Sukses


KOI Gelar KLB dan Rapat Anggota, Paparkan Rencana Kegiatan hingga NOC Indonesia Award

Bola.com, Jakarta - NOC Indonesia atau Komite Olimpiade Indonesia akan menggelar Rapat Anggota (RA) dan Kongres Luar Biasa (KLB) pada 6-7 Maret 2023 di Jakarta. Ada sejumlah agenda, termasuk di antaranya adalah laporan dan rencana kegiatan keolahragaan ke depan.

Hal ini diungkapkan oleh Raja Sapta Oktohari sebagai ketua NOC Indonesia. Pria yang akrab disapa Okto itu menuturkan, RA merupakan kegiaan rutin yang diselenggarakan untuk pemaparan laporan serta agenda berikutnya.

“Setiap tahun, kami diwajibkan mengadakan rapat anggota tahunan Komite Olimpiade Indonesia yang dihadari dihadiri 64 cabor yang merupakan anggota NOC Indonesia,” kata Okto dalam keterangan pers virtual.

Selain laporan dan program kerja, RA nanti juga akan membahas beberapa agenda di antaranya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan IADO, SIWO PWI, IPO, dan ASITA. Sementara itu, UNJ dan UNESA digandeng untuk pendirian National Olympic Academy yang akan berkorelasi secara langsung dengan International Olympic Academy.

 

2 dari 4 halaman

NOC Awards

Selain itu, NOC Indonesia juga akan mengadakan NOC Awards atau penghargaan kepada atlet, pelatih, wasit, dan olahragawan yang berprestasi dan menginspirasi.

Ada pula pembahasan terkait penerimaan anggota baru, di mana sejauh ini sudah ada beberapa cabang olahraga yang telah mengajukan diri untuk menjadi anggota NOC Indonesia, yakni obstacle race dan vovinam.

Setelah RA, NOC Indonesia juga akan mengadakan KLB yang akan membahas beberapa perubahan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) NOC Indonesia.

“Tahun lalu disepakati ada Tim Pokja untuk merumuskan perubahan AD/ART. Apa yang kita rumuskan ini akan dibawa di RA, yang akan disahkan di KLB, sebagaimana mekanisme organisasi yang telah ditetapkan,” ujar Ketua Panitia RA dan KLB Jadi Rajagukguk.

3 dari 4 halaman

Banyak Agenda

Okto juga menambahkan, bahwa kegiatan RA dan KLB ini sangatlah penting mengingat ada beberapa hal yang harus disampaikan secara langsung.

Maklum, tahun ini ada banyak agenda olahraga, baik yang digelar di Indonesia maupun di luar negeri. ANOC World Beach Games misalnya, bakal dihelat di Bali.

"Tahun ini digelar offline, ketemu langsung, jadi ada beberapa laporan yang harus disampaikan secara langsung. Sebab, ada banyak sekali kegiatan, seperti SEA Games, ANOC World Beach Games, Asian Games, AIMAG, dll."

"Termasuk juga cabor-cabor yang memiliki single event."

4 dari 4 halaman

Dihadiri Erick Thohir

RA dan KLB oleh NOC Indonesia bakal menghadirkan banyak kementerian. Erick Thohir sebagai Ketua PSSI juga akan ikut serta pada kesempatan kali ini.

"Nanti ada perwakilan atlet, lalu member IOC Erick Thohir," ujar Okto lagi.

"Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Menko PMK, Menpora, Menpar, Menteri Bappenas, Menkumham, dan mitra kementerian lainnya."

Video Populer

Foto Populer