Sukses


Daftar Buah-buahan yang Baik untuk Diet, Ampuh Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Saat merasa memiliki berat badan yang terlalu berlebihan sebagian orang biasanya akan melakukan berbagai cara untuk menurunkannya. Satu di antara caranya ialah dengan melakukan diet.

Diet bisa diterapkan dalam berbagai cara, seperti dengan mengurangi asupan kalori dan gula yang punya pengaruh dalam penambahan berat badan.

Selain itu, ada beberapa sumber makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari. Satu di antara sumber makanan yang ampuh untuk membantu proses diet adalah buah-buahan.

Selain ampuh untuk membantu menurunkan berat badan, buah juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sebagai negara tropis, Indonesia punya banyak pilihan buah-buahan. Namun, tidak semua buah ramah buat kamu yang sedang diet. Maka itu, kamu perlu mencermati beberapa buah yang mengandung kalori tinggi.

Berikut daftar buah-buahan yang baik untuk diet, dilansir dari laman Masakapahariini, Selasa (14/3/2023).

2 dari 3 halaman

Daftar Buah-Buahan yang Baik untuk Diet

1. Mentimun

Mentimun sering kali diperdebatkan, apakah masuk kategori buah atau sayuran. Pada umumnya, mentimun masuk kategori vegetable-fruits yang juga bagus untuk diet.

Lantaran mengandung rendah kalori, mengonsumsi mentimun dalam jumlah banyak tidak akan membuat gemuk.

Mentimun juga mengandung banyak air untuk menghindari tubuh. Namun, mentimun mengandung sedikit vitamin dan potassium. Untuk itu, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk mendukung program diet yang baik.

2. Pisang

Pisang masuk kategori sweet fruits yang mengandung cukup tinggi karbohidrat. Pisang bisa dijadikan pengganti karbohidrat simpel seperti nasi atau tepung terigu.

Beragam cara dilakukan agar memiliki bentuk badan yang ideal. Dalam 100 gram pisang, terdapat 3,1 gram serat juga kandungan mineral seperti pottasion dam magnesium.

Makin matang pisangnya, makin tinggi kandungan glycemic index-nya sehingga kamu bisa memilih pisang yang tidak terlalu matang untuk berdiet. Namun, pisang yang matang dan kulitnya sudah kehitaman justru baik untuk mencegah kanker dan lebih mudah dicerna.

3 dari 3 halaman

Daftar Buah-Buahan yang Baik untuk Diet

4. Alpukat

Tubuh tetap memerlukan lemak, meski sedang berdiet. Pilih lemak yang baik seperti dalam kandungan avokad atau alpukat.

Dalam 100 gramnya mengandung 160 kalori sehingga cukup mengenyangkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Alpukat juga tinggi asam folat dan potassium.

Masuk kategori oily-fruits, alpukat sebaiknya dikonsumsi dengan makanan sehat lainnya untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Kabar baiknya, alpukat fleksibel diolah jadi ragam sajian seperti avocado toast.

5. Apel

Apel merupakan satu di antara buah yang bagus untuk diet. Apel yang masuk kategori sub-acidic acid fruits ini mengandung rendah kalori, tetapi cukup mengenyangkan sehingga dinilai cocok untuk yang sedang diet.

Apel juga mengandung banyak air dan cukup serat. Sejumlah studi mengungkap bahwa mengonsumsi banyak serat dapat menurunkan berat badan karena serat membantu metabolisme tubuh jadi lebih lancar.

6. Jeruk

Jeruk masuk kategori acidic-acid fruits. Seperti apel, jeruk juga kaya akan serat yang dapat membantu proses metabolisme tubuh.

Jeruk kaya akan vitamin C yang bagus untuk kulit serta dapat menguatkan sistem imun tubuh. Jeruk memang mengandung gula dan rasanya manis.

Agar kalorinya tidak terlalu tinggi, konsumsi jeruk secara langsung. Jus jeruk atau jeruk yang sudah dilumatkan dapat meningkatkan kadar kalori jeruk. Jadi, jika kamu ingin mengonsumsi jeruk untuk diet, baiknya santap langsung dan jangan buang serat di bagian permukaan luar jeruk.

 

Sumber: Masakapahariini

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer