Sukses


Daftar Makanan yang Kaya akan Kandungan Vitamin D

Bola.com, Jakarta - Tubuh memerlukan berbagai asupan nutrisi untuk mendukung fungsi dan sistem kerja organ tubuh dengan baik. Satu di antaranya adalah vitamin D.

Sebenarnya tubuh akan menciptakan vitamin D dari sinar matahari langsung pada kulit saat berada di luar ruangan. Hanya, hal ini masih dinilai tidak mencukupi kebutuhan. Maka, diperlukan asupan makanan yang mengandung vitamin D.

Dalam hal ini, vitamin D dapat membantu sistem kerja tubuh berjalan dengan baik. Tak hanya itu, vitamin D juga berguna untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada berbagai macam makanan yang kaya akan kandungan vitamin D dan bisa kamu konsumsi secara rutin.

Beberapa makanan ini dapat membantu kamu untuk mencukupi asupan harian vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut daftar makanan yang kaya akan kandungan vitamin D, disadur dari Merdeka, Kamis (23/2/2023).

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan yang Kaya akan Kandungan Vitamin D

Susu Kedelai

Satu cangkir susu kedelai (237 ml) biasanya mengandung 107-117 IU vitamin D, atau 13-15 persen dari kebutuhan harian.

Kandungan ini tidak kalah dari susu sapi yang dalam satu cangkir (237 ml) biasanya mengandung 107-117 IU vitamin D, atau 13-15 persen dari kebutuhan harian.

Jus Jeruk

Jus jeruk termasuk satu di antara makanan kaya vitamin D yang bisa kamu konsumsi. Satu cangkir (237 ml) jus jeruk yang mengandung vitamin D hingga 100 IU, atau 12 persen dari kebutuhan harian.

Oatmeal

Satu cangkir oatmeal (78 gram) dapat menyediakan 54-136 IU, atau hingga 17 persen dari kebutuhan harian. Selain vitamin D, oatmeal sumber serat yang baik untuk tubuh dan sistem pencernaan. Ini bisa menjadi satu di antara pilihan bagi kamu yang ingin memulai diet sehat.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan yang Kaya akan Kandungan Vitamin D

Daging sapi

Daging sapi mengandung 7 IU vitamin D. Daging sapi kaya akan vitamin B12, seng, selenium, zat besi, niasin, dan vitamin B6. Daging sapi juga kaya akan protein berkualitas tinggi yang dapat membantu mempertahankan dan menumbuhkan massa otot.

Konten beta-alaninnya dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kinerja olahraga. Plus, zat besi dalam daging sapi dapat mencegah anemia defisiensi besi.

Hati sapi

3 ons hati sapi mengandung 42 IU vitamin D. Hati sapi kaya akan zat besi dan mengandung jauh lebih banyak vitamin B-12 serta vitamin A.

Hati sapi mengandung vitamin B kompleks seperti tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, vitamin B-12 dan asam pantotenat.

Lebih dari seperempat hati sapi terdiri dari protein. Selain itu, protein ini berkualitas tinggi karena menyediakan semua asam amino esensial.

Ikan Tuna

Makanan kaya vitamin D selanjutnya, yaitu ikan tuna. Ikan tuna kalengan diketahui memiliki kandungan vitamin D hingga 268 IU setiap satu porsi (3,5 ons) atau setara dengan 34 persen dari kebutuhan harian.

Selain vitamin D, ikan tuna memberikan nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti vitamin K dan sumber niasin.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan yang Kaya akan Kandungan Vitamin D

Ikan Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang kaya akan vitamin D. Satu porsi atau 3,5 ons ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D atau 66 persen dari kebutuhan harian.

Sedangkan ikan salmon tangkapan liar rata-rata mengandung 988 IU vitamin D per porsi 3,5 ons (100 gram) atau 124 persen dari kebutuhan harian.

Dibandingkan ikan salmon hasil budidaya, salmon tangkapan liar mempunyai kandungan vitamin D yang lebih tinggi.

Ikan Herring dan Ikan Sarden

Makanan kaya vitamin D berikutnya, yaitu ikan herring dan ikan sarden. Diketahui, ikan herring Atlantik menyediakan 216 IU per porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 27 persen dari kebutuhan harian.

Sementara ikan sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Ikan sarden kaleng mempunyai kandungan mengandung 177 IU atau 22 persen dari kebutuhan harian.

Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan kod bisa kamu konsumsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin D sehari-hari. Bukan tanpa alasan, minyak hati ikan kod mempunyai kandungan vitamin D sekitar 448 IU per sendok teh (4,9 ml) atau setara 56 persen dari kebutuhan harian.

Selain itu, minyak hati ikan kod sumber vitamin A yang tinggi. Satu sendok minyak ikan kod (4,9 ml) mempunyai kandungan vitamin A sebanyak 150 persen dari kebutuhan harian. Minyak hati ikan kod juga dapat memberikan nutrisi asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan yang Kaya akan Kandungan Vitamin D

Kuning Telur

Kuning telur termasuk satu di antara makanan kaya vitamin D yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Setiap satu kuning telur mengandung 37 IU vitamin D atau sekitar lima persen dari kebutuhan harian.

Kadar vitamin D akan meningkat ketika produk telur dihasilkan dari ayam yang diberi pakan yang tinggi vitamin D. Kuning telur pada produk ini dapat mengandung vitamin D hingga 6000 IU.

Jamur

Diketahui, jamur merupakan sumber vitamin D2 yang baik untuk tubuh. Beberapa varietas jamur bahkan mengemas vitamin D hingga 2.300 IU per porsi 3,5 ons (100 gram).

Meski begitu, beberapa jenis jamur yang dikembangkan dengan sinar UV hanya menyediakan 130–450 IU vitamin D2 per 3,5 ons (100 gram).

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 28/12/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer