Sukses


Cara Melatih Vokal dan Pernapasan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Melatih vokal merupakan hal perlu disiapkan sebelum bernyanyi agar menghasilkan suara yang merdu dan indah.

Bagi seorang penyanyi, baik solo atau grup vokal, memiliki kemampuan vokal yang bagus dan enak didengar merupakan sebuah keharusan. Hal tersebut agar memperoleh penampilan yang indah dan memesona.

Itulah mengapa banyak orang berharap memiliki suara yang bagus. Sebenarnya setiap orang berkesempatan untuk memiliki suara yang bagus.

Hal tersebut bisa didapat jika terus melatih vokalnya dan menyiapkan diri untuk bernyanyi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih vokal.

Jadi, suara juga perlu untuk dilatih dan dibentuk. Tujuannya tentu agar suaramu menjadi lebih merdu. Selain dengan pelatih, cara melatih vokal juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Berikut cara melatih vokal dan pernapasan di rumah, disadur dari Merdeka, Kamis (2/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Melatih Vokal dan Pernapasan di Rumah

Bernapas dengan Irama

Cara melatih vokal dan pernapasan di rumah yang pertama adalah bernapas dengan irama berbeda. Caranya cukup mudah untuk dilakukan. Mulailah berlatih dengan bernapas pendek-pendek. Selain itu, kamu bisa berlatih dengan napas cepat selama kurang lebih 30 detik.

Setelah itu kamu bisa berlatih bernapas sedikit lebih panjang dengan irama lambat. Seperti sebelumnya, lakukan hal tersebut selama sekitar 30 detik. Kemudian akhiri latihan dengan bernapas dalam-dalam secara tenang dan teratur selama 30 detik.

Perlu diketahui, mengubah irama dan panjang napas mampu meningkatkan kemampuan mengatur napas. Pastikan juga kamu dapat merasakan udara mengalir masuk ke paru-paru. Khususnya saat kamu sedang menarik napas dalam-dalam.

Berlatih Buang Napas

Cara melatih vokal dan pernapasan berikutnya yaitu dengan berlatih membuang napas. Lakukan hal tersebut dengan embusan panjang yang terkendali. Biasakan juga menarik napas dalam-dalam sebelum menyanyi atau berbicara. Tujuannya agar kamu nantinya tidak kehabisan napas.

Berikutnya, luruskan lengan ke depan dan arahkan jari telunjuk ke atas. Tarik napas dalam-dalam dan bayangkan jari telunjukmu adalah api lilin yang hendak dimatikan. Buang napas sebanyak lima kali.

Pastikan kamu mengeluarkan embusan yang sama panjang dan memiliki kekuatan yang sama. Untuk diketahui, latihan ini mampu membuat napasmu menjadi lebih bertenaga sehingga suara yang dihasilkan nantinya tidak membosankan atau terdengar datar. Baik saat berbicara maupun bernyanyi.

3 dari 4 halaman

Cara Melatih Vokal dan Pernapasan di Rumah

Lakukan Lip Trill

Bagi yang belum tahu, lip trill dilakukan dengan cara menggetarkan bibir. Tujuan melakukan lip trill adalah agar suara yang dikeluarkan tidak cempreng. Jangan salah, pita suara yang terlalu sering digunakan untuk berbicara atau bernyanyi justru bisa rusak.

Jika sudah rusak, biasanya suara yang dikeluarkan akan cempreng. Untuk itu, alih-alih mengeluarkan suara rendah yang parau atau kasar dari tenggorokan bagian bawah, lebih baik belajar produksi suara dari bagian depan rongga mulut.

Cara melakukan lip trill memang gampang-gampang susah. Pertama, tarik napas panjang sembari rapatkan bibir, lalu lakukan lip trill. Caranya dengan mengalirkan udara melalui celah bibir hingga bibir bergetar dengan cepat.

Jika sudah bisa, kamu bisa melakukan lip trill sembari bernyanyi semua nada naik turun sesuai rentang vokal. Kamu juga diperbolehkan bersenandung jika kesulitan melakukan lip trill. Cara ini berguna untuk memindahkan sumber suara dari tenggorokan ke mulut.

Lakukan Vokalisasi

Lakukan vokalisasi dengan mengucapkan huruf hidup menjadi satu di antara melatih vokal. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan pita suara. Caranya mudah untuk dilakukan.

Berdirilah tegak dengan merenggangkan kedua telapak kaki. Bahu juga harus ditarik lebih ke belakang. Kemudian, tarik napas panjang dan gunakan suara tebal untuk bernyanyi. Kamu juga bisa melakukannya dengan mengucapkan kata-kata seperti, 'maaa, meee, miii, mooo, muuu'.

Latihan ini akan membantu memproduksi suara yang lebih lantang dan dalam kondisi rileks. Akan tetapi, pastikan kamu bisa merasakan otot perut yang mengencang, khususnya saat menyanyikan atau mengucapkan kata-kata seperti di atas.

4 dari 4 halaman

Cara Melatih Vokal dan Pernapasan di Rumah

Bernyanyi Sesuai Tangga Nada dan Buat Program Latihan

Bernyanyi sesuai tangga nada bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi tiap not dengan nada yang tepat. Satu di antara cara yang bisa dilakukan yakni dengan menyanyikan tangga nada naik turun dengan iringan piano.

Mulailah dengan berlatih menyembunyikan tangga nada mayor kunci C sembari menyanyikan 'do, re, mi, fa, sol, la, si, do'. Kemudian turun lagi ke 'do' dan lakukan secara berulang dengan nada dasar yang makin tinggi.

Menyanyikan tangga nada seperti itu akan membuat telinga kita berlatih mendengar dan menyesuaikan nada dasar.

Terakhir, buatlah program latihan pemanasan vokal dan pernapasan yang praktis. Jika memungkinkan, kamu bisa meminta tolong pada pelatih vokal untuk membuat program latihan khusus.

Kamu sebenarnya juga dibolehkan menyusun sendiri latihan pemanasan selama 10-15 menit dengan gerakan ringan dan nyaman. Lakukan latihan pemanasan vokal dan pernapasan seperti yang telah dijelaskan di atas.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantiya Nimas Nuraini. Published: 6/10/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer