Sukses


Contoh-Contoh Surat Tidak Resmi

Bola.com, Jakarta - Surat merupakan sarana berkomunikasi yang dilakukan melalui tulisan serta media untuk menyampaikan informasi secara tertulis. Satu di antara jenis surat yang masih sering digunakan ialah surat tidak resmi.

Surat tidak resmi adalah surat yang ditulis untuk keperluan yang tidak resmi. Surat resmi umumnya dikirim kepada orang-orang terdekat atau masyarakat luas tanpa peruntukan khusus.

Surat tidak resmi tidak memiliki aturan ketat atau terikat, terutama dari segi gaya bahasa. Meski begitu, tetap saja dalam penulisannya tetap diperhatikan tentang sopan santun dalam berbahasa.

Penggunaan bahasa yang sopan dan beretika tersebut harus disesuaikan dengan latar belakang orang yang akan menerima surat tidak resmi.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memperhatikan contoh surat tidak resmi. Ada banyak contoh surat tidak resmi yang bisa kamu baca dan pahami.

Berikut ini contoh-contoh surat tidak resmi yang bisa jadi referensi, dilansir dari sumberbelajar.belajar.kemdikbud, Kamis (23/2/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Surat Tidak Resmi

                                                                            Mataram, 23 Februari 2023

Abizar Alfaiq

Jalan Sukapura No. 12

Surabaya

 

Abizar sahabatku,

Halo, bagaimana Faiq, kabar kamu? Aku harap kamu baik-baik saja dan sehat selalu, ya! Soalnya aku di sini sehat-sehat dan baik-baik saja.

Eh, Faiq, bulan depan aku mau ke rumah kakekku yang ada di Surabaya. Jadi, aku bisa sekalian mampir ke rumah kamu. Boleh kan, kalau aku main ke rumah kamu? Harus boleh. Lho. Oya, kamu masih memelihara hamster, tidak? Berapa sekarang jumlahnya? Pasti udah tambah banyak. Mereka pasti lucu-lucu dan menggemaskan, ya.

Faiq, cukup sampai di sini dulu ya, surat dari aku. Jangan lupa dibalas, ya. Faiq, aku tunggu, lho.

 

Dari temanmu,

 

Nathan Andina

3 dari 6 halaman

Contoh Surat Tidak Resmi

                                                                         Semarang, 23 Februari 2023

Untuk Ayah

Di tempat

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ayah, aku menulis surat ini karena ada yang ingin saya sampaikan kepada ayah. Gimana kabar ayah di situ? Apakah ayah betah kerja di situ? Sebenarnya aku enggak mau ayah jauh dari kami.

Kalau bisa ayah bekerja di tempat yang dekat saja, jangan jauh-jauh ke luar negeri. Kami sekeluarga sering khawatir tentang ayah.

Ayah, aku berhasil lulus UN. Yang bikin aku bangga, aku masuk 10 besar di sekolahku. Gimana perasaan ayah? Tentu senang dong anak ayah yang dulu sering manja ini mendapat prestasi di sekolah.

Aku ingin melanjutkan kuliah. Namun, kalau ayah tidak punya cukup biaya, enggak apa-apa. Aku bisa bekerja dulu untuk mengumpulkan uang buat biaya kuliah.

Sekian dulu surat dari aku.

 

Anak Ayah,

 

Udin Setia Budi

4 dari 6 halaman

Contoh Surat Tidak Resmi

                                                                         Jakarta, 23 Februari 2023

 

Teruntuk Guruku Tersayang,

Ibu Rahma Anita S.Pd

Di Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ibu Rahma Anita guruku tersayang, bagaimana kabar Ibu? Saya berharap semoga ibu sekeluarga diberikan rahmat oleh Yang Maha Kuasa, dilancarkan segala urusannya dan sehat selalu sampai saya bisa sukses dan membahagiakan Ibu.

Ibu Rahma Anita, tujuan saya menyampaikan surat ini karena ada kabar bahagia yang harus ibu ketahui. Pertama, saya lulus seleksi perguruan tinggi negeri yang saya inginkan. Iya Bu, saya lulus seleksi di Universitas Brawijaya, Malang. Semua ini tidak akan terjadi tanpa bimbingan dan dukungan ibu.

Kabar baik kedua, saya memperoleh beasiswa Bidik Misi. Jadi, saya tetap bisa kuliah tanpa membebani orang tua, Bu. Terima kasih karena dulu Ibu memberikan saya saran dan membimbing proses pendaftaran dari awal hingga akhir.

Ketiga, dalam jangka waktu dekat ini. Saya dan teman-teman berniat mengunjungi ibu di rumah. Kami berniat untuk tetap menjalin silaturahmi, walaupun sudah lulus dari SMA Negeri 22 Samarinda.

Ibu, sekali lagi terima kasih yang sebanyak-banyaknya karena telah membimbing dan mengantarkan kami pada pintu gerbang kesuksesan.

Keempat, Ibu ingat lomba puisi beberapa waktu yang lalu? Saya menjadi juara, tidak tahu bagaimana jadinya jika waktu itu ibu tidak memilihkan tema yang tepat dan membimbing bagaimana cara menulis puisi yang baik dan benar.

Walau saat ini saya dan teman-teman belum bisa membalas kebaikan Ibu. Sebagai gantinya ada sedikit hadiah dari saya dan teman-teman. Tidak mahal Bu, tapi kami tulus memberikannya sebagai apresiasi perjuangan dalam mendidik kita selama ini.

Sekian dari saya, Bu, wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Murid tersayang,

 

Syahiba

5 dari 6 halaman

Contoh Surat Tidak Resmi

                                                                  Surabaya, 23 Februari 2023

Ibu Anita yang saya sayangi,

Bagaimana kabar Ibu? Semoga selalu sehat! Sejak Ibu pindah ke Kota Bogor, rasanya kelas menjadi sepi. Tiada lagi tawa canda Ibu yang menyejukkan. Tiada lagi nasihat-nasihat yang indah itu. Kami semua kangen Ibu. Kerinduan kami hanya bisa diungkapkan lewat doa untuk Bu Guru luar biasa seperti Ibu.

Saya yakin Ibu sudah mendapat murid-murid baru di Kota Bogor. Meski sudah mendapat murid baru, tolong jangan lupakan kami yang di Kota Surabaya ini. Semoga Ibu senantiasa sehat dan dalam lindungan-Nya.

 

Salam rindu,

 

Sheila Purnama

6 dari 6 halaman

Contoh Surat Tidak Resmi

                                                                                  Yogyakarta, 23 Februari 2023

Kepada

Ayah dan Bunda

Di Jambi

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.Ayah dan Bunda apa kabar? Ananda berharap semoga Ayah dan Bunda selalu dalam keadaan sehat wal afiat, aamiin. Ananda di sini Alhmadulillah dalam keadaan sehat wal afiat serta baik-baik saja.

Ayah dan Bunda, libur semester ini Ananda belum bisa pulang ke Jambi. Ananda akan melaksanakan KKN (Kuliah Kernya Nyata) di salah satu desa di kabupaten Sleman, Yogyakarta, selama 40 hari.

Ayah dan Bunda, Ananda mohon maaf karena harus menceritakan hal ini. Adapun tabungan Ananda sudah mulai menipis. Kalau Ayah dan Bunda sedang ada uang, bolehkah Ananda minta dikirimkan, karena untuk bekal Ananda selama KKN dan memenuhi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Ananda berjanji pada Ayah dan Bunda akan belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar dapat bisa mendapatkan nilai yang baik dan bisa pulang tepat pada waktunya. Ananda sangat merindukan Ayah, Bunda, dan adik Jelo di rumah, sampaikan salam rindu nan hangat untuk adik Jelo ya.

Cukup sampai disini dulu ya surat Ananda. Ananda moho doa restu dari Ayah dan Bunda semoga diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melakasanakan ujian akhir semester dan juga KKN.

Sekian dulu surat dari Ananda, Ayah dan Bunda tetap jaga kesehatan ya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

Salam rindu dari anakmu,

 

Indah Permata Jelita

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer