Sukses


Ciri-Ciri Jantung Sehat yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Jantung merupakan satu di antara organ penting dalam tubuh manusia. Menjaga kesehatan jantung berarti turut memelihara kehidupanmu.

Jantung berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Untuk itu, kamu harus menjaga kesehatan jantung tetap prima dan fit supaya bisa terhindar dari risiko penyakit mengancam nyawa. Dengan begitu, kamu bisa menikmati hidup yang panjang umur dan tetap aktif.

Menjaga kesehatan jantung penting dilakukan sejak usia muda. Kamu bisa melakukan pemeriksaan jantung secara rutin untuk mengetahui tingkat kesehatannya.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut ciri dari jantung sehat, kamu bisa menyimak pembahasannya pada artikel ini.

Berikut ini ciri-ciri jantung sehat yang perlu diketahui, dikutip dari laman Boldsky dan Healthshots, Senin (13/3/2023).

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Jantung Sehat

1. Jumlah Denyut Normal

Denyut jantung yang sehat dapat dideteksi dengan menghitung berapa jumlahnya dalam satu menit. Caranya, tekan saja nadi yang berada di pergelangan tangan, dan mulai menghitung. Jika berjumlah antara 70 hingga 80 denyutan, maka jantung kamu sehat.

Untuk mengetahui detak jantung kita setiap menitnya, kita bisa menggunakan smartwatch yang udah dilengkapi fitur pendeteksi heart rate.

2. Gigi dan Mulut Sehat

Kesehatan mulut juga dapat berhubungan dengan ciri jantung yang sehat. Perlu dipahami kalau infeksi gusi akibat bakteri yang ditandai dengan gusi sakit dan berdarah bisa menjadi tanda awal penyakit jantung.

Bakteri dari mulut dapat memasuki aliran darah, sehingga menyebabkan peradangan arteri dan penumpukan plak. Alhasil, risiko penyakit jantung pun meningkat. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Jantung Sehat

3. Tekanan Darah

Tekanan darah di bawah 120/80 berada dalam kisaran yang sehat. Angka pertama, 120, mengukur tekanan arteri kita, sedangkan angka kedua, 80, mengukur tekanan otot jantung kita yang rileks.

Angka di atas 130/80 menunjukkan tekanan darah yang terlalu tinggi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

4. Tingkat Pemulihan Cepat

Kemampuan untuk segera pulih menuju detak jantung normal setelah latihan intensif adalah tanda lain kalau kamu memiliki jantung yang sehat.

Kamu bisa menguji diri sendiri dengan mengukur detak jantung kita setelah berolahraga. Kemudian ukur sekali lagi setelah beristirahat selama satu menit. Idealnya, detak jantung bakal turun 20 kali atau lebih.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Jantung Sehat

5. Tidak Sakit Dada

Walaupun tidak selamanya rasa sakit di dada kiri adalah gejala bahwa jantung kamu bermasalah, tapi apabila kamu tak pernah merasakan adanya sakit di bagian dada tersebut, itu berarti kondisi jantungmu masih sehat dan normal.

6. Tingkat Pernapasan Normal

Tingkat pernapasan juga jadi satu di antara cara yang bisa kamu cermati untuk mengetahui apakah jantung sehat atau tidak. Rata-rata tingkat pernapasan orang dewasa adalah 12-18 kali napas per menit.

Jantung yang sehat berarti sistem kardiovaskuler dapat memasok oksigen seperti yang seharusnya. Jadi, kamu seharusnya tidak akan merasa sesak.

Tingkat pernapasan di atas 20 pada orang dewasa bisa menandakan ada gangguan jantung atau paru yang mungkin terjadi.

Untuk melatih pernapasan sekaligus menjaga kesehatan jantung, cobalah lakukan latihan pernapasan. Kamu juga bisa rutin melakukan olahraga yang baik untuk jantung, seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, yoga, dan lain-lainnya.

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Jantung Sehat

7. Berenergi

Orang-orang dengan kondisi jantung bermasalah biasanya mudah lelah, serta tak kuat melakukan pekerjaan yang berat.

Sedangkan orang dengan jantung yang sehat akan memiliki energi yang melimpah serta tak mudah kelelahan.

8. Kadar Kolesterol Baik (HDL) Lebih Tinggi

Di dalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik (HDL) yang lebih tinggi di dalam tubuh bisa menandakan bahwa jantung dalam keadaan sehat.

Sebaliknya, kadar LDL yang tinggi bisa berarti kamu berisiko mengalami masalah jantung. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol tinggi bisa membentuk sumbatan di pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler yang berbahaya.

 

Sumber: Boldsky, Healthshots

Yuk, baca artikel ciri lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer