Sukses


Arti Spanduk beserta Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Spanduk adalah bendera panjang, berisi sebuah informasi yang ditujukan untuk umum. Informasi yang disampaikan pada media spanduk bisa berbagai macam hal, seperti imbauan atau peringatan, promosi untuk tujuan komersial, hingga spanduk yang berupa petunjuk arah.

Meski dapat memuat beragam informasi, spanduk memiliki fungsi atau kegunaan yang sama. Mulai fungsi informasi, media promosi, hingga daya tarik.

Selain itu, spanduk dapat berfungsi untuk menunjukkan suatu identitas kelompok atau hal lainnya.

Spanduk sering kali ditemui ditempat-tempat ramai dikunjungi maka penting bagi kamu untuk memahami apa yang dimaksud dengan spanduk dan berbagai fungsi kegunaannya.

Kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis spanduk yang kerap digunakan, bagaimana karakteristiknya, dan kelebihan hingga kelemahannya.

Berikut penjelasan lanjutan tentang spanduk, disadur dari Merdeka, Selasa (28/2/2023).

2 dari 4 halaman

Mengenal Spanduk

Spanduk adalah media berupa bendera atau kain panjang yang berisikan informasi tertentu. Informasi ini bisa berupa berbagai macam hal. Mulai informasi produk, informasi imbauan atau peringatan, informasi petunjuk, hingga informasi untuk tujuan sosialisasi.

Selain itu, spanduk adalah media komunikasi yang ditujukan kepada banyak orang dengan tujuan agar orang dapat tertarik dan membeli produk yang diinformasikan pada spanduk tersebut. Meski berguna untuk berbagai hal, spanduk erat kaitannya sebagai media promosi komersial.

Saat ini, spanduk bukan hanya berbentuk fisik, tetapi juga berupa digital. Spanduk digital memiliki bentuk yang kurang lebih sama, yaitu persegi panjang dengan berisikan kalimat singkat yang mudah dipahami dan dapat menarik perhatian orang yang membaca.

Spanduk digital biasanya terdapat pada sisi-sisi web, baik bagian atas, samping, atau bawah. Terkadang, spanduk digital dimunculkan di tengah sebelum pengguna internet mengunjungi halaman web tertentu.

3 dari 4 halaman

Fungsi dan Manfaat

Selain sebagai media informasi, spanduk memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting. Beberapa fungsi spanduk yang sering digunakan, sebagai berikut:

Media informasi

Spanduk adalah media untuk menyampaikan informasi tertentu yang ditujukan pada khalayak umum. Informasi ini dikemas dengan kata dan kalimat yang singkat dan jelas sehingga mudah dipahami.

Media promosi

Spanduk adalah media untuk menginformasikan sekaligus mempromosikan suatu produk. Dalam hal ini, spanduk diletakan di lokasi strategis sehingga dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk tersebut dan dapat menarik niat masyarakat untuk membeli.

Petunjuk arah

Spanduk dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang arah pada masyarakat umum. Biasanya, ini terdapat di tempat-tempat atau acara tertentu di mana spanduk tersebut dapat menunjukkan arah bagi orang yang datang agar dapat segera menuju lokasi tertentu, sesuai kebutuhan kunjungan.

Identitas

Spanduk berfungsi sebagai identitas suatu kelompok, misalnya dalam acara long march, sebagian komunitas membawa spanduk bertuliskan nama organisasi untuk menunjukkan diri dalam partisipasi tersebut.

Setelah mengetahui berbagai fungsi spanduk, spanduk juga memiliki manfaat khusus, yakni:

- Pertama, spanduk bermanfaat untuk membangun kesadaran merek atau brand awareness. Ini berkaitan dengan promosi suatu produk, di mana spanduk digunakan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap produk tersebut.

Spanduk sekaligus menarik minat masyarakat agar mau membeli.

- Kedua, yaitu dapat meningkatkan kredibilitas. Masih dalam dunia bisnis, spanduk yang dirancang dengan menarik, pemilihan kata yang tepat, penyusunan kalimat yang mudah dipahami, serta kreativitas desain spanduk, dapat meningkatkan kredibilitas dari bisnis atau produk yang ditawarkan.

Dalam dunia periklanan, visual menjadi hal penting yang dapat menentukan keberhasilan promosi. Ini juga didukung dengan unsur-unsur lain di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Jenis Spanduk

Ada beberapa jenis spanduk yang sering digunakan. Jenis spanduk dibagi menjadi tiga, yaitu spanduk sablon, spanduk spray, dan spanduk printing.

Masing-masing dari jenis spanduk ini memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Berikut penjelasan ketiga jenis spanduk tersebut:

Spanduk sablon

Spanduk sablon biasanya menggunakan kain panjang yang kemudian dicetak dengan sablon untuk menuliskan informasi di atasnya. Ini merupakan jenis spanduk umum yang banyak digunakan.

Biasanya diproduksi dalam waktu yang cukup singkat karena pengerjaannya tidak begitu rumit. Namun, cat sablon rentan luntur jika terkena air sehingga dapat membuat tampilan spanduk menjadi kotor dan kurang menarik.

Spanduk spray

Spanduk spray memiliki kelebihan yang tahan air, dibandingkan spanduk sablon. Namun, pengerjaan sablon spray membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga kamu perlu mempertimbangkan waktu pemesanan sebelum digunakan.

Spanduk printing

Spanduk printing tahan air karena menggunakan terpal plastik. Hasil cetakan hurufnya rapi karena menggunakan alat print besar yang akurat. Warna spanduk printing lebih cerah dan bersih. Namun, spanduk ini biasanya dibuat dengan biaya yang lebih mahal.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti. Published: 28/7/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer