Sukses


Contoh-Contoh Takdir Muallaq dalam Kehidupan

Bola.com, Jakarta - Takdir adalah ketetapan dan ketentuan Allah Swt. terhadap manusia dan makhluk lainnya sesuai kadar atau ukurannya masing-masing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari takdir adalah ketetapan Tuhan; ketentuan Tuhan; nasib.

Jadi, segala peristiwa yang terjadi di alam semesta ini yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt. Keputusan dari Allah tersebut tidak bisa diprotes atau ditolak siapa pun.

Mungkin seseorang sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan sesuatu yang diharapkan, tetapi jika Allah Swt. tidak berkehendak dan menentukan lain, ia harus menyadari bahwa itu takdirnya.

Takdir ada dua macam, yaitu takdir muallaq dan takdir mubram. Takdir muallaq adalah ketentuan Allah Swt. yang mengikutsertakan peran manusia melalui usaha atau ikhtiarnya.

Jadi, takdir muallaq merupakan takdir Allah Swt. yang bisa saja berubah. Namun, takdir yang satu ini tentunya tifak bisa berubah begitu saja tanpa adanya usaha maupun ikhtiar dari manusia itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami contohnya. Ada banyak contoh takdir muallaq dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa contoh takdir muallaq dalam kehidupan, dilansir dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, Kamis (9/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Takdir Muallaq

Contoh Takdir Muallaq

Keberhasilan anak sekolah dalam meraih prestasi termasuk contoh takdir muallaq. Siswa yang berprestasi itu bukanlah siswa yang diam saja tidak belajar, dan hanya menunggu takdir. Namun, ia selalu berusaha dan belajar setiap hari untuk meraih cita-cita yang diharapkannya.

Dengan begitu, apa yang diraihnya selain ditentukan oleh takdir Allah Swt., juga ditopang oleh usaha dan doa yang dia lakukan. Jadi, berusaha itu harus, tetapi kita juga harus berdoa dan rela menerima segala takdir yang sudah ditentukan Allah Swt.

Contoh Takdir Muallaq

Contoh takdir muallaq ialah orang yang sama sekali tidak mampu karena menyadari keterbatasannya. Kemudian orang tersebut ingin menjadi orang yang memiliki kemampuan khusus. Misalnya, kamu ingin menjadi penulis. Tentu saja, ia harus belajar dan berusaha demi keinginanya tersebut.

Singkatnya, takdir muallaq adalah takdir yang dapat diubah oleh kehendak, keinginan, dan usaha setiap individu.

Jadi, meski tidak memiliki keterampilan sekalipun jika kita menyadarinya dan memahami bagaimana mengatasinya, hal tertentu bisa kita kuasai dengan berlatih dan belajar.

3 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Takdir Muallaq

Contoh Takdir Muallaq

Allah Swt. telah menetapkan masing-masing pasangan bagi tiap orang. Seseorang yang masih belum memiliki pasangan mungkin karena kurang berusaha dalam mencari pasangan hidupnya.

Namun, jika berusaha dengan menjalin silaturahmi dan banyak berdoa akan dimudahkan dalam mendapatkan jodoh yang diinginkannya.

Contoh Takdir Muallaq

Setiap orang bisa merasakan sakit kapan saja. Namun, kesehatan seseorang dapat diupayakan dengan berbagai cara, seperti olahraga teratur, menjaga kebersihan, menjaga pola hidup, dan menjaga gizi serta pola makan.

Usaha-usaha tersebut sebagai bentuk ikhtiar untuk menciptakan tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

4 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Takdir Muallaq

Contoh Takdir Muallaq

Rezeki manusia memang sudah diberikan sesuai porsinya masing-masing dan pastinya Allah Swt. lebih tahu takaran rezeki yang paling tepat untuk kita.

Namun, bukan tidak mungkin kita bisa memiliki rezeki yang lebih dari ketetapan atau takdir Allah. Kita bisa saja memiliki rezeki melebihi yang Allah takdirkan asalkan dibarengi dengan usaha dan doa.

Pastinya Allah Swt. akan melihat seberapa jauh usaha dan tawakal seseorang sebelum akhirnya mengabulkan keinginan hamba-Nya tersebut.

Untuk itu selalu disarankan untuk tetap bekerja keras, berusaha semaksimal mungkin dan pastinya doa untuk memohon agar Allah Swt. senantiasa mengabulkan apa yang kita harapkan.

Contoh Takdir Muallaq

Pasangan yang baru menikah ingin segera memiliki momongan. Namun, terkadang ada pasangan terkendala atau belum belum bisa langsung diberi anak setelah menikah.

Pasangan suami istri yang kesulitan mendapatkan anak bisa mewujudkannya dengan ikhtiar konsultasi ke dokter ahli dan mengonsumsi makanan yang bergizi dan halal.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer