Sukses


6 Manfaat Belajar Sejarah bagi Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Seperti diketahui, setiap hal mempunyai perjalanan sejarah. Mulai ilmu sejarah terbentuknya bumi, perubahan peradaban manusia dari masa ke masa, terbentuknya suatu negara yang merdeka hingga sejarah berdirinya bangunan kuno yang menjadi saksi suatu peristiwa.

Dari berbagai sejarah yang ada, terdapat nilai-nilai yang menjadi pembelajaran tersendiri bagi masyarakat secara keseluruhan.

Dengan kata lain, sejarah itu memang penting untuk dipelajari. Akan tetapi, sering kali pelajaran sejarah tidak dianggap penting, apalagi saat guru bercerita panjang lebar tentang sejarah.

Materi pelajaran sejarah yang diberikan sangat beragam, sesuai tingkatannya. Makin tinggi jenjang pendidikan biasanya akan mendapatkan materi pelajaran sejarah yang lebih luas.

Perlu dipahami, lantaran manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari, tidak ada salahnya kita untuk belajar sejarah dengan lebih saksama.

Untuk lebih memahaminya, berikut enam manfaat belajar sejarah bagi kehidupan sehari-hari, dilansir dari laman SMADwiwarna, Jumat (3/3/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Belajar Sejarah bagi Kehidupan

1. Mengetahui Peristiwa dan Kejadian di Masa Lampau

Manfaat mempelajari sejarah yang pertama adalah untuk mengetahui peristiwa dan kejadian di masa lampu. Dengan belajar sejarah kamu akan mengetahui lebih detail tentang apa, siapa, kapan, di mana dan dampak dari peristiwa atau kejadian tersebut.

Hal ini akan membuat kamu menjadi pelajar dengan banyak wawasan dan pengetahuan baru mengenai peristiwa atau kejadian tertentu. 

Sejarah ini mencakup banyak hal sehingga tidak hanya belajar tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia atau penjajahan di Indonesia. Namun, lebih dari itu, kamu juga akan belajar tentang sejarah perang dunia, revolusi industri, peradaban Islam, dan sebagainya. 

2. Memberikan Kemampuan Analisa yang Baik

Informasi tentang peristiwa atau kejadian di masa lampau bisa didapatkan melalui cerita dari narasumber maupun peninggalan-peninggalannya. Peninggalan tersebut bisa berupa candi, prasasti, dan sebagainya.

Namun, perlu diketahui, mempelajari dan mencari tahu sebuah peristiwa sejarah itu tidak mudah. Ini dikarenakan peristiwa sejarah harus dianalisis menggunakan metodologi dengan keabsahan ceritanya. Cara ini memiliki tujuan agar memberikan kemampuan analisis yang lebih baik lagi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Belajar Sejarah bagi Kehidupan

3. Membantu Memahami Identitas

Identitas yang dimaksud di sini adalah identitas yang bisa berkaitan dengan banyak hal yang berbeda. Bisa itu dari identitas negara, kelompok, keluarga ataupun konstituen.

Di sini kamu juga akan mengerti bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu untuk membentuk identitas sebagai gambaran umum yang bisa dilihat. 

4. Sebagai Media Pendidikan dan Pembelajaran

Perlu diketahui, sejarah bisa dijadikan sebagai satu di antara media atau alat bantu untuk belajar di sekolah maupun sarana pendidikan bagi siswa. Belajar sejarah akan membuatmu menjadi tahu dan mengerti bagaimana sejarah masa lalu dan juga orang-orang yang terkait dengan peristiwa tersebut. 

Tidak hanya itu saja, sejarah bisa difungsikan sebagai panduan teoritis untuk memberikan pemahaman tentang generalisasi ataupun konsep tentang peristiwa yang terjadi di masa lalu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Belajar Sejarah bagi Kehidupan

5. Mengembangkan Pemahaman tentang Dunia

Tatanan dunia saat ini dibangun dari sejarah panjang kehidupan manusia dengan beragam peristiwa atau kejadian yang terjadi. Setiap negara di dunia mengalami peristiwa sejarah yang berbeda.

Dengan kamu mempelajarinya maka akan muncul pemahaman tentang bagaimana budaya suatu negara itu terbentuk.

Pemahaman seperti ini akan membawa kamu untuk mengerti dunia lebih dalam lagi dari segi politik, ideologi, teknologi, hukum maupun kehidupan sosial yang terbangun. Melalui peristiwa sejarah, kamu akan memahami penyebab terjadinya perbedaan antara satu negara dengan negara lainnya. 

6. Belajar dari Kesalahan

Satu di antara pentingnya belajar sejarah adalah kamu bisa belajar dari kesalahan. Perlu diketahui, suatu peristiwa dianggap bersejarah apabila memiliki dampak bagi kehidupan selanjutnya, di mana latar belakang terjadinya peristiwa itu dikarenakan kesalahan dalam membuat suatu keputusan. 

Dengan belajar sejarah berarti kamu tidak akan mengulang kesalahan yang sama. Selain itu, kamu harus bisa membuat keputusan yang bisa memberi dampak positif bagi kehidupan. 

 

Sumber: SMADwiwarna

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan.

Video Populer

Foto Populer