Sukses


Cara Aman Olahraga Jalan Kaki tanpa Sepatu

Bola.com, Jakarta - Jalan kaki adalah olahraga yang ringan dan murah muriah, tetapi menawarkan banyak kebaikan untuk tubuh karena merupakan latihan aerobik.

Olahraga tipe aerobik secara umum baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Saat melakukannya, kerja jantung, termasuk memompa darah, akan ikut terpacu sehingga organ-organ tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Beberapa pegiat jalan kaki lebih memilih melakukannya tanpa alas kaki. Kalau dilakukan di dalam rumah, mungkin tidak apa-apa. Namun, untuk banyak orang, jalan kaki tanpa sepatu merupakan kemampuan yang harus dilatih setiap hari.

Untuk bisa berjalan kaki tanpa alas kaki tanpa harus berjinjit-jinjit memang butuh waktu, kesabaran, dan informasi yang benar.

Berikut cara aman olahraga jalan kaki tanpa sepatu, disadur dari Klikdokter, Rabu (22/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Aman Olahraga Jalan Kaki tanpa Sepatu

Mulai dengan perlahan

Kamu disarankan untuk memulai sesi nyeker selama 15-20 menit. Ini penting untuk membiarkan kaki dan pergelangan kaki menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya (tanpa alas kaki). Saat kaki sudah mulai terbiasa, kamu dapat meningkatkan durasi dan jarak.

Perlahan hentikan jika merasa tak nyaman

Kelihatannya memang mudah, tetapi berjalan tanpa alas kaki bisa mendatangkan bahaya. Tanpa kekuatan kaki yang memadai, kamu berisiko mengalami mekanisme berjalan yang buruk sehingga meningkatkan risiko cedera, khususnya jika mayoritas waktu kaki selalu terlindungi oleh sepatu.

Jangan langsung mencobanya di luar ruangan

Baiknya lakukan di dalam ruangan terlebih dulu agar kaki beradaptasi dengan permukaan yang aman di rumah. Risiko menginjak benda-benda yang tidak aman pun rendah.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Olahraga Jalan Kaki tanpa Sepatu

Latihan di permukaan yang aman

Setelah sudah ahli bertelanjang kaki di dalam ruangan, coba untuk melakukannya di luar ruangan. Namun, jangan langsung berjalan di jalan raya atau jalan berbatu. Pilih permukaan yang lebih tidak berbahaya seperti permukaan berumput, pinggir pantai, atau permukaan dari karet.

Pakai sepatu minimalis

Sebelum bertelanjang kaki sepenuhnya, kamu juga bisa berlatih dengan mengenakan sepatu minimalis. Struktur dan bantalannya yang lebih ringan dari sepatu biasa bisa membantu kaki untuk beradaptasi.

Eksperimen dengan latihan keseimbangan

Latihan keseimbangan ini miisalnya dengan berdiri dengan satu kaki atau berjinjit naik dan turun secara perlahan. Coba olahraga yang mengharuskan kamu untuk bertelanjang kaki.

Ada beberapa pilihan olahraga di mana kamu tidak perlu memakai alas kaki, yaitu yoga, pilates, atau olahraga bela diri.

Inspeksi cedera rutin

Setiap hari periksa bagian telapak kaki dari kemungkinan luka atau cedera karena banyak yang merasa sensasi di kaki berkurang.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 26/5/2019)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer