Sukses


Macam-Macam Keutamaan Mendirikan Salat Fardu Tepat Waktu yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Salat lima waktu merupakan perintah Allah yang wajib dilakukan setiap orang muslim. Namun, terkadang masih ada alasan menunda ibadah salat lima waktu tersebut, bahkan sampai terlewat.

Perlu diketahui, keutamaan dan manfaat mendirikan salat tepat waktu sangat banyak. Meski begitu, dalam memenuhi kewajiban salat lima waktu harus dilakukan dengan ikhlas agar mendapatkan keutamaan.

Manusia diciptakan untuk senantiasa beribadah kepada Allah. Dengan berlomba-lomba menuju kebaikan, Allah menjanjikan tempat yang terbaik bagi hamba-Nya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendirikan salat, satu di antaranya mendirikan salat tepat pada waktunya.

Banyak keutamaan dan manfaat yang bisa didapat oleh umat muslim jika bisa menjalankan salat tepat pada waktunya.

Berikut macam-macam keutamaan mendirikan salat tepat waktu yang perlu dipahami umat Islam, disadur dari Dream, Rabu (22/2/2023).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Mendirikan Salat Tepat Waktu

1. Mendapat Balasan Surga 

Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah saw. bersabda, Allah Swt. berfirman: "Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu salat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barang siapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barang siapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan".

Bagi orang-orang yang senantiasa salat tepat waktu akan mendapatkan surga sebagai ganjarannya. Dan Allah Swt. tidak pernah mengingkari janji-Nya. Maka itu, sebagai seorang hamba sudah sepatutnya melaksanakan salat tepat waktu.

2. Mendapatkan Pahala yang Besar 

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda bahwa, "Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan salat (saf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan salat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala salat isya dan subuh, niscaya mereka akan mendatanginya, meski dengan jalan merangkak". (HR. Bukhari)

Dari hadis Rasulullah di atas diketahui bahwa betapa besar pahala yang didapatkan jika seorang hamba mengetahui keutamaan dari salat tepat waktu. Bahkan dikatakan bahwa mereka tak akan segan untuk merangkak mendatanginya.

3. Hati Menjadi Tenang

Salat merupakan penyejuk hati, penghibur, dan penenang jiwa. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan dijadikanlah penyejuk hatiku dalam ibadah salat." (HR. An-Nasa’i no. 3391 dan Ahmad 3: 128, shahih)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

"Wahai Bilal, berdirilah. Nyamankanlah kami dengan mendirikan salat." (HR. Abu Dawud no. 4985, shahih)

Salat adalah zikir, dan dengan berzikir kepada Allah Ta’ala, hati pun menjadi tenang. Salat adalah interaksi antara seorang hamba dengan Rabb-nya.

Seorang hamba berdiri di hadapan Rabb-nya dengan ketundukan, perendahan diri, bertasbih dengan memuji-Nya, membaca firman Rabb-nya, mengagungkan Allah baik dengan perkataan dan perbuatan, memuji Allah Ta’ala dengan pujian yang memang layak ditujukan untuk diri-Nya, dia meminta kepada Allah Ta’ala berupa kebutuhan dunia dan akhirat. 

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Mendirikan Salat Tepat Waktu

4. Mencegah Perbuatan Keji Dan Mungkar

Jika seorang hamba mendirikan salat sesuai ketentuan dan petunjuk syariat, salat tersebut akan mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

"Sesungguhnya salat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar." (QS. Al-‘Ankabuut [29]: 45)

Kemampuan salat untuk mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar itu tergantung pada kualitas ibadah salat yang dilakukan. Minimal, ketika sedang salat, seseorang berhenti dan tercegah dari perbuatan keji dan mungkar.

Hal itu karena saat sedang salat, seseorang sedang melakukan ketaatan kepada Allah Ta’ala. Ada yang selesai salat kemudian mencuri sandal di masjid, misalnya, karena memang kualitas salatnya yang buruk sehingga tidak lama selesai salat, dia kembali lagi melakukan kemungkaran.

Kualitas salat yang bagus antara lain ditandai dengan hati yang kembali bertobat kepada Allah Ta’ala, menghadirkan hatinya menghadap Allah Ta’ala, dan kuatnya keimanan di dalam hati.

Jika seorang hamba terus-menerus dalam kondisi seperti itu, ketika dia memiliki keinginan melakukan kemungkaran, dia pun ingat dengan kondisi dirinya ketika menghadap Allah Ta’ala dalam salatnya sehingga pada akhirnya dia pun tercegah dari perbuatan kemungkaran tersebut.

5. Penolong Manusia Terkait Urusan Agama dan Dunia

Allah Ta’ala berfirman:

"Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’." (QS. Al-Baqarah [2]: 45)

Diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

"Dulu jika ada perkara yang menyusahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau mendirikan salat." (HR. Abu Dawud no. 1420, hadits hasan)

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Mendirikan Salat Tepat Waktu

6. Perbuatan yang di Cintai Allah Swt.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa, "Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah salat pada waktunya, berbakti kepada orang tua dan jihad di jalan Allah." (HR. Bukhari dan Muslim). 

Allah sangat menyukai hamba-Nya yang menyegerakan salat. Salat tepat waktu juga sebagai pertanda kecintaan kepada Allah Swt.

Rasulullah saw. bersabda, "Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan salat dengan ikhlas karena Allah maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya." (HR. Ahmad). 

Betapa mulia keutamaan melakasanakan salat tepat waktu. Betapa Allah Swt. sangat mencintai hamba-Nya yang senantiasa menyegerakan salat. Satu di antaranya adalah dengan diampuninya dosa-dosa hamba-Nya layaknya daun yang berguguran.

7. Mendapat Sembilan Kemuliaan 

Selain itu, mengerjakan salat tepat pada waktunya juga akan mendapatkan sembilan macam kemuliaan. Hal ini sesuai hadis berikut:

Utsman bin Affan berkata: "Barang siapa selalu mengerjakan salat lima waktu tepat pada waktu utamanya maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang saleh, hatinya dilunakkan oleh Allah, dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati."

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Mendirikan Salat Tepat Waktu

8. Amalan Utama

Dari Ibn Masud radliallahu anhu, bahwa seorang laki-laki pernah bertanya Nabi shallallahu alaihi wasallam, amalan apa yang paling utama? Nabi menjawab: "Salat tepat pada waktunya, berbakti kepada kedua orang tua, dan jihad fi sabilillah." (HR. Bukhari) [No. 7534 Fathul Bari] Shahih

9. Cahaya di Hari Kiamat

Dari Abdullah bin Amru, dari Nabi Muhammad saw; bahwasanya suatu hari beliau pernah menyebutkan mengenai salat seraya bersabda: "Barang siapa yang menjaganya, ia akan mempunyai cahaya, bukti dan keselamatan kelak di hari kiamat. Dan barang siapa yang tidak menjaganya maka ia tidak mempunyai cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat dan ia akan tinggal bersama Qorun, Firaun, Haman dan Ubay bin Khalaf." (HR. Ahmad) [No. 6288]

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ulyaeni Maulida. Published: 17/7/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer