Sukses


Contoh-Contoh Asimilasi di Lingkungan Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Asimilasi adalah percampuran dua kebudayaan atau lebih yang menghasilkan kebudayaan baru. Dalam proses asimilasi, budaya baru yang terbentuk benar-benar berbeda dari budaya asal yang turut membentuk budaya baru tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asimilasi adalah penyesuaian atau peleburan sifat asli yang dimiliki dengan sifat lingkungan sekitar.

Jadi, adanya asimilasi membuat sifat khas dari unsur kebudayaan beberapa golongan itu akan berubah menjadi unsur kebudayaan campuran.

Ada tiga syarat yang bisa membentuk asimilasi. Pertama, terjadinya pergaulan antarindividu atau kelompok secara intensif dalam waktu yang cukup lama.

Kemudian, terdapat sejumlah kelompok yang mempunyai kebudayaan berbeda. Terakhir, kebudayaan masing-masing kelompok saling berubah serta menyesuaikan diri.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu asimiliasi. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mencermati contoh asimilasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini contoh asimilasi dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari laman Zonareferensi, Selasa (7/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Asimilasi

Musik Hip Hop Jawa

Musik hip hop dikenal sebagai budaya Amerika dengan teknik menyanyi rap. Musik hip hop kemudian dikombinasikan dengan budaya Jawa sehingga menghasilkan sub-genre hip hop Jawa.

Hip hop Jawa menggunakan lirik bahasa Jawa dengan instrumen musik daerah.

Bangunan Masjid

Contoh asimilasi dapat dilihat pada masjid dengan corak China. Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam, tetapi menggunakan corak China khas agama Konghucu sehingga menghasilkan proses asimilasi yang unik.

Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi merupakan budaya Islam berupa seni aksara indah dengan huruf bahasa Arab. Kesenian ini kemudian dipadukan dengan budaya Jawa sehingga menghasilkan kaligrafi Jawa yang unik.

Bentuk kaligrafi ini kemudian diimplementasikan di daerah lainnya di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Asimilasi

Pakaian Kebaya dan Jilbab

Contoh asimilasi pada cara berpakaian bisa dilihat ketika cara berpakaian wanita Arab yang menggunakan jilbab, dipadu dengan pakaian kebaya khas Indonesia.

Akhirnya banyak wanita Indonesia yang berkebaya dan juga berjilbab sehingga menghasilkan gaya berpakaian yang baru.

Pernikahan Antar Etnis

Contoh asimilasi yang paling mudah ditemui adalah pernikahan beda etnis dan ras. Dua orang beda ras yang menikah akan menghasilkan keturunan campuran atau blasteran, misalnya seperti pasangan Indo-Belanda, Indo-Arab, Indo-Prancis, dan sebagainya.

Kosakata Serapan

Asimilasi dalam bidang bahasa dapat dilihat pada banyaknya contoh kata serapan yang diambil dari bahasa asing.

Adapun yang paling banyak diserap dari bahasa Inggris, misalnya seperti bisnis (business), diskon (discount), ekonomi (economy), foto (photo), komputer (computer), nasional (national), roket (rocket), dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Asimilasi

Seni Musik Dangdut

Asimilasi juga dapat ditemui di bidang musik. Misalnya, percampuran antara musik melayu dengan pengaruh musik India kemudian menghasilkan genre musik baru yakni dangdut yang pertama populer di Indonesia akhir tahun 60an.

Seni Tari

Contoh asimilasi pada seni tari dapat dilihat pada peleburan antara budaya Betawi dan budaya China. Beberapa seni tari dihasilkan dari asimilasi dua kebudayaan tersebut, yakni Tari Congkek dan Tari Lenong. Keduanya masih dilestarikan sampai sekarang.

Cara Makan

Kebiasaan makan dengan menggunakan sendok dan garpu awalnya berasal dari bangsa Eropa. Hal ini kemudian ditiru oleh orang-orang Indonesia ketika bangsa Eropa menjajah Indonesia.

Kini penggunaan sendok dan garpu untuk makan diterapkan sebagian besar warga Indonesia.

 

Sumber: Zonareferensi

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer