Sukses


Bacaan Niat Salat Tahajud dan Tata Caranya

Bola.com, Jakarta - Salat tahajud merupakan satu di antara ibadah sunah yang terbilang istimewa. Telah disebutkan dalam Al-Qur'an, bahwa siapa yang melaksanakannya akan diangkat ke tempat terpuji di mata Allah Swt.

BACA JUGA: Tata cara sholat 5 waktu lengkap dengan niat dan arti hingga salam beserta pahami rukunnya

Lazimnya, salat tahajud dikerjakan pada malam hari, setelah salat isya hingga sebelum salat subuh.

Namun, waktu terbaik untuk melaksanakan salat tahajud saat sepertiga malam, yaitu pukul 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al-Isra ayat 79:

"Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji," (QS. Al-Isra ayat 79).

Salat tahajud bisa dikerjakan minimal dua rakaat dan tidak ada batas maksimal jumlah rakaatnya.

Kendati begitu, menurut hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah saw. tidak pernah mengerjakan salat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat beserta witir).

Berikut rangkuman mengenai bacaan niat salat tahajud dan tata caranya, disadur dari Liputan6, Kamis (9/3/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Niat Salat Tahajud

"Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillahi ta’aalaa."

Artinya: "Aku niat salat sunah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Ta'ala."

3 dari 4 halaman

Tata Cara Salat Tajahud

  • Membaca niat salat tahajud.
  • Melakukan takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surah Al-Fatihah.
  • Membaca surah dalam Al-Qur'an. Rasullullah saw. biasanya membaca surat-surat yang panjang.
  • Rukuk dengan tumakninah sambil membaca doa iktidal.
  • Iktidal dengan tumakninah sambil membaca doa iktidal.
  • Sujud dengan tumakninah sambil membaca doa sujud.
  • Mengulang gerakan seperti rakaat pertama.
  • Pada tahiyat akhir, membaca doa tahiyat akhir.
  • Melakukan gerakan salam.
  • Setelah salam, disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, selawat, istigfar, kemudian membaca doa salat tahajud.
4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Salat Tahajud

"Allahuma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta qayyimussamaawaati wal ardli wa man fihinna. Walakal hamdu Anta rabbussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta malikussamaawaati wal ardli. Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa'dukal haqqu, wa qaulukal haqqu, wa liqaa ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaru haqqun. Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa 'atu aqqun. Allahuma laka aslamtu. Wa 'alaika tawakkaltu, wabika aamantu, wa ilaika aanabtu, wabia khaashamtu. wa ilaika haakamtu. Faghfirlii maa qaddamu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu antal muqaddimu wa antal mu akhkhiru, laa ilaa ha illaa anta ilaihi laa ilaaha illa anta."

Artinya: "Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya, bagi-mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala punya, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-Nya, bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali, dengan pertolongan-Mu aku berdebat (dengan orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi. Editor: Fadila Adelin. Published: 31/7/2021).

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer