Sukses


4 Jenis Kepribadian Introver yang Umum Ditemukan

Bola.com, Jakarta - Tuhan memang menciptakan setiap manusia memiliki jenis kepribadian yang berbeda-beda dan unik. Dan introver (introvert) menjadi satu di antaranya yang dapat kamu temukan di lingkungan sekitar.

Tidak sedikit yang memandang orang yang memiliki kepribadian introver sebagai pribadi yang tidak asyik dan cenderung tertutup. Pasalnya, orang dengan kepribadian introver dikenal pribadi tak mudah bergaul, pemalu, senang menyendiri, dan cenderung pendiam atau pasif.

Karakter itu sangat berbeda dengan tipe ekstrover yang lebih menyukai bertemu orang lain sesuai kebutuhan energi.

Sementara itu, kepribadian introver bisa dibedakan menjadi empat jenis, yang perlu kamu ketahui.

Berikut ini empat jenis kepribadian introver yang umum ditemukan beserta penjelasannya, dikutip dari Webmd dan Wellandgood, Kamis (23/2/2023).

2 dari 5 halaman

Social Introvert

Social introvert merupak jenis introver yang klasik. Social introvert menyukai circle pertemanan yang kecil dan lebih memilih berada dalam kelompok kecil dibandingkan dengan keramaian.

Bukan karena pemalu, tetapi social introvert lebih nyaman untuk berada dalam circle kecil bahkan sendirian. Dalam sebuah hubungan, social introvert akan selalu meminta waktu sendiri untuk me-recharge kembali diri mereka.

3 dari 5 halaman

Thinking Introvert

Tipe kepribadian introvert selanjutnya adalah thinking introvert atau mereka yang pemikir. Mereka biasanya sangat introspektif, kreatif, dan imajinatif.

Mereka dapat berkembang secara kreatif dan memanfaatkan konsep "me time" untuk merefleksikan diri dan mengeksplorasi ide secara internal.

Orang yang memiliki kepribadian ini sering menghabiskan banyak waktu dengan pikiran mereka sendiri.

4 dari 5 halaman

Anxious Introvert

Anxious introvert adalah tipe kepribadian introvert yang suka menyendiri karena merasa canggung atau malu saat berada di sekitar orang lain. Mereka akan menjauh dari lingkungan yang dapat merangsang kecemasan.

Hal tersebut bisa membuat mereka tampak tidak sopan karena pergi begitu saja. Namun, itu merupakan mekanisme pertahanan yang melindungi mereka.

Ciri-ciri anxious introvert adalah merasa gugup di sebagian besar situasi sosial dan menghindari interaksi atau kegiatan yang melibatkan banyak orang.

5 dari 5 halaman

Restrained Introversion

Jenis introvert terakhir yang perlu kamu tahu adalah restrained introversion. Introver jenis ini akan lebih sulit untuk didekati. Mereka practical, berpikir dengan memegang penuh tanggung jawab, dan sangat berhati-hati dengan tindakannya.

Lantaran mereka gemar mempertimbangkan banyak hal, restrained introvert sangat menikmati "predictable activities".

 

Sumber: Webmd, Wellandgood

Dapatkan artikel jenis berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer