Sukses


8 Contoh Perilaku Menjaga Lingkungan yang Perlu Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Alam memberi manusia banyak hal yang indah dan bermanfaat. Dari pemandangan yang indah, makanan dan tempat tinggal, dengan demikian ada baiknya kita selalu menjaga lingkungan agar alam tetap terjaga dengan baik.

Seiring kemajuan industri dan jejak manusia yang kian menyebar, tantangan agar menjaga keseimbangan alam dan lingkungan tetap harus dijaga.

Bukan perkara sulit ikut menjaga lingkungan. Mulai diri sendiri, biasakan berbuat baik, yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan ekosistem.

Ada beberapa contoh perilaku yang bisa kamu praktikkan untuk menjaga kelestarian lingkungan, tidak hanya di mana kamu tinggal, tetapi juga lingkungan secara global.

Tidak hanya berhenti pada diri sendiri, kamu juga dapat mengajak semua orang agar terus menjaga lingkungan.

Berikut delapan contoh perilaku menjaga lingkungan yang perlu dilakukan, dilansir dari Greenmountainenergy, Jumat (3/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Menjaga Lingkungan

1. Hindari Menggunakan Tempat Makan dan Minum Sekali Pakai

Coba bayangkan, berapa banyak sampah plastik yang akan terkumpul jika semua orang menggunakan tempat makan dan minum sekali pakai. Hal tersebut bisa berdampak buruk pada lingkungan.

Cobalah dimulai dari diri sendiri untuk menggunakan berbagai tempat makan dan minum yang dapat digunakan berulang kali.

2. Kurangi Penggunaan Kertas

Di kantor atau di rumah, kamu mungkin memerlukan untuk mencetak beberapa dokumen, tiket, poster, dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu bahwa banyak pohon yang ditebang setiap tahun untuk menghasilkan kertas-kertas tersebut? 

Dengan menghemat kertas, kamu dapat melakukan kebaikan besar dalam menjaga lingkungan. Tidak perlu mencetak hal-hal di atas jika memang tidak diperlukan atau mendesak. Buatlah catatan di ponselmu untuk menghemat penggunaan kertas.

3. Mendaur Ulang Barang Bekas

Banyak barang bekas terbuat dari plastik yang bisa kamu daur ulang menjadi sesuatu yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Perlu diingat, plastik adalah sampah yang akan sulit terurai sehingga dampak buruknya terasa pada kerusakan alam.

Kamu bisa mengubah botol-botol plastik bekas minuman sebagai pot tanaman hias dan mengecatnya dengan aneka warna agar terlihat lebih menarik.

3 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Menjaga Lingkungan

4. Jalan Kaki atau Menggunakan Kendaraan Umum

Saat bepergian keluar rumah, coba seminimal mungkin menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa menggantinya dengan menggunakan kendaraan umum atau berjalan kaki.

Gas yang dikeluarkan oleh setiap kendaraan bermotor berdampak pada pencemaran lingkungan sehingga mengurangi penggunaannya bisa turut andil dalam menjaga lingkungan agar tetap asri.

5. Membawa Tas Belanja yang Dapat Digunakan Berulang Kali

Tidak hanya mendaur ulang barang bekas, untuk menjaga lingkungan, kamu juga bisa mulai menerapkan kebiasaan kecil, akan tetapi terbilang penting, yaitu membawa tas khusus belanjaan yang bisa digunakan berulang kali.

Dengan begitu, kamu tidak akan menggunakan plastik kemasan sekali pakai yang turut menyumbang kerusakan alam setiap kali pergi berbelanja.

6. Perbanyak Menanam Pohon

Pohon merupakan sumber oksigen terbesar yang menghilangkan karbon dioksida dan menyediakan udara segar dan murni untuk bernapas.

Pohon-pohon membantu mengurangi tingkat ozon di lingkungan, mengurangi polusi suara, dan menawarkan berbagai buah serta bunga yang memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Kamu bisa menempatkan tanaman dalam ruangan di rumahmu untuk mengurangi tingkat polusi udara, seperti benzena dan nitrogen dioksida, dan menjaga suhu udara tetap rendah.

4 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Menjaga Lingkungan

7. Hemat Air

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat air,  seperti tidak mandi dengan volume air yang terlalu banyak dan saat kamu menyikat gigi, nyalakan air hanya saat kamu perlu berkumur.  

Perlu diingat bahwa menghemat air di rumah merupakan satu di antara cara termudah yang bisa kamu gunakan untuk melindungi lingkungan.

8. Jadikan Sampah sebagai Kompos

Alih-alih membuang berbagai sampah rumah tangga ke tempat pembuangan umum, cobalah untuk membiarkannya membusuk secara alami di tanah.

Dampak positifnya adalah kamu dapat secara langsung mengurangi produksi sampah secara massal, dan pembusukan sampah tersebut bisa kamu gunakan sebagai pupuk kompos yang ampuh untuk menyuburkan tanaman.

 

Sumber: Greenmountainenergy

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer