Sukses


Bacaan Doa Masuk Area Kuburan yang Bisa Dibaca Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Setiap muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa saat memasuki area makam atau kuburan. Hal dilakukan agar dosanya diampuni Allah Swt. sekaligus sebagai penghormatan kepada ahli kubur.

Doa masuk area kuburan ini dibaca saat ingin berziarah dan ketika mengantarkan jenazah untuk dimakamkan. Tak hanya itu, saat melewati area pemakaman, kita juga disunahkan membaca doa ini.

Setiap umat muslim diperbolehkan berziarah ke makam keluarga maupun makam alim ulama untuk mendoakan ahli kubur. Aktivitas berziarah atau mengunjungi makam ini menjadi amalan yang sering dilakukan umat Islam.

Mengunjungi kuburan, baik saat memakamkan atau berzirah bisa menjadi pegingat diri sendiri, bahwa suatu saat dirinya akan dijemput kematian. Setelah meninggal dunia, setiap manusia akan mempertanggungjawabkan segala perilakunya di akhirat kelak.

Namun, perlu diingat, saat memasuki area makam harus memperhatikan beberapa adab. Satu di antaranya yaitu membaca doa masuk kuburan. Lantas, bagaimana doa masuk kuburan?

Berikut ini bacaan doa masuk area kuburan yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Merdeka, Kamis (2/3/2023).

2 dari 4 halaman

Doa Masuk Kuburan

Sesuai sunah Rasulullah saw., saat memasuki area makam atau kuburan, umat muslim dianjurkan untuk membaca salam dan doa. Doa ini dibaca sebagai bentuk penghormatan pada orang-orang yang telah meninggal, sekaligus pengingat pada diri sendiri, bahwa pada akhirnya semua manusia akan mati dan kembali kepada Allah Swt.

Saat memasuki kuburan Nabi Muhammad saw. selalu membaca, "Assalamu alaika dara qaumi mu’minin, wa inna insya Allahu bikum lahiqun".

Artinya:

"Semoga keselamatan tertuju pada engkau wahai rumah perkumpulan orang-orang mukmin, sesungguhnya kami, jika Allah menghendaki akan menyusul kalian."

Namun, tak hanya memberikan salam saat memasuki area kubur, juga memberikan doa keselamatan bagi orang-orang yang sudah meninggal.

Di mana sudah menjadi kewajiban sesama umat muslim untuk saling mendoakan, termasuk pada orang-orang yang telah meninggal agar mendapatkan ampunan dan pertolongan dari Allah.

3 dari 4 halaman

Doa Ziarah Kubur

Ada doa lain yang bisa dilafalkan saat umat muslim akan ke makam. Dalam hal ini, Rasulullah saw. menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak bacaan Al-Qur'an, berzikir, serta mendoakan ahli kubur saat melakukan ziarah makam.

Kemudian, saat sampai di makam keluarga, saudara, atau orang yang sudah meninggal, terdapat doa yang bisa dibaca secara khusus. Berikut bacaan doa ziarah kubur dan artinya, yang bisa dipraktikkan:

Bismillâhirrahmânirrahîm

Salâmullâhi yâ sâdah minar-Rahmâni yaghsyâkum

Ibâdallâhi ji’nâkum qashadnâkum thalabnâkum

Tu'înûnâ tughîtsûnâ bihimmatikum wa jadwâkum

Fa ahbûnâ wa a'thûnâ 'athâyâkum hadâyâkum

Falâ khayyabtumû dzannî fahâsyâkum wahâsyâkum

Sa'idnâ idz ataynâkum wa fuznâ hîna zurnâkum

Faqûmû wasyfa'û fînâ ilâr-rahmâni mawlâkum

'Asâ nuhdzâ 'asâ nu'thâ mazâyâ min mazâyâkum

'Asâ nadzrah 'asâ rahmah taghsyânâ wa taghsyâkum

Salâmullâhi hayyâkum wa 'ainullâhi tar'âkum

Wa shallâllâhu mawlânâ wasallam mâ atainâkum

'Alâl mukhtâri syâfi'înâ wa munqidzinâ wa iyyâkum

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Wahai Tuanku, semoga salam Allah tetap tercurah padamu. Wahai hamba-hamba Allah, kami datang kepadamu. Kami bermaksud (bersentuhan dengan rohanimu) dan kami berharap (berkahmu). Untuk menolong kami, menyejukkan kami dengan siraman yang berasal darimu, sesuai tekad dan pencapaianmu (selama ini). Maka, cintailah dan berikanlah kepada kami hal-hal yang Allah berikan dan hadiahkan kepadamu."

"Jangan biarkan pengharapan ini sia-sia, jauhlah engkau semua (dari sifat tega menyia-nyiakan kami). Kami sangat beruntung datang di haribaanmu dan kami amat berbahagia dengan menziarahimu maka bangkitlah dan syafaatilah kami bermohon pada Allah yang bersifat ar-Rahman, Tuanmu. Mudah-mudahan kami diberi (Allah) keberuntungan dan diberi limpahan karunia yang selama ini dianugerahkan kepadamu."

"Mudah-mudahan kita dipandang dan dilimpahi rahmat yang akan menyelimuti kami dan engkau. Semoga engkau makin dihidupkan dengan keselamatan (dari) Allah dan semoga pandangan Allah senantiasa menuntun engkau. Mudah-mudahan rahmat Allah dan keselamatan semakin terlimpah kepada tuan kita, manusia pilihan yang mensyafaati dan menyelamatkan kita."

4 dari 4 halaman

Adab Ziarah Kubur Menurut Islam yang Perlu Dipahami

Rasulullah saw. telah menganjurkan kepada para peziarah untuk menerapkan adab-adab yang baik ketika ziarah kubur. Berikut adabnya:

  • Berwudu sebelum ziarah.
  • Mengucapkan salam ketika memasuki area pemakaman.
  • Menghadap kiblat ketika mendoakan ahli kubur.
  • Membaca surat al-fatihah dan surat0surat pendek.
  • Membacakan surat yasin.
  • Tidak duduk dan menginjak bagian atas kuburan.
  • Tidak melakukan hal-hal yang berlebihan seperti menangis tersedu-sedu.
  • Hindari berkata tidak sopan.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter : Ayu Isti. Published: 19/4/2022)

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer