Sukses


10 Jenis Buah Kurma yang Paling Populer saat Ramadan

Bola.com, Jakarta - Kurma menjadi satu di antara buah yang paling populer saat Ramadan. Bagaimana tidak, buah ini sering dijadikan takjil buka puasa.

Hal ini sesuai sunah (dicontohkan) Nabi Muhammad saw., di mana beliau memakan tiga buah kurma dan meminum segelas air putih ketika berbuka puasa.

Kurma termasuk buah kering paling bergizi yang memiliki rasa manis alami sehingga cocok untuk dijadikan sebagai sajian berbuka puasa. Yap, tak dapat dimungkiri, kurma merupakan buah favorit yang selalu hadir saat Ramadan.

Buat kamu yang ingin membeli buah kurma, mungkin bingung mencari mana yang tepat. Pasalnya, buah kurma memiliki berbagai macam jenis.

Sebagai informasi, berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis buah kurma yang paling populer saat Ramadan, dikutip dari laman Masakapahariini dan Resepkoki, Selasa (14/3/2023).

2 dari 6 halaman

Jenis Buah Kurma

1. Kurma Ajwa

Kurma ajwa berasal dari Madinah dan termasuk sebagai satu di antara kurma premium di dunia. Menurut sejarah islam, kurma ajwa merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad saw. sehingga disebut kurma nabi.

2. Kurma Sukari

Sukari menjadi kurma favorit raja di Arab Saudi karena rasa manis yang terasa meleleh di mulut ketika dimakan. Selain itu, manfaat kurma sukari, yaitu bagus untuk menambah stamina tubuh.

3 dari 6 halaman

Jenis Buah Kurma

3. Medjool

Kurma dengan ukuran yang besar dan cukup legit seperti karamel biasanya tumbuh di negara Afrika bagian Utara. Jika warnanya makin merah kecokelatan dan kering maka rasanya akan makin manis.

4. Palm Fruit

Palm fruit adalah jenis kurma yang banyak diincar saat Ramadan. Khusus kurma ini menjadi favorit karena rasanya yang manis serta gurih di mulut. Kurma yang berasal dari Tunisia ini dipercaya dapat membersihkan perut secara maksimal.

4 dari 6 halaman

Jenis Buah Kurma

5. Deglet Noor

Tekstur kurma ini cenderung setengah kering, lembut, dan sering ditambah dalam masakan. Kualitas rasanya pun termasuk yang paling unggul. Rasa manis dari kurma Deglet Noor mirip rasa pisang karamel.

6. Golden Valley

Tekstur daging buah kurma ini terasa kenyak dengan rasa manis yang alami. Jika dilihat sekilas, kurma ini agak sedikit basah diluar, tetapi dagingnya tidak terlalu basah.

5 dari 6 halaman

Jenis Buah Kurma

7. Qursyiban

Berbeda dengan kurma isi lainnya, kurma Qursyiban menawarkan isian kacang-kacangan tanpa balutan cokelat di luarnya. Sensasi makan kurma Qursyiban seperti mencicipi masakan khas Timur Tengah.

8. Halawi

Kurma halawi berasal dari negara Irak. Sesuai arti namanya yaitu halawi yang berarti manis, kurma ini memiliki cita rasa yang legit dengan rasa semanis madu.

6 dari 6 halaman

Jenis Buah Kurma

9. Mazafati

Kurma dengan ciri khas warnanya yang gelap dan rasa yang cenderung manis segar ini disebut kurma mazafati. Jenis kurma ini cukup tahan lama, kurang lebih dua tahun di suhu dingin.

10. Ameer Hajj

Jenis kurma yang populer di Irak ini sering dijadikan hidangan bagi para tamu sehingga biasa disebut "The Visitor's Date". Rasanya manis dengan tekstur daging yang tebal dan lebut serta kulitnya yang tipis.

 

Sumber: Masakapahariini, Resepkoki

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer