Sukses


Daftar Sumber Protein yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Protein merupakan zat gizi makro yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Satu di antaranya dapat membantu menurunkan berat badan.

Protein terdiri dari asam amino yang tergabung bersama dan membentuk rantai panjang. Setiap jaringan dalam tubuh kita mengandung protein, mulai otot, kulit, hingga rambut.

Seperti diketahui, berat badan menjadi satu di antara pembahasan yang ramai diperbincangkan. Alhasil, menurunkan berat badan menjadi tantangan tersendiri, terutama di kalangan para remaja.

Padahal, ada berbagai sumber protein yang sangat bisa membantumu untuk menurunkan berat badan dengan cara alami.

Jumlah protein yang dibutuhkan per hari untuk orang dewasa adalah 0,8 gram per kilogram berat badan. Untuk para atlet profesional, jumlahnya bisa lebih dari itu.

Meski mengonsumsi protein terbilang ampuh dalam menurunkan berat badan, kamu perlu mengimbanginya dengan latihan fisik yang teratur.

Berikut daftar sumber protein yang baik untuk menurunkan berat badan, dikutip dari KlikdokterSelasa (28/2/2023).

2 dari 4 halaman

Sumber Protein yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

1. Kedelai

Selain membantu menurunkan berat badan, 50 gram protein kedelai setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol sekitar tiga persen. Mengonsumsi protein kedelai juga baik untuk kesehatan jantung.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti almon dan mete, tinggi protein. Plus, makanan bergizi ini sarat dengan serat sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

3. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi merupakan sumber protein yang baik. Akan makin baik jika kamu memilih bagian daging yang tanpa lemak. Daging sapi tanpa lemak juga kaya akan seng, zat besi, serta vitamin B12.

3 dari 4 halaman

Sumber Protein yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

4. Telur

Telur satu di antara bentuk protein yang paling murah dan mudah didapat. Kamu bisa melakukan berbagai variasi dalam penyajian telur, mungkin diceplok, didadar, atau diorang-arik.

Namun, ingat, gunakan minyak secukupnya. American Heart Association mengatakan bahwa orang dewasa yang sehat dapat makan telur setiap hari.

5. Makanan laut

Makanan laut dapat menjadi pilihan protein yang baik karena biasanya rendah lemak. Ikan seperti salmon sedikit lebih tinggi lemaknya, tetapi sehat untuk organ jantung. Selain itu, salmon mengandung asam lemak omega-3.

6. Susu, keju, dan yoghurt

Susu, keju, dan yoghurt termasuk sumber protein yang baik serta kaya kalsium serta vitamin D. Pilih susu rendah lemak untuk menjaga tulang dan gigi kuat dan membantu mencegah osteoporosis.

4 dari 4 halaman

Sumber Protein yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

7. Kentang

Kentang termasuk makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Mengonsumsi kentang baik untuk menurunkan berat badan.

Mengonsumsi satu kentang saat sarapan memiliki kandungan protein sekitar 7,5 gram. Selain protein, kentang memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi, yang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan selama puasa.

8. Dada Ayam

Dada ayam sumber protein tanpa lemak. Ayam juga merupakan sumber vitamin B, vitamin D, kalsium, zat besi, dan seng.

Hindari mengonsumsi bagian kulit untuk menghindari jumlah lemak. Satu dada ayam bisa mengandung sekitar 54 gram protein, atau 31 gram protein per 100 gram.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 14/3/2019)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer