Sukses


8 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Menjalani Pekerjaan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Rasa jenuh bisanya muncul karena kita melakukan rutinitas sehari-hari yang sifatnya berulang. Misalnya, disibukkan dengan pekerjaan yang seabrek, sering lembur, berangkat pagi pulang petang, belum juga dihadapkan pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya.

Ketika sudah merasa jenuh, seseorang akan merasa lelah secara emosi, fisik, dan psikologis karena tidak memberikan tantangan baru. Alhasil, bisa memengaruhi kemampuan dan menghambat produktivitas untuk melakukan berbagai pekerjaan sehari-hari.

Bahkan ketika mencapai titik klimaks rasa jenuh tersebut, tidak sedikit di antara kita yang berpikir untuk mencari pekerjaan lain atau resign.

Meski begitu, muncul rasa jenuh saat menjalani pekerjaan sehari-hari merupakan hal yang wajar dan dialami oleh banyak orang. Tidak ada seorang pun yang bisa menghindari adanya rasa jenuh ketika menjalani pekerjaan sehari-hari.

Maka itu, sebaiknya mencoba mengatasi rasa jenuh tersebut dengan mencermati beberapa cara di bawah ini.

Berikut ini delapan cara mengatasi rasa jenuh menjalani pekerjaan sehari-hari, dijamin kembali bersemangat, dikutip dari laman kemenkeu.go.id dan babelprov.go.id, Rabu (1/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Jenuh Menjalani Pekerjaan Sehari-Hari

1. Mendengarkan Musik

Sati di antara cara sederhana untuk membantu mengatasi rasa jenuh saat menjalani pekerjaan sehari-hari ialah dengan mendengarkan musik.

Mendengarkan musik mampu meningkatkan kinerja individu. Hal ini dikarenakan musik dapat membantu mengurangi rasa jenuh yang muncul karena seseorang menjalani pekerjaan sehari-hari yang bersifat berulang.

2. Switch Career

Cara kedua untuk mengatasi rasa jenuh menjalani pekerjaan sehari-hari ialah pindah jalur karier atau switch career, contoh: mengikuti seleksi jabatan fungsional tertentu.

Dalam dunia kerja, hal ini memang biasa terjadi. Mungkin saja kamu bisa menemukan minat atau potensi lain yang layak untuk lebih dikembangkan. Namun, perlu diingat juga bahwa untuk berpindah jalur karier memerlukan persiapan yang matang dan kompetensi yang mencukupi.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Jenuh Menjalani Pekerjaan Sehari-Hari

3. Rehat Sejenak untuk Bersantai

Cara ketiga mengatasi rasa jenuh menjalani pekerjaan sehari-hari yaitu dengan rehat sejenak dan nikmati waktumu untuk bersantai setidaknya 10-15 menit. Kamu bisa keluar dari ruangan, menonton acara TV kesayangan, melakukan peregangan, atau mungkin memejamkan mata sejenak.

4. Mengubah Suasana Tempat Kerja

Menjalani pekerjaan sehari-hari yang bersifat berulang bisa membuatmu jenuh. Mungkin kamu bisa memulai mendekor ulang meja kerjamu, setidaknya mengubah posisi kursi serta benda di atas meja atau di sekitarnya.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Jenuh Menjalani Pekerjaan Sehari-Hari

5. Kurangi Lembur

Terkadang, kita memang memerlukan waktu lembur untuk mengejar target atau menyelesaikan pekerjaan yang harus segera diberikan ke atasan. Bekerja lembur tidak masalah jika dilakukan sesekali saja.

Namun, ketika pikiran sedang lelah dan berada di titik jenuh, sebaiknya kamu menghindari kerja lembur. Sebagai gantinya, kamu bisa mencicil pekerjaan agar tidak harus lembur.

6. Menikmati Pekerjaan

Tidak ada pekerjaan yang tanpa masalah atau tanpa kesulitan. Oleh sebab itu, ketika ada hal sulit yang membuatmu makin jenuh, kamu tidak perlu khawatir. Sebaliknya, nikmatilah pekerjaan itu dan anggap saja kesulitan yang kamu alami sebagai sebuah tantangan.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Jenuh Menjalani Pekerjaan Sehari-Hari

7. Mengingat Rencana Masa Depan

Satu di antara yang menjadi pemicu semangat adalah rencana masa depan yang dimiliki seseorang. Ingatlah kembali visi misi dalam bekerja. Misalnya, ingin membeli rumah, ingin membawa orang tua pergi umrah, atau menabung untuk menikah.

8. Jangan Lupakan Hobi

Sibuk menjalani pekerjaan sehari-hari pasti membuatmu lupa untuk sekadar menikmati hobi. Nah, untuk mengatasi rasa jenuh tersebut, jangan lupa untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai seperti berolahraga, membaca, nonton film, bermusik, atau yang lainnya.

 

Sumber: kemenkeu.go.id, babelprov.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer