Sukses


Pengertian Gejala Sosial, Faktor Penyebab, Macam, Dampak, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Gejala sosial adalah masalah sosial yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Gejala sosial termasuk fenomena yang ada di masyarakat.

Gejala sosial diartikan sebagai sebuah peristiwa yang sering terjadi di lapisan masyarakat, baik tradisional maupun modern. Suatu peristiwa atau proses disebut gejala sosial karena perilaku oleh individu yang terlibat di dalamnya saling terkait.

Munculnya fenomena sosial tersebut berawal dari adanya perubahan sosial. Gejala sosial juga muncul dari berbagai masalah sosial, baik yang berasal dari individu maupun kelompok.

Gejala sosial merupakan segala sesuatu yang dibuat maupun dilakukan manusia dalam lingkungan kehidupannya.

Itulah sedikit penjelasan tentang gejala sosial. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami macam-macam gejala sosial, faktor, dampak, hingga contohnya.

Berikut ini macam-macam gejala sosial, faktor penyebab, dampak, dan contohnya, dilansir dari blog.unnes.ac.id, Senin (13/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Faktor-Faktor Penyebab Gejala Sosial

Adanya berbagai gejala sosial di masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah sebagai berikut:

Faktor Kultural

Faktor kultural merupakan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat. Ada beberapa contoh gejala sosial berdasarkan faktor kultural, antara lain kemiskinan, kerja bakti, prilaku menyimpang, dan sebagainya.

Faktor Struktural

Faktor struktural merupakan suatu keadaan yang memengaruhi struktur. Adapun struktur yang dimaksud adalah sesuatu yang disusun oleh pola tertentu.

Faktor struktural dapat dilihat dari pola-pola hubungan antarindividu dan kelompok yang terjalin di lingkungan masyarakat.

Contoh gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural seperti penyuluhan sosial, interaksi dengan orang lain, dan sebagainya.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Gejala Sosial

1. Ekonomi

Ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendapatan. Tingkat pendapatan yang dimiliki individu dapat menimbulkan gejala sosial di masyarakat.

Gejala sosial yang dilihat dari aspek ekonomi sangat berkaitan dengan perekonomian masyarakat. Bila ada seseorang yang kurang dapat mencukupi kebutuhan, akan terjadi beberapa gejala sosial di lingkungan sekitarnya.

Dilihat dari segi ekonomi, gejala sosial yang terjadi di masyarakat dapat meliputi kemiskinan, pengangguran, masalah kependudukan, dan sebagainya.

2. Budaya

Indonesia memiliki budaya yang beranekaragam sehingga kita harus saling menghormati budaya lain. Adanya perbedaan jangan dijadikan sebagai alat pemecah persatuan, melainkan kita harus bersyukur karena keanekaragaman tersebut dapat menambah kekhasan budaya indonesia.

Keanekaragaman budaya tidak hanya ada di Indonesia, tetapi setiap negara juga memiliki budaya dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Kita juga harus menghormati budaya asing. Keanekaragaman budaya di sekitar kita juga dapat menimbulkan gejala sosial, misalnya tindakan peniruan budaya asing yang negatif, kenakalan remaja, dan sebagainya.

3. Lingkungan alam

Karakteristik gejala sosial dalam bidang lingkungan alam menyangkut aspek kondisi kesehatan. Seseorang yang terkena penyakit dapat menimbulkan gejala sosial di lingkungan sekitarnya.

Contoh gejala yang ditimbulkan seperti munculnya, penyakit menular, pencemaran lingkungan, dan sebagainya.

4. Psikologis

Perilaku seseorang/individu dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh aspek psikologisnya. Bila seseorang mengalami gangguan kejiwaan dapat menimbulkan gejala sosial di masyarakat, misalnya disorganisasi jiwa, aliran ajaran sesat, dan lain-lain.

4 dari 5 halaman

Dampak Gejala Sosial di Masyarakat

Terjadinya perubahan sosial-budaya dimasyarakat merupakan satu di antara akibat dari gejala sosial. Dampak gejala sosial ada yang bersifat positif dan negatif.

1. Dampak positif

Gejala sosial yang ada di masyarakat harus kita sikapi dengan baik. Bila kita dapat terbuka dan mengimbangi perubahan sosial budaya yang ada. Maka, perubahan tersebut akan berdampak positif dan memberikan kita manfaat. Hal ini dapat dilihat dengan kemajuan bidang teknologi.

Dalam bidang teknologi kita mengenal teknologi komunikasi, seperi telepon, handphone, telegram, email, dan sebagainya.

Dengan adanya alat komunikasi yang modern, kita dapat melakukan interaksi jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung.

2. Dampak negatif

Seseorang yang tidak dapat menerima perubahan yang terjadi akan mengalami keguncangan culture shock. Ketaksanggupan seseorang dalam menghadapi gejala sosial akan membawa ke arah perilaku menyimpang.

5 dari 5 halaman

Contoh Gejala Sosial dalam Masyarakat

Kemiskinan merupakan contoh gejala sosial yang sering dijumpai di lingkungan masyarakat. Kemskinan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kemiskinan absolut dan relatif.

Kemiskinan absolut yaitu individu atau kelompok orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya.

Kemiskinan relatif yaitu individu atau kelompok orang yang mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya, akan tetapi dirinya masih merasa miskin jika dibandingkan dengan orang lain atau kelompok lain.

Kemiskinan bisa disebabkan ketakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan primer. Namun, dalam sosiologi, satu di antara faktor penyebab kemiskinan ialah lembaga kemasyarakatan di bidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik.

Permasalahan ini dapat menyebar ke bidang lain seperti pendidikan, sosial, dan lain sebagainya.

Selain kemiskinan, contoh gejala sosial lainnya ialah kejahatan, perang, kewirausahaan, dan persamaan gender.

Setiap gejala sosial menjadi dampak sekaligus penyebab dari gejala sosial yang lain. Misalnya keyakinan agama memengaruhi praktik ekonomi. Sedangkan kepentingan ekonomi menentukan teori politik.

 

Sumber: blog.unnes.ac.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer