Sukses


Contoh Kebugaran Jasmani beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti, serta masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Makin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya. Kebugaran jasmani adalah kunci kesehatan dan ketahanan tubuh yang sebenarnya.

Maka itu, beberapa orang rutin melakukan berbagai latihan dan kegiatan fisik, seperti berolahraga. Tubuh akan menjadi lebih fit dan tidak mudah terjangkit penyakit.

Selain kondisi kesehatan yang stabil, latihan kebugaran jasmani akan membuat tubuh terasa lebih segar. Jadi, makin sering berolahraga justru membuatmu menjadi tidak mudah lelah.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh kebugaran jasmani, dilansir dari lamanĀ ob-fit.com, Jumat (3/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Kebugaran Jasmani

Lari

Lari adalah cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno.

Secara awam, gerakan jalan dengan lari tidak ada perbedaan yang berarti. Baik jalan maupun lari adalah gerakan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkahkan kaki secara bergantian.

Sit-up

Sit-up adalah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat dengan lutut yang diangkat ke arah atas dan dilakukan secara berulang-ulang.

Sit-up tidak mudah untuk dilakukan oleh pemula, tetapi jika kamu sudah biasa dalam melakukannya maka akan terasa nyaman dan tidak sulit.

Biasanya latihan ini dilakukan oleh pria untuk membantu membentuk otot bagian perut mereka.

3 dari 3 halaman

Contoh Kebugaran Jasmani

Push-Up

Push-up adalah kegiatan olahraga yang berguna untuk melatih otot yang mudah hingga dapat dilakukan oleh semua orang, mulai kalangan anak-anak dan orang dewasa, untuk menjaga kebugaran dalam melakukan push-up.

Bench Press

Bench press adalah satu di antara bentuk workout yang tepat untuk memperkuat otot dada, pundak, serta trisep.

Jangan anggap workout ini hanya sekadar untuk memperbaiki penampilan tubuh saja karena hasil dari latihan bench press yang rutin juga bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari.

Pull-up

Pull-up merupakan satu di antara latihan kekuatan otot bagian atas yang praktis kita lakukan di rumah maupun kantor.

Kamu dapat melakukan olahraga satu ini sendiri ataupun dengan bantuan pelaratan yang dapatĀ dibeli di toko peralatan olahraga.

Ā 

Sumber: Ob-fit.com

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer