Sukses


Manfaat Mendirikan Salat Qobliyah Subuh beserta Bacaan Doanya

Bola.com, Jakarta - Sebagai seorang muslim, mengerjakan ibadah salat lima waktu adalah kewajiban utama yang tidak boleh ditinggalkan sama sekali.

Ibadah salat juga menjadi satu di antara rukun Islam dan dianggap sebagai fondasi dalam agama Islam.

Selain mendirikan ibadah salat wajib lima waktu, umat muslim dianjurkan untuk menjalankan ibadah salat sunah. 

Dengan menjalankan salat sunah, kita akan mendapatkan tambahan pahala dari Allah Swt. Ada banyak salat sunah yang bisa dilakukan, satu di antaranya adalah salat sunat qobliyah subuh.

Salat qobliyah subuh memiliki keistimewaan tersendiri karena Rasulullah saw. juga selalu menjaga amalan sunah yang satu ini.

Manfaat salat qobliyah ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, kendati hukumnya sunah. Ada banyak keutamaan yang bisa didapat umat muslim. Hal tersebut tentu memberikan manfaat untuk kaum muslimin di dunia dan akhirat.

Berikut manfaat mendirikan salat qobliyah subuh yang bisa mendapatkan jaminan surga, disadur dari Merdeka, Selasa (21/2/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mendirikan Salat Qobliyah Subuh

Mengikuti Teladan Rasulullah

Keutamaan salat qobliyah subuh yang pertama adalah sebagai usaha kita mengikuti teladan dari diri seorang Rasulullah saw. Rasulullah memberikan contoh kepada kita agar senantiasa menjaga rutinitas dalam melaksanakan salat qobliyah subuh.

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara azannya muazin hingga salat subuh. Sebelum salat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua rakaat ringan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Balasan Rumah di Surga

Keutamaan salat qobliyah subuh yang berikutnya adalah mendapat balasan berupa rumah di surga. Keutamaan ini dijelaskan dalam hadis yang disampaikan dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, istri Rasulullah saw., dia berkata:

"Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Seorang hamba yang muslim melakukan salat sunah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) 12 rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga." (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, 'Setelah aku mendengar hadis ini aku tidak pernah meninggalkan salat-salat tersebut." (HR. Muslim)

3 dari 4 halaman

Manfaat Mendirikan Salat Qobliyah Subuh

Menutup Kekurangan Salat Wajib

Sebagai manusia, pasti kita memiliki kekurangan. Begitu juga ketika melaksanakan ibadah salat wajib. Tidak jarang salat yang kita lakukan terdapat kekurangan di bagian-bagian tertentu.

Untuk menutup kekurangan tersebut, dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah salat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih mengetahui segala sesuatu, "Lihatlah kalian pada salat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika salatnya sempurna maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika salatnya terdapat beberapa kekurangan maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan salat sunah? Jika ia memiliki salat sunah maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan salat sunah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu." (HR. Abu Daud)

Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan salat qobliyah subuh yang berikutnya adalah mendapatkan kebaikan yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Keutamaan salat qobliyah subuh yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui umat muslim.

Keutamaan salat qobliyah subuh ini juga tertuang dalam hadits dari 'Aisyah, di mana Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:

"Dua rakaat fajar (salat sunah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR. Muslim)

Jika kita sudah tahu keutamaan ini, seharusnya kita sadar bahwa keutamaan salat qobliyah subuh saja sudah besar. Sementara itu, bagaimana dengan keutamaan salat subuh itu?

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang keutamaan luar biasa dari salat subuh.

"Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada salat isya dan salat subuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak." (HR. Bukhari dan Muslim)

4 dari 4 halaman

Bacaan Niat Salat Qobliyah Subuh

Bacaan Niat Salat Qobliyah Subuh

Niat merupakan landasan dasar dalam setiap menjalankan aktivitas. Begitu juga dengan salat. Niat salat qobliyah subuh bisa kamu ucapkan sesuai bacaan niat berikut:

"Ushalli sunnatash-shubhi rak'ataini qabliyyatal lillahi ta'ala."

Artinya:

"Aku niat salat sunah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah Taala."

Bisa juga dengan niat salat fajar sebagai berikut:

"Usholli sunnatas shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala."

Artinya:

"Saya niat salat sunah subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Untuk tata cara pelaksanaan salat qobliyah subuh, serupa dengan saat kita melaksanakan salat subuh.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Andre Kurniawan. Published: 12/10/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer