Sukses


Bacaan Doa Nisfu Syaban dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Syaban merupakan satu di antara bulan mulia dalam kalender hijriyah. Bulan Syaban kerap disebut sebagai pintu menuju bulan Ramadan.

Alasan disebut bulan Syaban ialah karena pada bulan tersebut terpancar bercabang-cabang kebaikan yang banyak. Syaban yang berasal dari kata Syib, yaitu 'jalan di sebuah gunung' atau 'jalan kebaikan'.

Malam nisfu Syaban atau malam ke-15 di bulan Syaban merupakan penanda pertengahan bulan menuju Ramadan.

Pada malam ini, biasanya umat Islam berkumpul dan membaca Al-Qur'an surah Yasin atau surah Ad Dhukhan bersama-sama.

Barang siapa yang berupaya membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan Syaban maka ia akan menuai keberkahan di bulan Ramadan.

Sebagai umat Islam tentu akan rugi jika tidak melakukan amalan-amalan di bulan Syaban yang dianjurkan. Satu di antaranya ialah membaca doa nisfu Syaban.

Berikut bacaan doa nisfu Syaban arab dan latin lengkap dengan artinya, disadur dari Merdeka, Senin (6/3/2023).

2 dari 3 halaman

Doa Nisfu Syaban

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَاللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn.

Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa‘îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât.

Artinya:

"Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku.

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, 'Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh'. Semoga Allah memberikan selawat kepada Sayyidina Muhammad saw. dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah Swt."

3 dari 3 halaman

Amalan Malam Nisfu Syaban

Selain membaca doa, ada beberapa amalan yang bisa dikerjakan umat muslim nifsu Syaban. Berikut ini amalan pada malam nisfu Syaban:

Salat Sunah

Salat sunah bisa jadi amalan pertama yang bisa kamu mulai untuk malam nisfu Syaban. Salat yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam ini adalah salat tasbih, salat hajat, dan salat taubat.

Membaca Surat Yasin 3 Kali

Setelah salat, hendaklah kamu lanjutkan dengan membaca surah yasin tiga kali disertai dengan memperbanyak doa. Yasin pertama diniatkan untuk Panjang umur dalam kondisi taat dan patuh kepada Alah. 

Bacaan Yasin kedua diniatkan untuk tolak bala dalam seumur hidup. Sementara bacaan yang ketiga diniatkan unruk meminta kekayaan dan kecukupan selama hidup. 

Zikir

Berzikir memang dianjurkan tidak hanya untuk malam nisfu syaban. Kamu bisa berzikir apa saja, entah itu zikir yang biasa kamu aplikasikan atau melafalkan istighfar saja, atau tahmid, takbir, selawat dan berbagai zikir yang lain.

Meminta Maaf

Di bulan Syaban ini pintu maaf dibuka selebar-lebarnya. Maka ketika kamu sudah mohon maaf kepada Allah, pada malam nisfu syaban umat islam juga dianjurkan unutuk saling maaf-maafan kepada orang lainnya juga.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Novi Fuji Astuti. Published: 18/3/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer