali muhammad. kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil'aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya:

"Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad."

"Ya Allah, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkaulah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia di seluruh alam."

4 dari 4 halaman

Doa sebelum Salam

Berikut bacaan doa tahiyat akhir sebelum salam yang dapat dibaca:

اللهمإنيأعوذ بكمنعذابالقب رومنعذابالنا رومنفتنةالمح ياوالمماتومن فتنةالمسيحال دجال

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Tantiya Nimas Nuraini. Published: 18/7/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer