Sukses


Bacaan Niat Salat Duha yang Bisa Dilafalkan dan Diamalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Salat merupakan ibadah penting dalam agama Islam. Saking pentingnya, kedudukan salat diibaratkan tiang penopang dalam agama Islam.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Arab Dan Latin Lengkap Dengan Tata Caranya

Salat adalah tiang agama ditegaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah saw. bersabda:

"Inti segala perkara adalah Islam dan tiangnya yang merupakan salat." (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973.)

Maka itu, sudah seharusnya umat muslim mengerjakan dan menyempurnakan ibadah salat. Selain salat wajib atau fardu, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunah seperti salat duha.

Salat duha adalah salat sunah yang dikerjakan pada waktu pagi atau waktu duha, yakni ketika matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah.

Jika diukur menggunakan jam maka waktu salat duha berada pada pukul tujuh, delapan, sembilan, sampai sebelum masuk waktu salat zuhur.

Para ulama berpendapat salat duha dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat dengan setiap dua rakaat satu salam.

Mengerjakan salat duha sama seperti mengerjakan salat sunah pada umumnya, hanya saja niatnya berbeda. Lantas, bagaimana bacaan niat salat duha yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim?

Berikut ini referensi bacaan niat salat duha yang perlu diketahui umat muslim, disadur dari Liputan6, Selasa (21/2/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Niat Salat Duha

"Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat salat sunah duha dua rakaat, karena Allah ta'ala."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa setelah Salat Duha

"Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmatta 'ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu'assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita 'ibaadakash shalihiin."

Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu duha adalah waktu duha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu duha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

4 dari 4 halaman

Keutamaan Mendirikan Salat Duha

  • Dua Rakaatnya Senilai 360 Sedekah

Pelaksanaan salat duha minimal dua rakaat. Meski hanya dua rakaat, itu senilai dengan 360 sedekah. Keutamaan inilah yang terkait erat dengan rezeki lancar.

  • Allah Cukupkan Rezekinya

Jika punya waktu luang, sebaiknya tak mencukupkan dua rakaat. Tambahlah agar minimal empat rakaat. Dan keutamaannya, Allah mencukupkan rezeki sepanjang hari. Bahkan rezekinya diantar.

  • Ganimah Terbanyak

Keutamaan ini juga terkait dengan rezeki barokah lancar. Sebab, Rasulullah menyebut salat ini sebagai ganimah terbanyak. Umumnya, nominal ganimah sangat besar.

  • Berpahala Umrah

Keutamaan luar biasa lainnya ialah berpahala umrah yang sempurna, yaitu jika dikerjakan satu paket dengan salat subuh berjemaah di masjid.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Erik Erfinanto, Editor: Anri Syaiful/Maria Flora. Published: 30/3/2022), Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutia Sari, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 22/11/2019)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer