Sukses


8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Aktif Berolahraga

Bola.com, Jakarta - Ginjal merupakan organ tubuh yang amat penting karena berperan sebagai penyaring darah dan fungsi penting lainnya. Maka itu, ginjal perlu dirawat dan dijaga agar tetap sehat.

Jika tidak dijaga kesehatannya, kamu bisa rentan terkena berbagai penyakit terkait ginjal, seperti penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti mengurangi konsumsi alkohol dan melakukan aktivitas fisik.

Selain itu, agar ginjal tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari gangguan, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat serta bernutrisi setiap saat.

Yang terpenting dalam menjaga organ dalam tubuh adalah memperhatikan pola hidup sehat serta menjauhi berbagai hal yang bisa menimbulkan penyakit.

Berikut sembilan cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan, seperti dilansir dari Ndtv dan Healthline, Jumat (10/3/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok mengganggu pembuluh darah di mana alirannya ke seluruh tubuh, termasuk ginjal, bisa tersendat. Merokok juga bisa meningkatkan risiko kanker. Jadi, lebih baik segera berhenti dari kebiasaan buruk satu ini.

Jika kamu kesulitan berhenti merokok, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan beberapa cara tepat yang membantumu terlepas dari kebiasaan merokok.

2. Aktif Berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal. Selain itu, berolahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung yang penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Olahraga jenis apa pun bisa kamu lakukan, mulai jalan kaki, joging, bersepeda, berenang, dan sebagainya, Yang penting, usahakan untuk melakukannya rutin minimal 30 menit setiap harinya.

3. Kurangi Konsumsi Alkohol

Yang terbaik adalah menahan diri dari alkohol. Orang yang ingin minum alkohol lebih sering, disarankan untuk membatasi asupan satu gelas sehari untuk wanita dan satu sampai dua gelas sehari untuk pria.

Jika kamu dapat menghilangkan minuman alkohol secara total dari kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat membuat ginjal menjadi lebih sehat dan bekerja dengan normal.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

4. Kendalikan Gula Darah

Orang dengan diabetes atau suatu kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah, ginjalmu dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darahmu.

Namun, jika kamu dapat mengontrol gula darah, kamu mengurangi risiko kerusakan. Hal itu menyebabkan pengidap diabetes lebih rentan mengalami sakit ginjal. Maka itu, penting bagi kamu untuk mengontrol jumlah gula darah agar kondisimu tidak makin parah.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Kamu mungkin sudah bosan mendengar nasihat untuk minum air putih yang cukup delapan gelas setiap harinya. Faktanya, minum air putih yang cukup setiap hari memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, termasuk kesehatan ginjal. Usahakan untuk minum air putih 1,5-2 liter setiap harinya.

Jumlah air yang kamu konsumsi bergantung dari kondisi kesehatan dan pola hidupmu. Beberapa faktor seperti cuaca, intensitas olahraga, jenis kelamin, kondisi kesehatan keseluruhan, hamil atau tidak, menyusui atau tidak, akan menentukan jumlah air putih yang sebaiknya kamu konsumsi.

Selain itu, bagi kamu yang pernah memiliki riwayat batu ginjal, minum air putih yang cukup sangat dianjurkan.

6. Awasi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi dengan masalah kesehatan lain, seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh bisa signifikan.

Tekanan darah tinggi yang terus-menerus menyebabkan ginjal bekerja lembur. Pantau tekanan darah secara teratur, dan patuhi obat yang direkomendasikan yang diresepkan oleh dokter. 

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

7. Mengonsumsi Apel

Mengonsumsi apel sebagai camilan tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, tetapi juga bermanfaat mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan ginjal.

Apel kaya kandungan serat dan antioksidan. Keduanya membantu tubuh menurunkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, kolesterol, dan diabetes.

Penyakit diabetes akan membahayakan bagi seseorang yang memiliki masalah ginjal sehingga mengonsumsi apel secara rutin akan membantu menyehatkan ginjal.

8. Hindari Sembarangan Mengonsumsi Obat

Penggunaan obat tertentu, terutama obat analgetik yang tidak tepat (tidak sesuai indikasi dan dosis), dapat berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal.

Rutin mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen, misalnya untuk nyeri kepala atau nyeri sendi, juga bisa berisiko untuk kesehatan ginjal.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi obat antinyeri sama sekali. Kamu boleh menggunakan obat antinyeri asalkan sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

9. Mengonsumsi Oats

Oat merupakan sumber makanan yang terbuat dari gandum utuh, yang mengandung banyak serat. Oats mengandung beta glukan, yang merupakan serat larut penting.

Oats makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal karena dapat membantu menurunkan risiko munculnya batu ginjal. Oats biasanya dikonsumsi saat sarapan dan dapat membantu perut untuk kenyang dengan waktu yang lama.

 

Sumber: Healthline, NDTV

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer