Sukses


8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Jerawat merupakan satu di antara masalah kulit yang sering dialami banyak orang. Bahkan, tidak sedikit orang merasa kesal saat jerawat muncul di wajah.

Tak hanya itu, bekas jerawat yang tak kunjung hilang juga terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Pasalnya, bekas jerawat yang berwarna hitam ini lebih susah dihilangkan daripada jerawat itu sendiri. Masalah ini berpotens menjadi beban pikiran.

Namun, bagi kamu yang mengalami kondisi tersebut tidak perlu khawatir. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Bahkan, kamu bisa melakukannya di rumah tanpa pergi ke salon kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencermati pembahasannya di bawah ini, cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami.

Berikut ini delapan cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami yang bisa dicoba, dikutip dari Healthline dan Verywellhealth, Rabu (22/2/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya

Cara yang pertama menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat yang sulit hilang.

Cara pemakaiannya, ambil gel lidah buaya segar terlebih dahulu, kemudian oleskan secara langsung ke area bekas jerawat hitam di pipi.

Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini selama beberapa kali dalam seminggu agar tidak ada lagi bekas jerawat.

2. Ekstrak Biji Anggur

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan ekstrak biji anggur (grapeseed).

Penggunaan grapeseed sebagai obat jerawat oral (minum) mampu meringankan melasma (hiperpigmentasi pasca peradangan). Namun, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai fungsi grapeseed sebagai obat dalam bentuk oles untuk menghilangkan bekas jerawat hitam.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

3. Lemon

Cara ketiga yang dapat dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat adalah konsumsi vitamin C.

Kamu bisa mengonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C karena dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam.

Hanya, untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan kering, dianjurkan untuk tidak memanfaatkan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena rentan untuk mengalami iritasi.

4. Mentimun

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga mampu untuk menghidrasi kulit.

Berikut ini cara alami menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam dengan mentimun yang bisa dicoba:

  • Iris tipis-tipis mentimun secukupnya.
  • Taruh di atas kulit bekas jerawat.
  • Biarkan dulu selama 30 menit.
  • Bilas wajah dengan air dingin.
4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

5. Masker Madu

Cara hilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya adalah dengan madu. Cara pemakaiannya bisa digunakan sebagai masker.

Oleskan madu pada wajah atau bagian yang terdapat bekas jerawat, kemudian diamkan selama 20-30 menit.

Madu diyakini mengandung sifat antiseptik dan anti radang yang mampu menyembuhkan kerusakan akibat jerawat, sekaligus mencegah kemunculannya kembali.

Kandungan pelembab pada madu juga bermanfaat dalam melebutkan jaringan dan mempercepat perbaikan kulit, termasuk bekas jerawat yang menghitam.

6. Bubuk Kunyit

Bahan alami yang satu ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri karena sifat antiinflamasinya. Selain itu, juga membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut. Alhasil, kulit menjadi lebih cerah dan noda bekas jerawat menjadi tersamarkan.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

7. Ampas Teh

Ampas teh masih memiliki manfaat yakni menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Antioksidan yang terkandung di dalam teh ampuh untuk memperbaiki kondisi kulit dan memudarkan bekas jerawat. Cara membuatnya:

  • Siapkan sekantong teh celup yang sudah diseduh.
  • Usapkan saja ampas tersebut pada bagian kulit yang ternoda bekas jerawat.

8. Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Cara membuatnya:

  • Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat.
  • Biarkan selama 10 menit.
  • Cuci wajah dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

 

Sumber: Healthline, Verywellhealth

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer