Sukses


10 Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan, Sumber Antioksidan yang Baik

Bola.com, Jakarta - Kurma merupakan satu di antara buah yang identik dengan bulan Ramadan. Pasalnya, umat muslim sering menjadikan kurma sebagai kudapan takjil buka puasa.

Hal ini sesuai sunah Nabi Muhammad saw., di mana beliau memakan tiga buah kurma dan meminum segelas air putih ketika berbuka puasa.

Apa yang dilakukan Nabi Muhammad tersebut membuat banyak umat muslim menjadikan buah kurma sebagai satu di antara hidangan yang "wajib" tersedia saat Ramadan.

Buah kurma memiliki sekitar 3.000 jenis. Berdasarkan informasi dari Food and Agriculture Organization (FAO), hanya 200-400 jenis kurma yang bisa dikonsumsi, dan satu di antaranya kurma ajwa.

Kurma ajwa merupakan jenis kurma yang populer. Kurma ajwa dikenal dengan sebutan "raja dari segala kurma" karena rasanya yang manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Selain itu, kurma ajwa termasuk sebagai satu di antara kurma premium di dunia. Menurut sejarah Islam, kurma ajwa merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad saw. sehingga disebut "kurma nabi".

Berikut ini 10 manfaat untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi kurma ajwa, dilansir dari laman yankes.kemkes.go.id, Selasa (14/3/2023).

2 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

1. Membantu Proses Persalinan

Ibu hamil yang akan melahirkan membutuhkan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi.

Kandungan gula dan vitamin B1 dalam buah kurma ajwa membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan mengatur kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi.

2. Menetralisir Asam

Buah kurma ajwa kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti kalsium dan potassium.

Buah kurma ajwa adalah makananan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengonsumsi protein.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

3. Mengatasi Sembelit

Serat pangan yang terkandung dalam buah kurma ajwa cukup besar. Serat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan menghambat penyerapan lemak atau kolesterol di dalam usus besar sehingga kolesterol dalam darah tidak meningkat.

4. Sebagai Antioksidan

Kurma ajwa merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan diketahui memiliki peran penting dalam pencegahan kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Antioksidan yang terkandung dalam buah kurma ajwa antara lain karotenoid, yang kadarnya bisa mencapai 973 mg/100 g kurma kering, fenolik sekitar 239,5 mg/100 g kurma kering, flavonoid, dan tanin.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

5. Sebagai Antitumor

Berdasarkan penelitian terdahulu dilaporkan bahwa Beta Dglucan yang terkandung dalam kurma ajwa memiliki aktivitas antitumor.

Penelitian yang dilakukan pada kurma ajwa menunjukkan adanya efek potensi dalam memperbaiki kerusakan dari ochratoxin nepherotoxicity, yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

6. Sebagai Antidiabetes

Kandungan zat aktif yang terdapat dalam ekstrak kurma ajwa seperti flavonoid, steroid, fenol, dan saponin memiliki peran sebagai anti diabetes.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kurma ajwa memberikan manfaat dalam mengontrol glikemik dan lemak pada pasien diabetes.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

7. Mencegah Anemia

Kurma ajwa mengandung zat besi, protein, karbohidrat, dan lemak yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

8. Sebagai Antiinflamasi

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa komponen seperti fenol dan flavonoid yang terkandung dalam tumbuhan memiliki efek sebagai agen antiinflamasi yang baik.

Buah kurma ajwa memiliki peran penting sebagai antiinflamasi dan berdasarkan penelitian terbaru melaporkan bahwa kandungan dalam kurma ajwa seperti etil asetat, methanol, serta ekstrak kurma ajwa dapat menginhibisi enzim lipid peroksidasi siklooksigenase COX-1 dan COX-2.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

9. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak aterosklerosis yang dapat menyumbat aliran darah. Kurma ajwa mengandung senyawa phytosterol yang dapat menurunkan kadara kolestrol pada darah.

10. Menurunkan Kadar LDL Darah

Kadar Low Density Lipoptotein (LDL) yang tinggi di darah merupakan faktor risiko pembentukan aterosklerosis. Kurma ajwa mengandung plant sterol dan falvonoid dapat menurunkan LDL.

 

Sumber: yankes.kemkes.go.id

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer