Sukses


Kumpulan Contoh Kesan dan Pesan untuk Sekolah, Bikin Momen Perpisahan Jadi Penuh Makna

Bola.com, Jakarta - Menjelang lulus sekolah biasanya siswa diminta untuk memberikan kesan dan pesan. Ungkapan kesan dan pesan tersebut akan dibubuhkan pada album kenangan sekolah.

Bagi kebanyakan orang, perpisahan merupakan momen yang menyedihkan. Terutama, saat harus terpisah dari orang yang kita sayangi, seperti teman, sahabat, dan guru di sekolah.

Masa sekolah merupakan masa indah. Bertemu dan mengenal banyak teman, sahabat, hingga guru yang inspiratif serta berjasa, menjadikan masa sekolah begitu tak terlupakan.

Namun, masa-masa sekolah tentu akan berakhir dan harus berpisah dengan teman, sahabat, guru, hingga staf. Sebelum berpisah biasanya seorang siswa diminta memberikan kesan dan pesan untuk sekolah, guru, teman, dan anggota sekolah lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesan adalah sesuatu yang dirasakan oleh seseorang setelah melihat, mendengarkan, atau mengalami suatu hal.

Sedangkan pesan adalah suatu nasihat atau amanat yang disampaikan oleh seseorang dengan tujuan agar sang penerima pesan menjadi lebih baik.

Berikut ini kumpulan contoh kesan dan pesan untuk sekolah, dikutip dari lamanĀ Salamadian dan Diangpedia.blogspot, Senin (6/3/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Kesan dan Pesan untuk Sekolah

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Selama sekolah di sini saya merasa sangat senang karena bisa mengaji dan salat dengan benar. Para guru juga sabar dalam mengajar, walaupun murid melakukan kesalahan.

Saya paling suka saat momen salat bersama teman-teman di masjid, apalagi masjid di sekolah ini sangat besar dan bagus. Makanan di kantin juga enak-enak sehingga saat istirahat selalu penuh.

Pesan:

Semoga saya dan teman-teman saya bisa bertemu suasana sekolah yang sama nanti. Saya juga akan ingat selalu pesan guru-guru untuk jangan melupakan salat lima waktu dan salat duha.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Sangat bangga bisa belajar di SMA 13 ini. Para guru tidak lelah menjawab pertanyaan siswa dan selalu mendukung kegiatan belajar siswa dengan maksimal. Bahkan di luar jam sekolah pun para guru tetap membantu jika siswa kesulitan dalam belajar.

Pesan:

Semoga para guru sehat selalu dan tetap semangat mengajar murid-muridnya. Jaya selalu SMA 13!.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Akhirnya mimpi saya bisa sekolah di SMA 8 terwujud. Sejak belajar di sini saya semakin paham kenapa SMA 8 merupakan SMA favorit. SMA 8 sangat mengutamakan kenyamanan para siswa dalam belajar.

Lingkungan sekolah asri karena banyak tanaman dan pohon. Perpustakannya besar dan memiliki koleksi buku yang banyak, bahkan buku berbahasa Inggris pun tersedia. Siswa juga bisa menemukan bakat dan minatnya dengan bergabung di ekstrakulikuler yang beragam.

Siswa juga berkompetisi secara sehat untuk menjadi wakil sekolah dalam berbagai lomba yang sering diikuti pihak sekolah. Selain itu saat kelas 2 siswa berprestasi bisa mengikut program pertukaran belajar selama setahun. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Pesan:

Terima kasih SMA 8, terima kasih guru dan teman-teman. Saya mendapat banyak ilmu dan pengalaman berharga selama belajar di sini. Saya yakin SMA 8 akan makin maju dan berprestasi.

3 dari 6 halaman

Contoh Kesan dan Pesan untuk Sekolah

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Terima kasih telah memberikan yang terbaik selama tiga tahun ini. Untuk Bapak dan Ibu guru, mohon maaf jika selama tiga tahun ini kami menyulitkan kalian. Kemudian untuk teman-teman, terima kasih telah membuat kenangan yang berkesan selama bersekolah. Banyak hal yang membuat betah bersekolah di sini.

Pesan:

Semoga semua teman-teman bisa menggapai cita-cita dan semua doanya terkabul menjadi kenyataan. Intinya, semua bisa sukses untuk ke depannya.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Saya bangga bisa bersekolah di sini, semua guru mengajar dengan ramah dan sabar. Itulah yang membuat saya dapat memahami setiap materi pelajaran yang telah diberikan.

Pesan:

Saya berharap sekolah ini dapat mempertahankan cara pembelajaran yang diberikan selama ini. Cara tersebut sangat memudahkan para murid untuk memahami setiap materi pelajaran.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Menyenangkan bisa bersekolah di sini, semua fasilitas tertata dengan rapi dan kebersihan selalu terjaga. Itulah yang membuat saya nyaman bersekolah di sini.

Pesan:

Pertahankan tata ruang dan kebersihan di sekolah ini. Saya berharap, peserta didik yang baru dapat merasakan apa yang telah saya rasakan saat bersekolah di sini.

4 dari 6 halaman

Contoh Kesan dan Pesan untuk Sekolah

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Banyak hal tak terlupakan dan menyenangkan yang saya dapatkan ketika bersekolah di sini. Sekolah ini membantu saya tumbuh untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Pesan:

Semoga sekolah ini terus berkembang dengan lebih baik lagi dan melakukan inovasi-inovasi baru agar dapat memajukan semua anggota yang ada di sekolah ini.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Sekolah ini mengajarkan saya banyak hal. Tak terkecuali tentang persaudaraan yang kental terasa di sekolah ini. Banyak teman yang saya dapatkan ketika bersekolah di sini. Ini memberikan saya rasa percaya diri yang kuat.

Pesan:

Untuk semua murid, bergaul itu penting, apalagi berteman. Dengan berteman baik dengan siapa pun, kita bisa merasakan suka, duka maupun sedih ketika bersekolah. Bertemanlah! Jangan menyendiri.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Menurutku sekolah ini adalah yang terbaik karena sekolahnya bagus, muridnya rajin, dan gurunya baik hati sehingga semuanya menjadi terasa menyenangkan.

Pesan:

Semoga sekolah ini dapat terus menjadi yang terbaik dalam segala hal.

5 dari 6 halaman

Contoh Kesan dan Pesan untuk Sekolah

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Bertemu dengan bermacam-macam karakter teman telah membuat saya mengerti tentang bagaimana caranya untuk bersosialisasi dan menjaga sikap.

Pesan:

Untuk pihak sekolah, tolong tempat sampahnya diperbanyak supaya kebersihan lingkungan tetap terjaga.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Selama bersekolah di sini, saya mendapatkan pengalaman yang besar, terutama ketika mengikuti OSIS. Di OSIS, saya mendapatkan pengalaman organisasi yang baik dan toleransi yang beragam.

Pesan:

Pertahankan apa yang telah dibina oleh pembina OSIS. Hal itu karena, pembina OSIS selalu memberikan masukan yang berguna untuk memajukan OSIS menjadi lebih baik lagi.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Saya merasa senang sekolah di sini karena memiliki banyak teman yang baik. Tak hanya itu, guru-guru dan semua staf juga sangat baik dan sabar dalam mendidik siswa.

Pesan:

Carilah banyak teman karena mereka akan selalu ada untuk membantu kita keluar dari sebuah kesulitan.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Saya bersyukur bisa sekolah di sini karena bisa mempelajari banyak hal baru.

Pesan:

Bersungguh-sungguhlah dalam mencari ilmu karena itu penting untuk menggapai cita-citamu.

6 dari 6 halaman

Contoh Kesan dan Pesan untuk Sekolah

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Senang rasanya bisa belajar di sini, selain pelajaran saya juga mendapat pengalaman berharga.

Pesan:

Hidup itu mudah, semua itu tergantung dari bagaimana cara kita memahami dan menanggapinya.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Terima kasih untuk semua yang telah menjadi bagian dalam kenanganku di masa SMA. Semoga guru-guru dan murid di sekolah ini sukses di masa depan.

Pesan:

Perpisahan bukanlah akhir dari perjalanan kita, tetapi ini adalah sebuah awal untuk menempuh jalan hidup yang baru.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Ada pertemuan ada pula perpisahan, meski begitu aku sangat bahagia karena bisa memiliki kawan yang setia dan guru yang baik.

Pesan:

Meskipun kita sudah lulus dan berpisah untuk menempuh jalan hidup masing-masing, kita masih terhubung dengan kenangan indah yang tercipta di SMA.

Ā 

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru SMA kami yang selalu sabar dalam mengajar dan membimbing kami agar kami menjadi pintar serta berguna bagi semua orang.

Pesan:

Hormatilah guru dan orang tuamu, sebab mereka adalah orang yang selalu sabar dalam mengajarkan kita tentang arti dari kehidupan.

Contoh Kesan dan Pesan

Kesan:

Terima kasih guruku, karena engkau telah memberikan kami ilmu yang bermanfaat bagi masa depan kami.

Pesan:

Kami akan terus berjuang supaya menjadi orang yang sukses dan berguna di masa depan.

Ā 

Ā 

Sumber: salamadian, diangpedia.blogspot

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer