Sukses


Apa Itu Wirausaha? Ketahui Tujuan, Ciri, Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangannya

Bola.com, Jakarta - Saat ini banyak masyarakat mencoba memulai profesi sebagai wirausaha. Hal tersebut tak lepas dari peran pemerintah yang gencar mengajak masyarakat untuk melakukan wirausaha.

Sebab, wirausaha memainkan peran kunci dalam perekonomian suatu negara. Dengan kata lain wirausaha bisa dibilang sebagai satu di antara pendorong perekonomian negara.

Secara harfiah, makna dari kata "wirausaha" adalah orang yang membuat suatu produk, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan serta pemasarannya.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, wirausaha merupakan wiraswasta, yakni orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Dari definisi di atas, bisa dipahami bahwa wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan yang berujung dengan dibentuknya sebuah usaha.

Sementara itu, orang yang menjalankan kegiatan wirausaha disebut dengan wirausahawan.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian wirausaha. Bagi kamu yang ingin jadi wirausahawan, penting mengetahui tujuan, ciri, karakteristik, kelebihan dan kekurangannya.

Berikut ini penjelasannya terkait wirausaha yang bisa menambah pengetahuanmu, dilansir dari laman Pengertianku dan Maxmanroe, Jumat (24/2/2023).

2 dari 6 halaman

Tujuan Wirausaha

Berikut beberapa tujuan wirausaha:

  • Menyebarkan pengaruh wirausaha.
  • Membangun karakter wirausaha.
  • Membentuk wirausaha yang berkualitas.
  • Membangun kesejahteraan masyarakat.
3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Wirausaha

Berpikir positif menjadi hal yang penting jika kamu ingin memulai sebuah wirausaha. Berpikir positif sangat penting, terutama bagi kamu yang akan mengambil keputusan dalam sebuah usaha.

  • Selalu Percaya Diri

Berpikir positif saja tidak cukup, kamu juga harus memiliki sikap berani dan penuh percaya diri. Yakinlah bahwa usaha yang kamu dirikan sendiri bisa sukses.

Dengan sikap percaya diri tinggi, hal ini bisa turut mendukung pekerjaan yang sedang dijalankan. Tak hanya itu, jiwamu juga menjadi lebih termotivasi untuk mewujudkan sebuah usaha yang sukses.

  • Berani Mengambil Risiko

Seorang wirausahawan harus berani mengambil risiko. Sebab, risiko akan selalu ada pada setiap keputusan yang akan kamu ambil.

Beberapa risiko yang mungkin terjadi dalam dunia usaha adalah kecelakaan, kebakaran, kegagalan, serta munculnya kerugian.

  • Memiliki Jiwa Pemimpin

Seorang wirausahawan harus memiliki jiwa kepemimpinan. Apa jadinya jika kamu mendirikan sebuah perusahaan, tetapi tidak memiliki jiwa kepemimpinan.

Ketika kamu berwirausaha, secara otomatis kamu akan menjadi seorang bos atau pimpinan.

  • Selalu Menatap Masa Depan

Menjadi enterpreneur selalu berpikir untuk situasi yang akan datang. Misalnya, tepat dalam mencari peluang untuk menciptakan usaha yang lebih sukses di masa yang akan datang.

  • Berorientasi pada Hasil

Dalam menjadi wirausahawan harus selalu berorientasi pada setiap hasil yang didapatkan. Hal ini penting, sebab dalam dunia usaha pasti akan ada hambatan yang membuat kamu bisa menyerah.

Namun, dari hambatan tersebut kamu juga akan merasa tertantang sehingga hasil yang diinginkan bisa didapatkan sesuai rencana.

4 dari 6 halaman

Karakteristik Wirausaha

Menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer dalam buku "Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil", wirausahawan memliki delapan karakteristik khusus. Karakteristik tersebut meliputi:

  • Desire for responsibility, memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya. Seorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan selalu mawas diri.
  • Preference for moderate risk, lebih memilih risiko yang moderat, artinya ia selalu menghindari risiko yang rendah dan menghindari risiko yang tinggi.
  • Confidence in their ability to success, percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil.
  • Desire for immediate feedback, selalu menghendaki¬†adanya suatu umpan balik dari usaha yang telah dilakukannya.
  • High level of energy, memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik.
  • Future orientation, berorientasi ke masa depan, perspektif, dan berwawasan jauh ke depan.
  • Skilll at organizing, memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.
  • Value of achievement over money, selalu menilai prestasi dengan uang.
5 dari 6 halaman

Kelebihan Menjadi Wirausahawan

6 dari 6 halaman

Kekurangan Menjadi Wirausahawan

 

Sumber: Pengertianku, Maxmanroe

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer