Sukses


Macam-Macam Manfaat Wirausaha yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Wirausaha atau enterpreneur adalah adalah mereka yang selalu bekerja keras dan kreatif untuk mencari peluang bisnis, mendayagunakan peluang yang diperoleh, dan kemudian merekayasa penciptaan alternatif sebagai peluang bisnis baru dengan faktor keunggulan.

Wirausaha mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha atau kegiatan.

Sementara itu secara etimologis, makna wirausaha/wiraswasta berasal dari bahasa Sanskerta, terdiri dari tiga suku kata yaitu "wira", "swa", dan "sta".

Wira berarti manusia unggul, teladan, tangguh, berbudi luhur, berjiwa besar, berani, pahlawan, pionir, pendekar/pejuang kemajuan, memiliki keagungan watak. Swa berarti sendiri, dan sta berarti berdiri.

Wirausaha memiliki beberapa manfaat. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat wirusaha yang perlu diketahui, disadur dari Merdeka, Rabu (8/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Wirusaha

1. Peluang dan Kebebasan untuk Menentukan Nasib Sendiri

Dengan memiliki usaha sendiri, hal ini akan memberikan kebebasan dan peluang bagi pemilik bisnis untuk mencapai tujuan hidupnya.

Pemilik bisnis akan selalu berusaha memenangkan tujuan hidupnya dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan bisnis untuk mewujudkan cita-citanya.

2. Peluang untuk Melakukan Perubahan

Makin banyak pebisnis yang memulai usahanya karena mereka dapat menangkap peluang untuk melakukan berbagai perubahan yang menurut mereka penting. 

Peluang perubahan tersebut bisa beraneka ragam bentuknya. Bisa dalam hal penyediaan perumahan yang sederhana, seha,t dan layak pakai untuk keluarga atau mendirikan program daur ulang limbah untuk melestarikan sumber daya alam yang terbatas.

Pebisnis akan menemukan cara bagaimana mengombinasikan wujud kepedulian mereka terhadap berbagai masalah sosial dan masalah ekonomi dengan harapan akan menjalani kehidupan yang lebih baik.

3. Peluang untuk Mencapai Potensi Diri Sepenuhnya

Banyak yang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan kadang membosankan, kurang menantang, dan tidak ada daya tariknya. Hal ini tentu tidak berlaku bagi wirausaha.

Bagi para wirausahawan, tidak banyak perbedaan antara bekerja dan menyalurkan hobi atau bermain. Bisnis-bisnis yang mereka miliki merupakan alat aktualisasi diri.

Keberhasilan yang mereka dapat merupakan sesuatu yang ditentukan oleh kreativitas, inovasi, sikap antusias, dan visi mereka sendiri.

Seseorang yang memiliki usaha atau perusahaan sendiri pada dasarnya memberikan kekuasaan, kebangkitan spiritual, dan membuatnya mampu mengikuti minat atau hobinya sendiri.

3 dari 3 halaman

Manfaat Wirusaha

4. Peluang untuk Meraih Keuntungan yang Optimal

Walau uang bukan daya tarik bagi para wirausahawan pada awalnya, keuntungan yang didapat dari berwirausaha merupakan sumber motivasi yang penting bagi seseorang untuk membuat usaha sendiri.

Kebanyakan dari para pebisnis tidak memiliki keinginan untuk menjadi kaya raya, tetapi banyak di antara mereka yang memang menjadi berkecukupan dan ini sudah terbukti kebenarannya.

5. Peluang untuk Berperan Aktif dan Mendapatkan Pengakuan di Masyarakat

Berkat bisnis atau usahanya, pengusaha kecil atau pemilik usaha kecil sering kali merupakan warga masyarakat yang dihormati dan dipercaya. Ciri dari pengusaha kecil adalah kesepakatan bisnis yang berdasarkan kepercayaan dan saling menghormati.

Pemilik usaha menyukai kepercayaan dan pengakuan yang diterima dari pelanggan yang telah mereka layani dengan setia.

Peran yang dimainkan dalam sistem bisnis di lingkungan setempat serta kesadaran bahwa kerja memiliki dampak nyata dalam melancarkan fungsi sosial dan ekonomi nasional.

6. Peluang untuk Melakukan Hal yang Disukai

Manfaat ini dirasakan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil, bahwa kegiatan usaha yang mereka lakukan sesungguhnya bukanlah sebuah pekerjaan.

Kebanyakan dari para wirausahawan yang berhasil, mereka memilih untuk masuk bisnis tertentu karena mereka tertarik dan menyukai bidang tersebut. Jadi, pada intinya mereka menyalurkan hobi atau kegemaran menjadi pekerjaan sehingga mereka senang melakukannya.

 

Sumber: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 14/7/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer