Sukses


5 Manfaat Bersikap Sopan Santun dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Sopan santun merupakan sebuah perilaku atau etika yang mencerminkan sikap seseorang terhadap orang lain. Hal itu dilakukan untuk menghormati seorang tersebut dengan cara bersikap baik dan lemah lembut.

Sopan santun penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi sopan santun erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat.

Jika ada pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan mendapat sanksi dari masyarakat. Dengan menerapkan sikap sopan santun, seseorang dapat dihargai dan disenangi keberadaannya oleh orang lain di lingkungannya.

Sopan santun harus diterapkan di manapun sesuai tuntutan lingkungan tempat kita berada. Tidak hanya itu, perilaku sopan perlu ditanamkan sejak dini.

Pastinya tidak ada ruginya menerapkan sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak manfaat perilaku sopan santun.

Berikut ini manfaat bersikap sopan santun yang penting untuk diketahui, dilansir dari smadwiwarna.sch.id, Senin (13/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Manfaat Bersikap Sopan Santun

1. Menunjang Kesuksesan

Sikap sopan santun harus diajarkan sejak anak usia dini. Tujuannya, anak saat di sekolah bisa mengaplikasikannya dengan baik.

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan jika selalu bersikap sopan santun. Satu di antara manfaatnya yaitu menunjang kesuksesan.

Perlu diketahui, apabila sebagian besar orang sukses itu akan menjunjung sifat kesopanan. Bersikap sopan santun harus diterapkan di mana pun berada dan kepada siapa saja. 

3 dari 6 halaman

Manfaat Bersikap Sopan Santun

2. Mudah Dipercayai oleh Orang Lain

Seseorang yang sopan santun cenderung akan lebih dipercayai oleh orang lain dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini dikarenakan orang dengan sopan santun bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan baik dan tanpa menjatuhkan orang lain.

Kondisi ini akan mempermudah orang lain dalam menilai kamu sebagai pribadi yang baik dan bisa dipercaya. Selain itu, bersikap sopan santun bisa membedakan antara kamu yang berpendidikan dengan orang yang tidak berpendidikan.

Tanpa bersikap sopan santun maka orang lain akan sulit memercayai kamu yang merupakan orang berpendidikan atau memiliki kepribadian yang baik.

4 dari 6 halaman

Manfaat Bersikap Sopan Santun

3. Mudah Berteman dengan Siapa Saja

Kamu yang selalu bersikap sopan santun di mana pun berada akan lebih mudah mendapatkan teman baru, bahkan cenderung akan memiliki banyak teman.

Teman yang dimiliki tidak hanya teman seusianya, tetapi juga orang yang lebih dewasa. Hal ini akan membuat kamu mendapatkan banyak wawasan dan ilmu baru dari teman yang lebih dewasa.

Selalu sopan santun dalam berbicara juga membuat orang lain senang berbicara denganmu. Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki banyak teman harus bersikap sopan santun di mana pun berada.

5 dari 6 halaman

Manfaat Bersikap Sopan Santun

4. Mendapat Nilai yang Bagus

Bagi seorang siswa, sopan santun bisa membuatnya mendapatkan nilai yang bagus. Apa hubungan antara sopan santun dan nilai? Sangat berkaitan.

Sebab siswa dengan sopan santun bisa memiliki banyak teman. Memiliki banyak teman dan lancar berkomunikasi akan memudahkanmu dalam mengikuti belajar kelompok. Belajar kelompok bisa dimanfaatkan untuk berbagi ilmu dan pengetahuan.

Selain itu, siswa bersikap sopan santun akan ditandai oleh guru sebagai siswa dengan kepribadian yang baik. Ini akan meningkatkan nilai pada dirimu, terlebih lagi jika kamu merupakan siswa yang pintar dan berprestasi.

6 dari 6 halaman

Manfaat Bersikap Sopan Santun

5. Pribadi yang Optimistis dan Berani

Seseorang yang selalu bersikap sopan santun bisa mendorongnya untuk menjadi orang yang optimis dan berani. Menjadi orang yang berani bukan sesuatu yang mudah dilakukan.

Berani dalam hal ini bukan mengarah pada hal-hal negatif, tetapi keberanian dalam bertanggung jawab dalam berbagai hal. Jadi, bersikap sopan santun di manapun berada ternyata banyak manfaatnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu bersikap sopan santun.

 

Sumber: smadwiwarna.sch.id

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer